4 Cara Screenshot HP Samsung Galaxy A03s Tombol, Panjang

Cara Screenshot HP Samsung Galaxy A03s

Sebagai salah satu perangkat terbaru dari Samsung, Samsung Galaxy A03S memiliki beberapa kelebihan yang patut diperhatikan. Salah satunya adalah kemudahan penggunaan fitur screenshot. Jika Anda belum familiar dengan cara melakukan screenshot di Samsung A03S, Anda dapat mengikuti tutorialnya dari kami.

Samsung telah melengkapi perangkat ini dengan tiga kamera berkualitas yang mampu menghasilkan foto yang tajam dan detail. Yang menarik, Anda juga memiliki opsi untuk menyimpan foto dan tangkapan layar ke kartu memori eksternal.

Layar perangkat ini memiliki ukuran yang pas dan resolusi yang tinggi. Jenis layarnya adalah LCD PLS dengan ukuran layar mencapai 6,5 inci. Resolusi HD+ dengan rasio 20:9 menjamin gambar-gambar yang ditampilkan memiliki kualitas yang sangat baik.

Dari segi perangkat lunak, Samsung A03S menjalankan sistem operasi One UI Core 3.1 berbasis Android 11, yang merupakan versi terbaru pada saat itu. Ini membawa berbagai fitur canggih yang dapat membantu Anda dalam proses pengambilan tangkapan layar di ponsel Samsung A03S Anda.

Baca juga : Cara Screenshot di Samsung Galaxy M32 yang Praktis

Cara Screenshot Samsung Galaxy A03s

Tangkapan layar, atau screenshot, adalah salah satu fitur yang kerap digunakan oleh pengguna ponsel. Fitur ini sangat bermanfaat dalam berbagai aktivitas seperti menyimpan artikel dari blog, mencatat bukti transaksi, mengirim tugas sekolah, dan banyak keperluan lainnya.

Secara umum, kita biasanya tahu cara melakukan tangkapan layar pada perangkat Samsung dengan menggunakan tombol-tombol tertentu. Namun, pada Galaxy A03s, terdapat beberapa metode praktis lain untuk mengambil tangkapan layar. Untuk memahaminya dengan lebih detail, mari kita simak informasinya di bawah ini.

1. Dengan Tombol Fisik

Pertama, mari kita bahas cara yang umum digunakan, yaitu dengan menggunakan kombinasi tombol fisik. Cara ini adalah fitur bawaan dari Android, sehingga dapat diterapkan pada semua perangkat berbasis Android.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka layar yang ingin Anda tangkap. Setelah itu, tekan tombol Volume Bawah dan tombol Power secara bersamaan, kemudian segera lepaskan keduanya.

Setelah Anda melakukannya, Anda akan mendengar suara seperti saat menekan tombol shutter kamera, dan layar akan berkedip sejenak. Hasil tangkapan layar akan langsung tersimpan di aplikasi Galeri Anda.

Sebagian pengguna Samsung A03s mungkin mengalami kesulitan saat melakukan screenshot karena mereka mungkin menahan tombol terlalu lama, padahal seharusnya hanya perlu menekan dan segera melepaskannya.

2. Menggunakan Pintasan

Untuk memungkinkan pengguna mengambil tangkapan layar tanpa menggunakan tombol fisik, Samsung telah menyediakan opsi pintasan tangkapan layar yang terdapat di dalam Menu Asisten. Namun, secara bawaan, fitur ini belum diaktifkan, jadi Anda perlu mengaktifkannya dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka menu Pengaturan pada perangkat Anda.
  • Gulir ke bawah dan pilih opsi Aksesibilitas.
  • Di halaman Aksesibilitas, Anda akan menemukan bagian yang disebut Interaksi dan Kecekatan. Ketika Anda masuk ke bagian ini, aktifkan opsi Menu Asisten.

Setelah Anda mengaktifkan opsi Menu Asisten, Anda dapat mengambil tangkapan layar dengan cara berikut:

  • Ketuk tombol melayang berbentuk bulatan yang muncul di layar.
  • Pilih opsi "Gambar Layar".
  • Proses pengambilan tangkapan layar akan dimulai, dan gambar akan otomatis tersimpan di aplikasi Galeri.

