Cara Screenshot Samsung Galaxy A04, A04s dan A04e

Cara Screenshot Samsung Galaxy A04, A04s dan A04e

Samsung Galaxy A04, A04e, dan A04s adalah tiga ponsel entry-level yang menawarkan spesifikasi yang cukup baik di kelasnya. Mereka ditujukan untuk pengguna pemula yang baru mengenal smartphone dan juga cocok untuk para pelajar. Ponsel-ponsel ini sangat nyaman digunakan untuk browsing atau bermain game ringan.

Sebagai ponsel harian, Samsung telah menyediakan fitur screenshot yang sangat berguna di era online saat ini. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengambil informasi penting saat sedang browsing atau untuk menyimpan percakapan di WhatsApp. Hasil tangkapan layar tersebut dapat dilihat kembali di galeri ponsel tanpa harus terhubung ke internet.

Dalam panduan ini, kami akan menjelaskan tiga cara berbeda untuk melakukan screenshot pada ponsel Samsung Galaxy A04, Galaxy A04e, dan A04s, atau yang sering disebut sebagai Samsung Galaxy A04 series.

Baca juga : Cara Screenshot di HP Samsung Galaxy A22 dan A22 5G

Cara Screenshot di HP Samsung Galaxy A04 Series

1. Tombol Fisik

Sebagai ponsel pintar yang menjalankan sistem Android 12, Samsung Galaxy A04 series dilengkapi dengan beragam fitur lengkap. Untuk melakukan screenshot dengan cara yang paling mudah dan umum digunakan di hampir semua ponsel Android, Anda hanya perlu menekan tombol volume dan tombol power di ponsel secara bersamaan.

Mungkin sebagian dari Anda sudah familiar dengan cara ini, namun ada kemungkinan juga sebagian lainnya yang belum pernah menggunakannya sebelumnya. Agar Anda tidak bingung, berikut adalah cara yang mudah dan cepat untuk mengambil screenshot di perangkat Samsung Galaxy A04 series.

  • Pilih tampilan layar yang ingin di screenshot

Seringkali, saat Anda sedang menjelajah internet, Anda menemukan informasi yang menarik dan penting. Untuk menyimpan informasi tersebut, cukup lakukan tangkapan layar.

Langkah pertama adalah pilih tampilan layar yang berisi informasi yang ingin Anda simpan. Tampilan layar ini bisa berupa gambar, artikel, atau foto yang ingin Anda simpan. Setelah memilih tampilan layar yang sesuai, Anda dapat melakukan tangkapan layar untuk menyimpannya.

  • Tekan Tombol Secara Bersamaan

Untuk melakukan screenshot, Anda hanya perlu menekan tombol daya dan tombol volume bawah, yang terletak di sisi kanan ponsel, secara bersamaan.

Cara melakukannya adalah dengan menekan dan menahan kedua tombol tersebut hingga Anda melihat tanda atau notifikasi di layar yang menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil. Pada beberapa ponsel, layar mungkin akan berkedip sejenak atau muncul tanda kilatan cahaya saat screenshot dilakukan.

Namun, jika Anda melihat menu untuk mematikan ponsel tiba-tiba muncul, ini bisa mengindikasikan bahwa Anda menekan tombol terlalu lama atau tidak menekan keduanya secara bersamaan. Terkadang, ini juga bisa disebabkan oleh perbedaan sistem Android pada ponsel Anda, yang mungkin tidak mendukung fitur screenshot dengan metode ini.

Jika metode ini tidak berhasil, tidak perlu khawatir. Masih ada beberapa cara lain untuk melakukan screenshot di Samsung A04. Teruslah membaca untuk informasi lebih lanjut.

  • Cek hasil screenshot

Jika Anda telah mencoba langkah-langkah di atas, Anda dapat memeriksa hasil screenshot dengan masuk ke aplikasi Galeri. Pada beberapa ponsel Samsung, hasil screenshot akan otomatis tersimpan dalam album khusus yang bernama "Screenshot".

