Cara Screenshot Oppo A52 Panjang, Tiga Jari dan Tombol

Cara Screenshot Oppo A52

Salah satu ponsel Oppo yang sangat populer adalah Oppo A52, terutama di kalangan konsumen di Indonesia. Ponsel ini menawarkan berbagai fitur menarik, termasuk cara untuk mengambil screenshot di Oppo A52.

Jika Anda adalah pengguna Oppo A52, penting untuk memahami cara yang benar untuk mengambil screenshot di ponsel ini. Screenshot adalah gambar yang dihasilkan dari tampilan layar smartphone Anda.

Anda pasti akan merasa perlu menggunakan fitur screenshot pada suatu saat, terutama jika Anda ingin menangkap gambar tertentu. Untuk melakukan screenshot, Anda perlu memahami beberapa mekanisme yang benar.

Semua ponsel Android, termasuk Oppo, telah dilengkapi dengan fitur dasar untuk mengambil screenshot. Fitur ini telah ada sejak lama dan dapat ditemukan di hampir semua versi Android.

Cara mengambil screenshot pada ponsel Oppo sama sederhananya dengan menghubungkan ponsel Oppo ke TV, dan Anda dapat melakukan berbagai jenis screenshot, termasuk screenshot biasa dan screenshot panjang, tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan.

Baca juga : Cara Screenshot di HP OPPO A92 Paling Simpel

Cara Screenshot di HP OPPO A52

Oppo A52 adalah ponsel kelas pemula yang menawarkan spesifikasi yang cukup menarik dan lengkap. Tidak mengherankan bahwa ponsel ini tetap menjadi salah satu yang paling laris dari Oppo hingga saat ini. Namun, sayangnya, masih ada pengguna yang mungkin belum sepenuhnya memahami berbagai fitur yang tersedia di dalamnya.

Salah satu fitur yang penting untuk diketahui adalah kemampuan mengambil tangkapan layar (screenshot), dan yang menarik adalah bahwa ponsel ini memiliki beberapa cara berbeda untuk melakukan hal ini. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut, berikut penjelasan lengkap tentang Cara Screenshot Oppo A52.

Tombol Fisik

Cara mengambil screenshot menggunakan tombol fisik dapat dianggap sebagai metode screenshot yang paling klasik dan masih berlaku hingga saat ini, termasuk di ponsel Oppo A52.

  • Tekan tombol Power dan Volume Down secara bersamaan

Dengan menekan kedua tombol tersebut secara bersamaan, Anda akan segera mengambil screenshot pada ponsel Android. Hasil tangkapan layar akan otomatis tersimpan di aplikasi galeri dan masuk ke dalam folder "Screenshot".

Gesture Tiga Jari

Cara berikutnya adalah menggunakan tiga jari, dan Oppo telah dilengkapi dengan fitur tiga jari untuk mengambil screenshot. Namun, sebelumnya, Anda perlu mengaktifkan fitur Gesture and Motion agar dapat menggunakan tangkapan layar dengan tiga jari.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka menu Pengaturan pada Oppo A52 Anda.
  • Lanjutkan ke menu Bantuan Kemudahan atau Convenience Aid.
  • Selanjutnya, masuk ke menu Gesture & Motion.
  • Aktifkan opsi 3-Finger Screenshot dengan menggeser tombol aktivasi di sampingnya.
  • Setelah mengaktifkannya, Anda dapat langsung menggunakan fitur tangkapan layar dengan tiga jari.

Setelah fitur diaktifkan, Anda dapat mengambil screenshot dengan tiga jari. Caranya sangat mudah, tarik layar dari atas ke bawah menggunakan tiga jari Anda, dan sistem akan secara otomatis mengambil tangkapan layar.

Screenshot Panjang

Meskipun Oppo A52 memiliki harga yang terjangkau, ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur screenshot panjang. Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot panjang menggunakan fitur bawaan ponsel ini. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama, lakukan screenshot dengan tiga jari seperti yang dijelaskan sebelumnya.
  • Setelah mengambil screenshot, tidak ada gambar tampil di layar atau di bar notifikasi.
  • Selanjutnya, ketuk opsi "Long Screenshot".
  • Anda dapat menggulir ke bawah untuk menjangkau konten yang ingin Anda tangkap.
  • Jika Anda telah mengambil sebanyak yang diperlukan, ketuk "Done" atau "Selesai".
  • Gambar screenshot panjang akan otomatis tersimpan di menu atau aplikasi Galeri.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot panjang di Oppo A52, asalkan Anda telah mengaktifkan fitur gesture sebelumnya.

Baca juga : Cara Mengatasi HP Bootloop Mentok di Logo

Aplikasi Screenshot

Bagi pengguna yang aktif mengambil screenshot, metode ini bisa menjadi yang paling efektif. Ada beberapa aplikasi dukungan untuk mengambil tangkapan layar, dan salah satunya adalah Screenshot Touch, yang menawarkan beragam fitur yang sangat menarik.

Terdapat banyak aplikasi yang memiliki beragam fitur untuk mengambil screenshot, tetapi Screenshot Touch dianggap sebagai salah satu yang terbaik. Aplikasi ini kaya akan fitur dan sangat mudah digunakan. Salah satu keunggulan utama dari aplikasi Screenshot Touch adalah tersedianya secara gratis.

Anda dapat mengunduh aplikasi ini tanpa biaya tambahan dan mulai mengambil tangkapan layar dengan berbagai fitur yang ditawarkan oleh aplikasi tersebut.

Demikianlah beberapa langkah mudah untuk mengambil tangkapan layar di ponsel Oppo. Pilihan cara tergantung pada preferensi pengguna, dan Anda dapat memilih yang menurut Anda paling mudah dan efisien. Semoga informasi singkat ini bermanfaat dan dapat diterapkan dengan baik.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.