5 Cara Screenshot Redmi 9, 9A, dan 9C (Panjang, Tombol, dan Gesture 3 Jari)

Cara Screenshot Redmi 9, 9A, dan 9C

Hanya beberapa pekan setelah peluncuran duo Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro di Indonesia, Xiaomi kembali memperkenalkan ponsel varian murah dari keluarga Redmi series, yaitu Redmi 9, Redmi 9A, dan yang terbaru adalah Redmi 9C.

Ketiga ponsel ini merupakan penerus dari Redmi 8 dan Redmi 8A, namun telah mengalami banyak perubahan dan peningkatan. Mulai dari segi desain, layar, chipset, kamera, baterai, hingga fitur-fiturnya. Harga Redmi 9 dibandrol mulai dari Rp1.799.000 hingga Rp1.999.000, Redmi 9A dibandrol mulai dari Rp1.249.000 hingga Rp1.349.000, sementara Redmi 9C dihargai sekitar Rp1,5 jutaan.

Sejak dirilis, Redmi 9, Redmi 9A, dan Redmi 9C menjalankan sistem operasi Android Q 10 dengan antarmuka MIUI 12. Di dalamnya, selain berbagai fitur baru, optimasi peningkatan performa, juga dilengkapi dengan berbagai fitur tangkapan layar untuk memudahkan pengguna dalam mengambil cuplikan layar.

Ada 5 pilihan metode yang ditawarkan, termasuk metode klasik menggunakan tombol fisik 2 jari, tangkapan layar tanpa tombol (swipe layar 3 jari), shortcut bar notifikasi, bola pintasan, dan fitur untuk mengambil tangkapan layar panjang atau long capture.

Bagi yang masih belum familiar atau bingung tentang cara mengambil tangkapan layar pada HP Xiaomi Redmi 9, 9A dan 9C, berikut ini adalah panduan lengkap beserta gambar yang akan memudahkan Anda dalam mengikuti langkah-langkahnya.

Baca juga : Cara Melihat Waktu Penggunaan Aplikasi di HP Xiaomi

1. Screenshot Menggunakan Tombol di Redmi 9, 9A, dan 9C

Salah satu cara yang paling mudah untuk menyimpan tangkapan layar pada Redmi 9, 9A, dan 9C adalah dengan menggunakan metode klasik menggunakan tombol fisik 2 jari. Caranya adalah dengan menekan tombol Volume Bawah + POWER secara bersamaan atau menahan kedua tombol tersebut selama kurang lebih 2 detik.

Ketika screenshot berhasil diambil, layar akan berkedip dan mengeluarkan suara shutter (seperti bunyi kamera). Selain itu, akan muncul sebuah preview gambar thumbnail di sudut kiri atas layar. Untuk melihat hasilnya, Anda dapat membuka preview tersebut atau melihatnya di dalam menu Gallery > Screenshot.

Meskipun metode ini sangat mudah dan praktis, perlu diingat bahwa penggunaan berulang tombol fisik pengatur suara dan tombol daya dapat mengakibatkan kerusakan pada kedua tombol tersebut. Untuk menghindari hal ini, ada metode lain yang bisa digunakan, yaitu Screenshot Tanpa Menggunakan Tombol.

2. Screenshot Redmi 9, 9A, dan 9C Tanpa Tombol

Ketika berbicara tentang kenyamanan, Redmi 9, 9A, dan 9C telah mengambil langkah ekstra untuk memastikan Anda dapat mengambil tangkapan layar tanpa harus repot menekan tombol fisik. Tiga fitur hebat telah disediakan untuk mempermudah Anda dalam mengambil screenshot: usap layar (3-finger screenshot), melalui bar notifikasi, dan bola pintas. Namun, sebelum Anda dapat menggunakannya, pastikan dua dari fitur tersebut telah diaktifkan di pengaturan ponsel Anda.

