4 Cara Mengatasi Sinar Inframerah Terhalangi di HP Vivo Semua Tipe

cara mengatasi infrared error

Dulu, teknologi infrared atau inramerah yang tertanam pada hp digunakan sebagai media transfer data. Saat ini inframerah telah berkembang menjadi perangkat yang berfungsi sebagai pengganti remote control (controller).

Jika inframerah mengalami masalah atau error akan memengaruhi fitur lainnya pada smartphone, seperti sensor sidik jari / fingerprint, auto brighness screen dan gangguan pada layar hp.

Jika hp kamu mengalami masalah tersebut, kamu jangan khawatir karena masalah ini bisa dengan mudah diatasi tanpa perlu membawanya ke tempat service. Karena pada artikel ini akan saya bagikan tutorial cara memperbaik error inframerah terhalangi di hp Vivo terbaru.

Sinar inframerah di hp Vivo terletak pada bagian kamera depan. Jika kamu menemui masalah pada layanan sinar infrared, kamu bisa coba beberapa metode berikut untuk mengatasi masalah tersebut.

Baca juga : Cara Mengaktifkan Dark Mode HP Vivo Tanpa Aplikasi

Cara Mengatasi Sinar Inframerah Terhalangi di HP VIVO

Metode yang akan saya bagikan ini bisa dilakukan di semua tipe HP Vivo. Sinar infrared pada HP Vivo umumnya terletak pada bagian depan hp. Biasanya akan berfungsi ketika ada panggilan masuk, dimana layar akan mati secara otomatis saat anggota tubuh mendekati sensor.

Kalau kamu mengalami masalah seperti itu, jangan terburu-buru untuk di bawa ke tempat service, silahkan kamu bisa coba beberapa cara berikut ini.

1. Bersihkan Inframerah

Metode yang pertama untuk mengatasi sinar inframerah yang terhalangi di hp Vivo adalah dengan membersihkan sensor infrared tersebut. Ini merupakan cara yang paling praktis dan mudah. Mungkin saja adanya error terjadi karena kotoran yang menutupi sensor inframerah.

Maka dari itu untuk mengatasi kamu perlu membersihkannya. Usahakan bersihkan dengan kain yang lembut seperti tissue atau kain lainnya. Apabila kamu menggunakan screen guard, pastikan hal itu tidak menutupi bagian infremerahnya.

2. Bersihkan Sampah Data serta Cache VivoService

Dengan menghapus data serta cache pada hp Vivo memungkinkan sinar inframerah yang terhalangi bisa diperbaiki. Adapun cara menghapus data dan cache di HP VIVO.

  • Buka menu Settings HP Vivo.
  • Scroll ke bawah dan pilih More Settings.
  • Selanjutnya cari dan masuk ke menu App Manager.
  • Klik More di pojok atas, lalu pilih opsi Show System Process.
  • Cari dan pilih opsi VivoService.
  • Masuk ke bagian Storage, lalu gulir ke bawah dan pilih Clear Data.
  • Setelah itu pilih Clear Cache.
  • Selesai.

3. Blokir Notifikasi Inframerah

Ketika inframerah error, pasti akan muncul banyak notifikasi dari sinar infrared yang sebenarnya tidak kita lakukan. Hal ini tentu membuat pengguna VIVO jadi kurang nyaman. Maka untuk mengatasinya adalah dengan memblokir semua notifikasi dari inframerah.

Dengan melakukan hal ini, maka notifikasi inframerah yang error tidak akan muncul lagi, sehingga tidak mengganggu dan jadi lebih enak. Untuk melakukannya kamu membutuhkan aplikasi tambahan atau aplikasi pihak ketiga, Seperti NCleaner atau Notification Blocker yang bisa kamu unduh secara gratis di Play Store.

Baca juga : Cara Membuka Pola HP OPPO yang Lupa, Tanpa Reset!

4. Update OS VIVO

Selanjutnya kamu bisa mengatasi sinar inframerah yang error dengan melakukan opdate pada Operation System hp Vivo ke versi terbaru. Seperti yang kita tahu bahwa OS ini memiliki peran yang sangat penting dalam menjalankan sebuah sistem hp.

Ketika menggunakan OS lama, ada kemungkinan akan adanya bug atau error yang muncul sehingga hp Vivo tidak berjalan dengan baik, salah satunya ya masalah error pada sinar infrared ini.

Umumnya pada OS lama banyak driver yang sudah tidak update dan tidak mampu menjalankan sistem dengan normal. Maka dari itu, salah satu solusinya adalah dengan mengupdateOS. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka menu Pengaturan di HP Vivo.
  • Scroll ke bawah dan pilih Pengaturan Lainnya.
  • Gulir ke bagian paling bawah dan pilih menu Periksa Pembaharuan Sistem.
  • Tunggu HP memeriksa apakah ada pembaharuan atau tidak.
  • Jika ada, pilih Update.
  • Biarkan HP mendownload OS terbaru.
  • Selesai.

Jika semua cara di atas tidak berhasil juga, maka solusi terakhirnya adalah dengan membawa HP ke tempat service. Kamu bisa membawa hp kamu ke tempat service langganan dan pastikan mereka berkompeten.

Itulah cara mengatasi sinar inframerah yang error di HP Vivo semua tipe. Kamu bisa coba terlebih dahulu semua cara di atas sebelum membawanya ke tempat service. Sekian dan terima kasih.