Harga Samsung Galaxy A03s Terbaru 2024 dan Spesifikasi

Samsung Galaxy A03s

Fitur Unggulan


  • Desain body yang sederhana
  • Baterai yang terbilang cukup besar di kelasnya
  • Sudah menggunakan port USB type-C
  • Layar PLS TFT dengan kualitas yang tajam dan jernih
  • Sensor Fingerprint yang berada di samping agar body belakang terlihat bersih

Selengkapnya : Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A03s

Spesifikasi Samsung Galaxy A03s

Umum
RilisSeptember 2021
JaringanGSM, HSPA, LTE
SIM CardDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
w100">
Body
Berat196 gram
Dimensi164.2 x 75.9 x 9.1 mm
Material-
WarnaHitam, Putih, Biru

Layar
TipePLS LCD
Ukuran6.5 inci, ~81.8% rasio layar ke body
Resolusi720 x 1600 pixel, rasio 20:9, ~270 ppi

Platform
OSAndroid 11, One UI 3.1 Core
ChipsetMediaTek MT6765 Helio P35 (12nm)
CPUOcta-core (4x2.35 GHz Cortex-A53 & 4x1.8 GHz Cortex-A53)
GPUPowerVR GE8320

Memori
Internal4/64 GB
JeniseMMC 5.1
EksternalmicroSDXC

Kamera Belakang
Resolusi13 MP, f/2.2, (wide), AF
2 MP, f/2.4, (macro)
2 MP, f/2.4, (depth)
FiturLED flash
Video1080p@30fps

Kamera Depan
Resolusi5 MP, f/2.2
Fitur-
Video-

Audio
SpeakerAda
Jack 3.5mmAda

Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP
GPS A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
RadioAda
NFCTidak ada
USBUSB Type-C 2.0

Fitur
SensorFingerprint (di samping), accelerometer, proximity
Lainnya-

Baterai
TipeLi-Po, non-removable
Kapasitas5000 mAh
FiturFast Charging 15W

Benchmark
Antutu (v)121.487

Harga Samsung Galaxy A03s

Harga
4/64 GB - Rp 1.700.000

Catatan: Informasi yang tercantum di atas mungkin tidak sepenuhnya akurat. Silakan hubungi kami jika anda menemukan kesalahan pada informasi di atas.

Selengkapnya Tentang Samsung Galaxy A03s

Kapan Samsung Galaxy A03s dirilis?

Samsung A03s pertama kali diperkenalkan pada bulan Juni 2021.

Seperti apa desain Samsung A03s?

Samsung A03s mengusung desain yang minimalis. Bagian belakang ponsel ini menampilkan logo Samsung dan tiga modul kamera utama, tanpa gradasi atau pola garis seperti beberapa seri HP Samsung lainnya. Desain ini cocok untuk mereka yang lebih menyukai tampilan yang simpel.

Samsung menyediakan tiga opsi warna untuk Galaxy A03s, yaitu Hitam, Biru, dan Putih. Pengguna dapat memilih warna sesuai dengan preferensi masing-masing.

Dari segi dimensi, Samsung Galaxy A03s memiliki ukuran 164,2 x 75,9 x 9,1 mm dengan berat 196 gram. Ukuran yang agak besar ini dapat dimaklumi mengingat kapasitas baterai yang besar. Meskipun begitu, ukuran yang besar ini memberikan kesan bodi yang solid saat digenggam, meskipun tangan mungkin sedikit merasa pegal jika memegangnya dalam waktu lama.

Berapa inci ukuran layar Samsung A03s?

Samsung A03s memiliki layar berukuran 6,5 inci dengan rasio layar-ke-body mencapai 81,8%. Desain layarnya mengadopsi konsep Infinity-V Display yang memberikan kesan lega berkat bezel yang tipis.

Namun, sayangnya, tampilan gambar pada layar ponsel ini masih tergolong biasa karena menggunakan panel PLS LCD, bukan AMOLED. Resolusinya juga hanya 720 x 1600 dengan kepadatan piksel 270 ppi.

Spesifikasi layarnya dapat dikatakan kurang memuaskan karena tidak memiliki fitur khusus. Tidak ada dukungan HDR, dan ponsel hanya menampilkan warna dari rentang sRGB. Samsung A03s juga tidak dilengkapi dengan mode Manual atau Adaptive Brightness, sehingga layar agak sulit terlihat di bawah paparan sinar matahari.

