7 Cara Screenshot Xiaomi Redmi Note 10s Panjang, Gesture Tiga Jari

Cara Screenshot Xiaomi Redmi Note 10s

Xiaomi Redmi Note 10S adalah salah satu ponsel pintar yang memiliki spesifikasi yang cukup unggul. Selain kinerjanya yang kuat, Xiaomi Redmi Note 10S juga menawarkan kemudahan dalam pengambilan tangkapan layar, yang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Fitur tangkapan layar ini sangat penting dan umum dijumpai di banyak ponsel pintar. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengambil gambar layar dan menyimpannya sebagai file gambar.

Meskipun fitur ini umum, masih banyak pengguna yang bingung tentang cara menggunakannya, terutama pada Xiaomi Redmi Note 10S. Perlu dicatat bahwa antarmuka yang digunakan dalam Xiaomi Redmi Note 10S adalah MIUI 13. Namun, cara ini berlaku untuk banyak ponsel Xiaomi lainnya yang juga menggunakan MIUI 13, seperti seri Redmi Note 11, seri Redmi 10, dan banyak ponsel Xiaomi lainnya.

Terdapat tujuh cara berbeda untuk mengambil tangkapan layar di Xiaomi Redmi Note 10S. Berikut adalah ketujuh cara tersebut yang telah teknoindie rangkum di bawah ini.

Cara Screenshot di HP Xiaomi Redmi Note 10s

1. Menggunakan Gesture 3 Jari

Cara pertama yang sering digunakan oleh pengguna Xiaomi Redmi Note 10S untuk mengambil tangkapan layar adalah dengan menggunakan gestur atau gerakan tiga jari untuk mengusap layar. Ini dianggap sebagai cara yang paling mudah dan cepat. Berikut langkah-langkahnya untuk mengaktifkan dan menggunakannya.

Aktivasi Gestur Tiga Jari:

  • Buka aplikasi "Setelan" melalui aplikasi atau melalui bar notifikasi di atas.
  • Gulir ke bawah untuk menemukan menu "Setelan Tambahan" dan pilih.
  • Pilih menu "Pintasan Gerakan."
  • Pilih opsi "Ambil Screenshot."
  • Aktifkan tombol pengaturan yang berbentuk kapsul di samping opsi "Geser ke Bawah dengan 3 Jari" untuk mengaktifkannya.

Setelah mengaktifkan fitur tersebut, Anda dapat menggunakannya dengan langkah-langkah berikut:

  • Tentukan halaman atau gambar yang ingin Anda tangkap dengan tangkapan layar.
  • Usap ponsel Anda dengan tiga jari dari atas ke bawah pada layar.
  • Jika berhasil, layar ponsel Anda akan berkedip, menandakan bahwa proses pengambilan tangkapan layar berhasil.
  • Anda juga dapat memeriksa hasil tangkapan layar tersebut untuk mengedit, membagikannya, atau menyimpannya sesuai keinginan.

Baca juga : Cara Membuat PPT yang Menarik di HP Android

2. Screenshot Sebagian dengan 3 Jari

Xiaomi Redmi Note 10S juga memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk menyeleksi dengan bebas area mana yang ingin diambil dalam tangkapan layar atau screenshot. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan dan menggunakan fitur ini.

Aktivasi Fitur Seleksi Area Tangkapan Layar:

  • Buka aplikasi "Setelan" melalui aplikasi atau bar notifikasi di atas.
  • Gulir ke bawah hingga Anda menemukan menu "Setelan Tambahan" dan pilih menu tersebut.
  • Pilih menu "Pintasan Gerakan."
  • Di dalam menu tersebut, pilih opsi "Screenshot Sebagian."
  • Aktifkan fitur ini dengan menggeser tombol pengaturan (toggle) di samping opsi "Tekan dan Tahan dengan 3 Jari."

