Cara Screenshot di HP Samsung Galaxy A22 dan A22 5G

Screenshot Samsung Galaxy A22

Meskipun terdapat perbedaan pada spesifikasi, cara melakukan screenshot pada Samsung A22 dan Samsung A22 5G tetap sama. Kedua ponsel ini memiliki beragam fitur screenshot yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Sama-sama dibekali dengan baterai 5.000 mAh dan dukungan fast charging 15W.

Samsung Galaxy A22 5G menampilkan layar TFT LCD berukuran 6.6 inci dengan resolusi FHD+ (1.080 x 2.400 piksel) dan fitur refresh rate 90 Hz. Di sisi lain, Samsung A22 4G menggunakan layar Super AMOLED 6.4 inci dengan resolusi HD+ (720 x 1.600 piksel) dan juga refresh rate 90 Hz.

Untuk kamera, Samsung Galaxy A22 versi 4G memiliki empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 48 MP, kamera ultrawide 8 MP, kamera macro 2 MP, depth sensor 2 MP, dan kamera depan 13 MP. Sementara versi 5G hanya memiliki tiga kamera belakang dengan kamera utama 48 MP, kamera ultrawide 5 MP, dan depth sensor 2 MP. Di bagian depan, Samsung A22 5G memiliki kamera 8 MP.

Jadi, meskipun ada perbedaan dalam spesifikasi kedua ponsel ini, cara mengambil screenshot pada keduanya tetap sama. Berikut adalah cara-cara melakukannya.

Baca juga : Cara Screenshot Samsung Galaxy A04, A04s dan A04e

Cara Screenshot Samsung Galaxy A22 dan A22 5G

Tekan Tombol Power + Volume Bawah

Cara screenshot yang paling mudah pada HP Samsung A22 4G dan Samsung A22 5G adalah dengan menekan tombol daya dan tombol volume bawah. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka halaman web atau aplikasi yang ingin Anda tangkap.
  • Tempatkan jari Anda pada tombol daya dan tombol volume bawah.
  • Tekan kedua tombol tersebut secara bersamaan.
  • Lepaskan tombol saat layar ponsel berkedip atau Anda mendengar suara shutter kamera.

Jika berhasil, akan muncul pratinjau gambar screenshot bersama dengan beberapa opsi untuk mengedit atau menghapusnya jika hasilnya tidak sesuai dengan harapan.

Menu Asisten

Jika salah satu tombol fisik mengalami kendala dan tidak memungkinkan untuk melakukan screenshot menggunakan kombinasi tombol fisik, pengguna dapat memanfaatkan fitur Menu Asisten di HP Samsung A22 4G atau A22 5G. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Pengaturan dan masuk ke menu Aksesibilitas.
  • Pilih Interaksi dan Kecekatan, lalu aktifkan fitur Menu Asisten.
  • Setelah diaktifkan, tombol Menu Asisten akan muncul secara otomatis di layar.
  • Ketuk tombol tersebut, kemudian geser sekali ke arah kiri dan pilih opsi Screenshot.

Selain digunakan untuk mengambil screenshot, tombol Menu Asisten juga memiliki beberapa menu alternatif lain seperti Recent, Home, Back, Volume, dan Power.

Baca juga : Cara Mengaktifkan Tombol Home iPhone, Semua Tipe!

Palm Swipe to Capture

Samsung menyertakan fitur Palm Swipe to Capture pada Samsung A22 dan Samsung A22 5G, meskipun keduanya dikategorikan sebagai ponsel mid-range. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengambil tangkapan layar dengan cara mengusap layar menggunakan telapak tangan. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka menu Pengaturan di ponsel Anda.
  • Pilih menu Fitur Lanjutan > Gerakan dan Gestur.
  • Gulir sedikit ke bawah hingga Anda menemukan opsi Gesek Telapak Tangan untuk Mengambil (Palm Swipe to Capture) dan aktifkan fitur ini.

Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda dapat mengambil screenshot dengan mudah menggunakan gerakan telapak tangan. Setelah mengaktifkannya, Anda cukup mengusapkan telapak tangan secara horizontal di atas layar ponsel untuk mengambil tangkapan layar.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.