Meskipun demikian, kekurangan tersebut dapat dimaklumi mengingat kelas dan harga yang terjangkau dari Samsung Galaxy A03s. Secara keseluruhan, smartphone ini masih dapat digunakan dengan nyaman untuk berbagai aktivitas multimedia. Dari hasil pengujian, kontras pada layar HP ini juga cukup baik.

Bagaimana konfigurasi kamera Samsung Galaxy A03s?

Samsung Galaxy A03s dilengkapi dengan Triple Camera di bagian belakang. Konfigurasinya terdiri dari kamera wide 13 MP (f/2.2), kamera macro 2 MP (f/2.4), dan kamera depth sensor 2 MP (f/2.4). Sementara itu, untuk kamera depan, Samsung A03s menggunakan lensa 5 MP (f/2.2).

Apakah hasil kamera Samsung Galaxy A03s bagus?

Dengan harga yang terjangkau, Samsung Galaxy A03s menawarkan kualitas kamera yang memadai. Hasil foto tampak baik saat digunakan di luar ruangan atau dalam kondisi pencahayaan yang cukup.

Namun, kualitas foto sedikit menurun ketika diambil dalam kondisi cahaya rendah, meskipun sudah didukung oleh LED Flash. Sensor makro pada ponsel ini juga memberikan hasil yang biasa saja, sehingga gambar yang dihasilkan tidak terlalu tajam.

Pada bagian depan, kualitas kamera 5 MP ini dapat dianggap baik, namun hanya standar. Keakuratan warna dan kontrasnya cukup baik, terutama dengan dukungan Auto HDR. Sayangnya, kamera depan ini kurang memberikan detail yang memadai.

Untuk perekaman video, smartphone ini mampu merekam hingga resolusi 1080p@30fps. Meskipun tidak menawarkan fitur spesial, namun sudah cukup untuk membuat konten visual sehari-hari.

Berapa RAM dan internal Samsung Galaxy A03s?

Ponsel ini hadir dalam dua varian RAM, yakni 3 GB dan 4 GB. Varian dengan RAM 3 GB disertai dengan memori internal sebesar 32 GB, sementara varian RAM 4 GB hadir dengan memori internal sebesar 64 GB.

Samsung Galaxy A03s pakai OS Android versi berapa?

Samsung Galaxy A03s menggunakan sistem operasi Android 11 dengan antarmuka One UI 4.1 Core, yang dapat diperbarui ke Android 12. Penggunaan OS Android 11 bersama One UI 4.1 Core membawa tampilan fitur dan aplikasi pada ponsel ini yang teratur dan mudah digunakan.

One UI 4.1 Core juga memberikan performa yang responsif dan ringan, terutama saat digunakan untuk bermain game entry-level. Selain itu, pengguna dapat melakukan kustomisasi dengan berbagai widget berguna yang memuat informasi penting tanpa perlu membuka menu di dalam ponsel.

Samsung A03s pakai chipset apa?

Samsung A03s menggunakan chipset Mediatek MT6765 Helio P35 (12nm). Chipset entry-level ini dikombinasikan dengan CPU Octa Core (4x2,35 GHz Cortex-A53 & 4x1,8 GHz Cortex-A53) dan GPU PowerVR GE8320.

Dengan spesifikasi tersebut, kinerja smartphone ini tergolong lancar untuk menjalankan kegiatan sehari-hari, mulai dari browsing, berkirim pesan hingga streaming video.

Apakah Samsung Galaxy A03s bagus buat gaming?

Smartphone ini masih mampu digunakan untuk bermain game, namun dengan pengaturan grafis di tingkat rendah hingga menengah. Hal ini disebabkan oleh spesifikasi dapur pacu yang tergolong entry-level, yang tidak secara khusus dioptimalkan untuk gaming. Performa gamingnya menjadi kurang bertenaga, terutama jika Anda memilih varian RAM dan memori yang paling kecil, yaitu 3GB/32GB.