Setelah mengaktifkan fitur ini, Anda dapat menggunakannya dengan langkah-langkah berikut:

  • Pertama-tama, tentukan area atau gambar yang ingin Anda tangkap dalam tangkapan layar.
  • Tekan dan tahan layar menggunakan tiga jari.
  • Anda dapat memilih bentuk seleksi yang diinginkan, seperti kotak, bentuk bebas, atau lingkaran.
  • Pilih area yang ingin Anda seleksi.
  • Setelah selesai menentukan posisinya, Anda bisa mengulanginya, membagikannya, mengedit, atau menyimpannya langsung.

3. Melalui Bar Notifikasi

Cara screenshot ini sangat sederhana, karena Anda tidak perlu mengaktifkannya terlebih dahulu di pengaturan. Anda dapat langsung menggunakannya dengan langkah-langkah berikut:

  • Pertama-tama, buka halaman atau gambar yang ingin Anda tangkap dalam tangkapan layar.
  • Selanjutnya, cukup usap layar ke bawah dari bagian atas dengan satu jari untuk memunculkan bar notifikasi.
  • Pilih ikon "screenshot" yang berbentuk gunting.
  • Ponsel Anda akan secara otomatis mengambil tangkapan layar, dan Anda dapat melihatnya terlebih dahulu atau menyimpannya langsung.

4. Menggunakan Bola Pintas

Cara pengambilan screenshot ini unik karena Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu melalui pengaturan. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkannya:

  • Buka aplikasi "Setelan" melalui aplikasi atau bar notifikasi.
  • Gulir ke bawah dan pilih "Setelan Tambahan."
  • Pilih "Bola Pintas."
  • Aktifkan Bola Pintas dengan menggeser tombol pengaturan (toggle) di samping opsi "Hidupkan Bola Pintas."
  • Selanjutnya, masuk ke opsi "Pilih Pintasan" untuk mengatur Bola Pintas.
  • Tambahkan pilihan "Screenshot" ke salah satu pintasan yang tersedia.

Setelah Anda telah mengatur Screenshot dalam Bola Pintas, penggunaannya sangat mudah. Anda hanya perlu menekan atau menggeser Bola Pintas yang tersimpan di sisi layar, dan arahkan ke ikon screenshot.

Ponsel Anda akan secara otomatis mengambil tangkapan layar, dan hasilnya dapat dilihat terlebih dahulu atau disimpan langsung.

Baca juga : Cara Membuat CV yang Menarik di HP Android

5. Menggunakan Kombinasi Tombol

Mengambil tangkapan layar dengan kombinasi tombol di ponsel sangat umum dilakukan. Namun, Anda perlu mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu dalam pengaturan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi "Setelan" melalui aplikasi atau bar notifikasi di bagian atas ponsel.
  2. Cari dan pilih menu "Setelan Tambahan" yang terletak di bagian bawah.
  3. Pilih menu "Pintasan Gerakan."
  4. Selanjutnya, masuk ke opsi "Ambil Screenshot."
  5. Aktifkan tombol pengaturan yang berbentuk kapsul di samping opsi "Volume Turun + Daya" untuk mengaktifkannya.

Setelah fitur ini diaktifkan, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar dengan menekan tombol volume turun dan daya secara bersamaan. Jika ponsel Anda berkedip dan menampilkan hasil tangkapan layar, maka Anda telah berhasil. Anda dapat memeriksa hasil tangkapan layar tersebut terlebih dahulu atau menyimpannya langsung.

6. Mengambil Screenshot Panjang

Fitur screenshot ini memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar yang panjang sehingga semua halaman dapat masuk tanpa terpotong oleh ukuran layar yang terbatas. Berikut adalah cara menggunakan fitur ini:

  • Anda dapat menggunakan salah satu cara pengambilan screenshot yang telah disebutkan sebelumnya, baik itu dengan gerakan tiga jari, melalui bar notifikasi, atau kombinasi tombol pada ponsel Anda.
  • Setelah berhasil mengambil tangkapan layar, Anda akan melihat hasilnya di kanan atas layar, di bawahnya akan ada opsi "Gulir."
  • Jika Anda memilih opsi ini, layar akan secara otomatis bergulir ke bawah untuk mengambil tangkapan layar yang lebih panjang.
  • Ketika Anda sudah selesai, cukup tekan tombol "Selesai" untuk menghentikannya dan menyimpan tangkapan layar.