2. Pusat Kontrol

Jika Anda merasa bahwa cara menekan tombol untuk melakukan screenshot terasa rumit atau memakan waktu, Anda bisa mencoba metode yang lebih mudah dan umum, yaitu menggunakan ikon screenshot yang terdapat di pusat kontrol. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Tentukan tampilan layar yang ingin Anda tangkap.
  • Buka pusat kontrol dengan menarik layar dari atas ke bawah.
  • Cari ikon screenshot dalam pusat kontrol. Ikon ini bisa berupa gunting atau lembaran kertas, tergantung pada tampilan perangkat Anda.
  • Ketika Anda mengetuk ikon screenshot, proses pengambilan tangkapan layar akan otomatis berlangsung.
  • Hasil screenshot akan disimpan di galeri ponsel Anda.

Menurut kami, metode ini adalah yang paling mudah karena Anda hanya perlu mengetuk ikon di layar. Cara ini juga tidak akan mengakibatkan kerusakan pada tombol fisik ponsel Anda karena tidak perlu menekan tombol untuk mengambil screenshot.

3. Edge Panel

Meskipun Samsung Galaxy A04 dipasarkan sebagai ponsel Android yang terjangkau, ternyata ponsel ini dilengkapi dengan beberapa fitur mewah yang menjadi ciri khas Samsung. Salah satu fitur menarik dan berguna adalah fitur Edge Panel.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengakses dan menggabungkan berbagai aplikasi yang sering Anda gunakan di sisi kanan layar HP. Ini akan sangat memudahkan Anda, terutama karena Anda dapat mengkonfigurasi Edge Panel untuk melakukan tangkapan layar. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama, aktifkan fitur Edge Panel.
  • Buka menu Pengaturan, lalu pilih opsi Layar atau Tampilan.
  • Selanjutnya, pilih opsi Edge Screen dan aktifkan opsi Edge Panel.
  • Setelah Anda mengaktifkannya, Anda akan melihat garis putih di sisi layar sebelah kanan.
  • Untuk melakukan screenshot, Anda cukup menarik garis putih tersebut ke arah kiri hingga muncul panel yang berisi aplikasi dan ikon pintasan.
  • Tekan ikon screenshot, dan layar akan berkedip putih. Hasil tangkapan layar akan otomatis disimpan di galeri HP Anda.

Dengan langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah melakukan screenshot menggunakan fitur Edge Panel di Samsung Galaxy A04.

4. Menu Asisten

Selain beberapa metode screenshot yang telah dijelaskan sebelumnya, terdapat cara yang lebih mudah dan cepat untuk melakukan screenshot di Samsung Galaxy A04, yaitu dengan menggunakan Menu Asisten. Metode ini dianggap lebih sederhana karena tidak melibatkan tombol fisik dan tidak memerlukan gerakan tangan yang rumit. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Aktifkan menu asisten

Langkah pertama adalah mengaktifkan Menu Asisten dalam pengaturan. Caranya adalah masuk ke Pengaturan ponsel Samsung Galaxy A04, kemudian pilih menu Aksesibilitas > Interaksi dan Kecekatan. Setelah itu, aktifkan opsi Menu Asisten.

Setelah fitur Menu Asisten diaktifkan, Anda akan melihat tombol melayang berupa ikon dengan empat kotak di layar. Ketika tombol ini ditekan, akan muncul beberapa tombol pintasan, salah satunya berguna untuk melakukan screenshot tampilan layar dengan cepat.

  • Cara screenshot

Setelah mengaktifkan Menu Asisten, Anda dapat menempatkan ikon Menu Asisten sesuai kebutuhan di area layar. Tombol pintasan screenshot dalam Menu Asisten biasanya berupa gambar layar. Jika tidak ada ikon untuk screenshot, Anda dapat dengan mudah menambahkan atau mengurangi tombol pintasan dalam Menu Asisten.

Untuk mengambil screenshot menggunakan Menu Asisten, Anda pertama-tama harus berada di tampilan layar yang ingin Anda tangkap. Setelah itu, cukup ketuk ikon kotak Menu Asisten. Kemudian, ketuk ikon gambar layar. Dengan cara ini, Anda dapat dengan cepat dan mudah melakukan screenshot.

Baca juga : Cara Mengubah Tampilan Android Menjadi Seperti iPhone

5. Aplikasi Pihak Ketiga

Terkadang, Anda mungkin memerlukan hasil screenshot yang lebih optimal atau yang dapat diedit sesuai kebutuhan. Maka, tidak ada salahnya untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store.

