5 Cara Screenshot Vivo Y12s Panjang, Gesture 3 Jari

Cara Screenshot Vivo Y12s

Dengan kemampuan screenshot, pengguna dapat menyimpan atau berbagi gambar layar ponsel. Jika Anda adalah pengguna Vivo Y12s, silakan gunakan salah satu metode screenshot yang telah dijelaskan dalam panduan ini.

Vivo Y12s adalah produk yang memuaskan penggunanya dengan berbagai keunggulannya. Ponsel ini dilengkapi layar berkualitas tinggi berukuran 6.51 inci, chipset canggih buatan Qualcomm, penyimpanan internal sebesar 32GB, dan baterai besar 5000 mAh dengan fitur pengisian daya cepat.

Salah satu fitur yang mencolok adalah sektor kamera, di mana Vivo Y12s memiliki 3 lensa kamera sekaligus! Bahkan, hasil foto yang dihasilkan ponsel ini cukup mengesankan mengingat harganya yang terjangkau. Kualitas gambar yang dihasilkan tampak jernih dan bebas dari blur.

Selain itu, layar IPS LCD berukuran besar dengan resolusi HD+ dan kerapatan piksel sebesar 270 ppi membuat tampilan layar semakin jelas. Dengan demikian, hasil tangkapan layar akan terlihat lebih detail.

Baca juga : Cara Cek Kesehatan Baterai HP Android

Cara Screenshot di HP Vivo Y12s

Vivo Y12s merupakan salah satu seri ponsel terlaris dengan beberapa varian, termasuk Y12 reguler, Y12i, dan Y12s. Namun, masih banyak pengguna yang mungkin belum tahu cara mengambil screenshot di ponsel Vivo, padahal caranya sangat mudah.

Vivo telah menyematkan Funtouch OS terbaru pada ponsel ini yang penuh dengan fitur-fitur menarik, termasuk kemampuan untuk mengambil tangkapan layar dengan tiga jari, menggunakan S-Capture, serta mengambil screenshot panjang.

Berikut adalah empat cara yang menurut kami paling mudah untuk mengambil screenshot di Hp Vivo Y12s.

Melalui Control Center

Vivo juga memiliki fitur screenshot yang mirip dengan yang dimiliki oleh Samsung, dan fitur ini dapat ditemukan di Control Center. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pilih halaman yang ingin Anda tangkap, lalu akses Control Center dengan menggeser layar dari atas ke bawah.
  2. Selanjutnya, ketuk opsi pintasan "S-Capture" yang disebut "Tangkapan Layar Super". Pilih salah satu metode screenshot, seperti "Persegi", "Lucu", atau "Panjang".
  3. Setelah Anda selesai mengambil screenshot, jangan lupa untuk mengetuk opsi "Simpan" yang terletak di bawah layar. Gambar akan otomatis disimpan di aplikasi Album Anda.

Screenshot Panjang

Pengguna HP Vivo Y12s yang menjalankan Funtouch OS dapat dengan mudah mengambil screenshot panjang tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan seperti LongShot, Picsew, atau StitchCraft. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi atau halaman yang ingin Anda tangkap gambar layarnya di ponsel Vivo. Atur tampilan sesuai dengan yang ingin Anda screenshot.
  2. Selanjutnya, geser layar dari atas ke bawah untuk membuka Control Center, lalu pilih opsi "Tangkapan Layar Super".
  3. Setelah itu, ketuk "Tangkapan Layar Panjang" agar hasil screenshot bisa memanjang. Proses pengambilan screenshot akan berjalan secara otomatis.
  4. Terakhir, ketuk tombol "Simpan" setelah Anda selesai mengambil tangkapan layar panjang. Anda dapat melihat hasilnya di aplikasi Album.

Kombinasi Tombol Fisik

Cara screenshot dengan menggunakan kombinasi tombol Volume dan Power juga umum digunakan di banyak smartphone Android. Cara ini dapat menjadi alternatif jika Anda merasa bahwa pengambilan screenshot dengan fitur gesture terlalu ribet. Berikut langkah-langkahnya untuk screenshot di Vivo Y12s:

  1. Pastikan ponsel Vivo dalam keadaan menyala.
  2. Selanjutnya, pilih area atau halaman yang ingin Anda screenshot.
  3. Tekan tombol Volume Down (Volume Bawah) dan tombol Power secara bersamaan.
  4. Jika Anda melakukan langkah-langkah dengan benar, layar akan berkedip dan Anda akan mendengar suara kamera.
  5. Hasil screenshot akan muncul di layar.
  6. Sekarang, Anda dapat membuka aplikasi Album untuk mengedit atau sekadar melihat hasil screenshot Anda.

Gesture 3 Jari

Banyak orang berpendapat bahwa membuat screenshot di ponsel lebih praktis saat menggunakan tiga jari karena lebih cepat dan tidak ribet. Anda hanya perlu mengusapkan tiga jari Anda di layar Vivo Y12s. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan pada ponsel Vivo Y12s.
  2. Gulir ke bawah dan pilih "Pintasan dan Aksesibilitas" (Shortcuts and Accessibility).
  3. Selanjutnya, aktifkan opsi "Three Fingers Screenshot".
  4. Kembali ke menu pengaturan dan ketuk "S-Capture".
  5. Siapkan halaman atau tampilan yang ingin Anda tangkap.
  6. Usap layar Vivo dari atas ke bawah dengan tiga jari Anda untuk mengambil screenshot.
  7. Gambar tangkapan layar dapat langsung dibagikan dengan menekan tombol "Bagikan" (Share).

Cara ini terlihat canggih dan tidak semua ponsel mampu melakukannya. Selain itu, penggunaan screenshot dengan tiga jari dapat membantu menjaga tombol Volume dan Power agar lebih awet.

Baca juga : Cara Screenshot Samsung Galaxy A04, A04s dan A04e

Kesimpulan

Semua produsen perangkat seluler berlomba-lomba untuk membuat metode pengambilan screenshot yang lebih mudah. Vivo, melalui antarmuka Funtouch OS, terus menghadirkan inovasi untuk meningkatkan pengalaman pengguna smartphone.

Melalui keempat metode pengambilan screenshot yang telah dijelaskan, Anda dapat memenuhi kebutuhan Anda saat ingin mengambil gambar layar. Meskipun ada juga metode lewat Easy Touch, beberapa pengguna mungkin merasa kurang nyaman jika ikonnya muncul di layar.

Itulah cara-cara untuk mengambil tangkapan layar di ponsel Vivo Y12s tanpa perlu menginstal aplikasi pihak ketiga yang mungkin tidak diinginkan. Semoga panduan ini bermanfaat bagi para pengguna Vivo.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.