2.1. Melalui Usap Layar (Swipe 3 Jari)

Berikut adalah cara mengambil tangkapan layar tanpa menggunakan tombol fisik menggunakan metode usap layar / swipe 3 jari. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Buka menu "Pengaturan (Settings)".
  • Navigasikan ke Setelan Tambahan (Additional Settings) > Pintasan Tombol (Button Shortcut) > Ambil Screenshot (Take Screenshot).
  • Untuk mengaktifkannya, langsung saja ketuk "Geser Kebawah dengan 3 Jari".
  • Setelah diaktifkan, Anda bisa langsung menggunakannya dengan cara mengusap layar dari atas ke bawah menggunakan 3 jari sekaligus.
  • Layar ponsel akan berkedip dan mengeluarkan bunyi shutter ketika tangkapan layar berhasil diambil.

2.2. Melalui Bar Notifikasi

Berikut adalah cara untuk melakukan tangkapan layar tanpa menggunakan tombol fisik melalui bar notifikasi:

  • Pilih area yang ingin Anda tangkap.
  • Usap layar ke bawah untuk membuka Bar Notifikasi atau menu Drop Down yang terletak di bagian atas layar.
  • Ketuk ikon "Gunting" yang memiliki tulisan "Screenshot / Tangkap Layar" di bawahnya.
  • Layar akan berkedip dan mengeluarkan suara shutter ketika tangkapan layar berhasil diambil.
  • Hasil tangkapan layar akan muncul di sudut kanan atas layar dan secara otomatis akan disimpan di Galeri.

2.3. Melalui Bola Pintasan (Quick Ball)

Untuk menggunakan fitur Bola Pintas (Quick Ball) dalam mengambil tangkapan layar, Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkannya:

  1. Buka menu Pengaturan (Settings).
  2. Navigasikan ke Pengaturan Tambahan (Additional Settings).
  3. Pilih opsi Bola Pintas (Quick Ball).
  4. Aktifkan toggle Hidupkan Bola Pintas menjadi On.

Setelah fitur Bola Pintas diaktifkan, Anda akan melihat sebuah garis tipis melengkung di sisi kanan layar. Untuk mengambil tangkapan layar, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Tentukan area layar yang ingin Anda tangkap.
  2. Usap ke arah kanan pada garis tipis tersebut untuk memunculkan Bola Pintas.
  3. Di dalam Bola Pintas, pilih ikon Gunting untuk memulai proses mengambil tangkapan layar.

Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah menggunakan fitur Bola Pintas untuk mengambil tangkapan layar tanpa perlu menggunakan tombol fisik atau gestur layar lainnya. Coba rewrite artikel tersebut dalam bahasa indonesia.

3. Cara Screenshot Panjang di Redmi 9, 9A, dan 9C

Terdapat beberapa metode untuk mengambil tangkapan layar (screenshot) di Xiaomi Redmi 9, 9A, dan 9C, salah satunya adalah dengan menggunakan fitur "Long Screenshot" yang memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar yang memanjang ke bawah. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama, ambil screenshot menggunakan salah satu dari 4 metode yang telah dijelaskan sebelumnya, yaitu dengan tombol fisik 2 jari, swipe 3 jari, bar notifikasi, atau bola pintasan, sesuai dengan preferensi Anda.
  2. Setelah berhasil mengambil tangkapan layar, biasanya akan muncul cuplikan screenshot di sudut kanan atas layar.
  3. Selanjutnya, ketuk tulisan "Scroll / Gulir" pada cuplikan screenshot tersebut.
  4. Setelah itu, layar akan otomatis bergulir ke bawah secara perlahan.
  5. Ketika area layar yang ingin Anda tangkap sudah mencapai batas yang diinginkan, ketuk opsi "Done / Selesai".
  6. Terakhir, Anda dapat memilih "Simpan" agar hasil tangkapan layar Anda tersimpan di galeri.

Baca juga : Cara Screenshot Vivo Y12s

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar panjang (long screenshot) di Xiaomi Redmi 9, 9A, dan 9C. Semoga panduan ini bermanfaat bagi Anda.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.