Meskipun demikian, Anda masih dapat menggunakan ponsel ini untuk bermain game seperti Mobile Legends dengan lancar pada pengaturan grafis Medium dan HDR diaktifkan. Meskipun ada beberapa kali penurunan frame, hal tersebut tidak terlalu mengganggu. PUBG Mobile juga dapat dijalankan, asalkan dalam pengaturan grafis Smooth. Mengenai suhu, ponsel mungkin akan sedikit menghangat hingga mencapai 43 derajat Celsius saat bermain selama sekitar 30 menit.

Berapa mAh baterai Samsung A03s?

Samsung Galaxy A03s telah dibekali baterai berkapasitas 5000 mAh. Dengan mempertimbangkan harganya yang terjangkau, kapasitas baterai ini dapat dianggap cukup besar.

Bagaimana daya tahan baterai Samsung Galaxy A03s?

Dengan kapasitas baterai yang besar, mencapai 5000 mAh, ponsel ini memiliki daya tahan yang luar biasa, mencapai 122 jam. Selain itu, Samsung Galaxy A03s dapat digunakan untuk melakukan panggilan telepon selama 29 jam, browsing internet selama 20 jam, dan menonton video selama 15 jam.

Apakah Samsung A03s sudah mendukung fast charging?

Ya, Samsung Galaxy A03s mendukung fitur pengisian daya cepat 15W dan menggunakan port USB Type-C. Namun, teknologi pengisian daya ini masih dapat dianggap sebagai yang cukup standar.

Samsung menyertakan adapter 7.8W dalam paket penjualan ponsel ini. Dengan charger bawaan tersebut, waktu yang diperlukan untuk mengisi daya ponsel hingga 15% adalah sekitar 30 menit. Sementara itu, untuk mengisi daya dari 0% hingga 100%, membutuhkan waktu lebih dari 3 jam.

Apakah Samsung Galaxy A03s ada sensor sidik jari?

Ya, Samsung Galaxy A03s dengan bobot 196 gram dilengkapi dengan sensor sidik jari yang terletak pada tombol daya. Penempatan sensor ini dirancang agar mudah dijangkau, memudahkan dalam membuka akses ponsel.

Konektivitas apa yang tersedia di Samsung A03s?

Samsung A03s mendukung konektivitas hingga jaringan 4G. Mengingat harganya yang sangat terjangkau, tidak mengherankan jika ponsel ini belum mendukung jaringan 5G.

Meskipun demikian, Samsung A03s sudah dilengkapi dengan fitur konektivitas lain, seperti Wi-Fi 802.11 b/g/n dan Wi-Fi Direct, serta Bluetooth 5.0, A2DP.

Apakah Samsung Galaxy A03s punya fitur NFC?

Tidak, ponsel entry-level ini belum dilengkapi dengan sensor NFC. Meskipun demikian, jika pengguna jarang menggunakan fitur ini dalam kehidupan sehari-hari, hal ini mungkin tidak menjadi masalah yang signifikan.

Apakah Samsung Galaxy A03s tahan air?

Samsung A03s belum memiliki sertifikasi IP rating untuk ketahanan terhadap air. Oleh karena itu, disarankan untuk berhati-hati ketika menggunakan ponsel di sekitar kolam atau di dekat air.

Absennya sertifikasi IP rating juga berarti bahwa perangkat ini rentan terhadap debu. Untuk melindungi ponsel, disarankan untuk menggunakan case tambahan.

Apakah Samsung Galaxy A03s bisa dual SIM?

Ya, Samsung Galaxy A03s mendukung penggunaan dua kartu SIM secara bersamaan.

Apakah Samsung Galaxy A02s dan A03s sama?

Meskipun keduanya memiliki banyak kesamaan dari segi fisik dan spesifikasi, terdapat beberapa perbedaan, terutama pada prosesor sebagai dapur pacu. Samsung Galaxy A03s menggunakan chipset dari Mediatek, sementara A02s mengandalkan chipset Snapdragon.

Kapasitas RAM pada A03s tersedia dalam varian 3 GB dan 4 GB, sementara A02s hanya memiliki RAM 3 GB. Selain itu, Samsung A03s sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari, sedangkan A02s belum memiliki fitur tersebut.

Sebagai ponsel entry-level, Samsung Galaxy A03s dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Ini cocok bagi mereka yang mencari smartphone dengan spesifikasi mumpuni namun memiliki anggaran terbatas.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.