Jika pengguna merasa terganggu oleh tombol Menu Asisten yang muncul di layar, Anda juga memiliki opsi untuk menonaktifkannya kembali atau menggunakan fitur Edge Panel untuk mengambil tangkapan layar, seperti yang dijelaskan di bawah ini.

3. Dengan Panel Edge

melakukan screenshot menggunakan fitur Panel Edge. Panel Edge ini merupakan sebuah menu khusus yang memungkinkan Anda membuat pintasan atau shortcut untuk aplikasi dan fungsi Samsung lainnya.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Pengaturan di perangkat Anda.
  • Pilih opsi Tampilan.
  • Aktifkan fitur Panel Edge.

Setelah Anda mengaktifkan fitur Panel Edge, berikut cara mengambil tangkapan layar dengan menggunakan panel ini:

  • Geser garis Panel Edge yang terletak di sisi layar ke arah tengah.
  • Setelah Panel Edge muncul, ketuk ikon "Ambil Gambar Layar".

Hasil tangkapan layar akan tersimpan di galeri ponsel Samsung Anda. Dengan memanfaatkan fitur ini, Anda dapat mengambil tangkapan layar tanpa perlu menggunakan tombol fisik, yang akan membantu memperpanjang usia tombol tersebut.

Baca juga : Cara Membatasi Pengguna Hotspot di HP Android

4. Screenshot Panjang

Screenshot panjang memungkinkan Anda untuk mengambil gambar layar dalam format panjang dari bagian atas hingga bagian paling bawah layar. Dengan cara ini, Anda dapat mengambil tangkapan layar dari seluruh percakapan dalam aplikasi pesan instan seperti WhatsApp atau Telegram.

Namun, disayangkan bahwa fitur screenshot panjang tidak tersedia secara bawaan di perangkat Samsung Galaxy A03s ini, mungkin karena perangkat ini termasuk dalam kategori entry-level. Tetapi Anda masih bisa melakukannya dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Berikut cara untuk melakukan screenshot panjang di HP Samsung A03s:

  • Pertama, instal aplikasi "LongShot" dari Google Play Store.
  • Setelah menginstal aplikasi tersebut, aktifkan opsi "Auto Scroll".
  • Ketika muncul notifikasi, klik "OK".
  • Pilih aplikasi "LongShot" dalam menu Aksesibilitas dan aktifkan opsi tersebut.
  • Kembali ke aplikasi LongShot dan ketuk ikon kamera berwarna biru.
  • Ketika diminta untuk mengizinkan perekaman, pilih "Mulai Sekarang".
  • Setelah itu, pilih "Izinkan tampilan di aplikasi lain".
  • Anda akan melihat tombol melayang "Mulai".
  • Buka halaman yang ingin Anda tangkap, seperti menu pengaturan, lalu ketuk tombol "Mulai".
  • Halaman tersebut akan otomatis digulirkan, dan ketika selesai, ketuk "Simpan".

Dengan langkah-langkah ini, Anda dapat mengambil screenshot panjang menggunakan aplikasi LongShot. Ada beberapa aplikasi lain yang juga menawarkan fitur serupa, tetapi auto scroll pada aplikasi ini membuatnya menjadi pilihan yang nyaman untuk menangkap seluruh halaman.

Meskipun Samsung Galaxy A03s mungkin tidak memiliki seluruh fitur screenshot yang tersedia di beberapa ponsel Samsung lainnya, tetapi fitur yang ada sudah cukup membantu dalam mempermudah pengguna untuk mengambil tangkapan layar.

Hanya saja, satu-satunya fitur yang tampaknya belum tersedia adalah screenshot panjang. Semoga dengan pembaruan sistem operasi di masa mendatang, Samsung akan mempertimbangkan untuk menambahkan fitur ini. Sebagian merek lain seperti Vivo, Xiaomi, dan Oppo telah menyediakan fitur screenshot panjang, bahkan beberapa di antaranya telah dilengkapi dengan opsi screenshot tiga jari.

Demikianlah panduan praktis dan mudah tentang cara melakukan screenshot di Samsung A03s.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.