Meskipun banyak aplikasi ini gratis, beberapa di antaranya memiliki fitur yang lengkap, termasuk alat-alat untuk melakukan editing. Terlebih lagi, fitur editing bawaan pada ponsel seringkali hanya memiliki alat-alat dasar, sehingga aplikasi tambahan dapat membantu Anda mengedit hasil screenshot sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi screenshot gratis yang dapat Anda gunakan pada ponsel Samsung Galaxy A04.

  • Screenshot by Splend Apps

Aplikasi ini memberikan pengalaman yang mudah dan memuaskan dalam pengambilan screenshot. Aplikasi ini menyediakan tombol overlay yang dapat Anda letakkan sesuai kebutuhan Anda. Anda dapat memilih apakah ingin mengetuk tombol shutter dari bar notifikasi atau menggunakan tombol fisik, seperti yang umumnya digunakan untuk mengambil screenshot.

Salah satu keunggulan dari aplikasi screenshot ini adalah adanya fitur hitung mundur. Dalam aplikasi ini, Anda dapat mengatur waktu hitung mundur sebelum tampilan layar diambil sebagai screenshot. Fitur ini sangat berguna ketika Anda ingin mengambil screenshot dari video atau film.

Setelah selesai, hasil screenshot akan tersimpan di galeri ponsel Anda. Anda juga dapat melakukan sedikit penyuntingan pada hasil screenshot atau membagikannya ke media sosial. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Google Play Store.

  • Screenshot Quick by DM Tech

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi screenshot Android yang memiliki ukuran kecil dan antarmuka pengguna yang sederhana. Seperti aplikasi sebelumnya, Anda dapat menggunakan berbagai metode untuk mengambil screenshot menggunakan aplikasi ini, termasuk tombol overlay, goyangan pada perangkat, ikon di bar notifikasi, dan tombol fisik.

Salah satu keunggulan utama dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk mengatur tingkat kualitas hasil screenshot. Anda dapat memilih dari enam tingkat kualitas yang berbeda sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, aplikasi ini mendukung format file PNG dan JPG. Hasil screenshot akan tersimpan secara terpisah dalam album khusus.

Keunggulan lainnya adalah kemampuan aplikasi ini untuk mengambil screenshot secara bertubi-tubi. Fitur ini akan sangat berguna ketika Anda perlu mengambil screenshot dari video atau rekaman yang panjang. Aplikasi ini tersedia untuk diunduh melalui Google Play Store.

  • Screenshot by Blosgraph

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi screenshot terbaik yang dapat ditemukan di Google Play Store. Terbukti dengan lebih dari 5 juta pengguna yang telah mengunduh aplikasi gratis ini, serta nilai ulasan yang mencapai 4,5 bintang. Tidak heran aplikasi ini sangat direkomendasikan, terutama bagi Anda yang sering melakukan screenshot layar HP.

Kelebihan utama dari aplikasi ini adalah antarmuka pengguna yang sederhana dan mudah digunakan. Aplikasi ini juga ringan dan tidak membebani RAM ponsel. Yang lebih penting, aplikasi ini memberikan hasil gambar yang berkualitas tinggi dan memiliki fitur yang lengkap, termasuk fitur pengeditan dan kemampuan berbagi ke media sosial.

Namun, ada beberapa kelemahan, seperti munculnya iklan karena aplikasi ini gratis. Selain itu, aplikasi ini tidak dapat mengambil gambar dari konten yang dilindungi. Kekurangan lainnya adalah adanya bilah tambahan di status bar yang bisa sedikit merepotkan saat perlu melakukan screenshot dengan cepat.

Salah satu fitur yang cukup menarik dari aplikasi ini adalah kemampuan untuk mengambil screenshot dengan menggoyangkan ponsel. Fitur ini sangat praktis dan memudahkan proses pengambilan screenshot. Anda dapat mengunduh aplikasi ini melalui Google Play Store.

Selain ketiga aplikasi yang disebutkan di atas, ada banyak aplikasi screenshot lain yang juga dapat dicoba. Untuk mengetahuinya, Anda dapat memeriksa artikel "Deretan Aplikasi Screenshot di Android".

Demikianlah cara umum dan metode khusus yang dapat Anda coba jika Anda pengguna Samsung Galaxy A04 dan ingin mengambil screenshot layar HP Anda. Semoga panduan ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa juga untuk memeriksa cara screenshot di HP Samsung A03.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.