Demikianlah beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengambil tangkapan layar dengan mudah di Xiaomi Redmi Note 10S tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan. Cara-cara ini juga tidak akan jauh berbeda jika Anda menggunakan ponsel Xiaomi Redmi Note Series lainnya; Anda hanya perlu menyesuaikan posisi menu sesuai dengan model ponsel Anda.

Baca juga : Cara Masuk Safe Mode di HP Android

7. Memakai Aplikasi Pihak Ketiga

Terkadang, Anda mungkin memerlukan tangkapan layar dengan kualitas lebih baik atau yang memungkinkan untuk diedit dengan lebih banyak opsi. Dalam situasi tersebut, menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store untuk mengambil tangkapan layar di Xiaomi Redmi Note 10S adalah pilihan yang baik. Meskipun banyak dari aplikasi ini gratis, beberapa di antaranya hadir dengan fitur yang lebih lengkap, termasuk kemampuan editing.

Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi screenshot gratis yang dapat Anda gunakan pada smartphone Xiaomi Redmi Note 10S, seri Redmi 10, seri Redmi Note 11, atau perangkat Android lainnya.

  • Screenshot Easy

Sesuai dengan namanya, Screenshot Easy adalah salah satu aplikasi screenshot yang mudah digunakan dan telah mendapatkan banyak tanggapan positif dari pengguna Android. Aplikasi gratis ini memiliki ukuran yang ringan namun menyediakan fitur yang lengkap.

Keunggulan dari aplikasi ini adalah Anda hanya perlu mengetuk ikon yang berbentuk kamera untuk mengambil tangkapan layar. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur untuk mengambil tangkapan layar dengan menggoyangkan ponsel Anda. Antarmuka penggunaannya minimalis dan mudah dipahami.

Aplikasi ini juga menyediakan fasilitas pengeditan yang cukup baik. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengambil tangkapan layar dari halaman web, film, dan bahkan game.

Ketika kami mencoba aplikasi ini, pengambilan tangkapan layar dengan mengetuk ikon kamera berjalan dengan mudah dan cepat. Namun, ketika mencoba menggoyangkan ponsel untuk mengambil tangkapan layar, terdapat sedikit jeda dalam prosesnya. Terkadang, beberapa kali tangkapan layar tidak dapat diambil. Meskipun demikian, aplikasi ini cukup mudah digunakan dibandingkan dengan aplikasi lainnya.

  • Screenshot Pro

Screenshot Pro adalah salah satu aplikasi screenshot yang banyak diunduh oleh pengguna Android karena menyediakan fitur screenshot yang mudah digunakan dan lengkap dengan fitur pengeditan yang berkualitas. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengedit tangkapan layar sesuai dengan keinginan Anda, bahkan menambahkan elemen seperti gambar dan teks ke dalamnya.

Aplikasi screenshot ini memiliki ukuran yang ringan dan salah satu fitur unggulannya adalah kemampuan untuk mengambil tangkapan layar dengan menggoyangkan perangkat Anda. Fitur ini sangat berguna jika Anda memerlukan tangkapan layar dengan cepat. Anda dapat mengunduh aplikasi Screenshot Pro melalui Google Play Store sekarang.

Selain kedua aplikasi tersebut, ada banyak aplikasi screenshot lain yang dapat dicoba. Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda dapat mencari artikel "Deretan Aplikasi Screenshot di Android."

Baca juga : Cara Screenshot OPPO Reno2 dan Reno2 F

Jika Anda memiliki saran atau cara lain untuk mengambil tangkapan layar di HP Xiaomi Redmi Note 10S, silakan bagikan melalui kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat, dan selamat mencoba!

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.