Inilah 7 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A03s

Pada bulan September yang lalu, Samsung memperkenalkan Galaxy A03s, sebuah ponsel yang siap bersaing di pasar entry-level dengan harga terjangkau sekitar 1 jutaan di Indonesia. Saat ini, di segmen smartphone dengan harga di bawah 2 jutaan, terdapat banyak pilihan yang dapat membuat pengguna bingung dalam memilih. Namun, umumnya pengguna Android akan mencari ponsel dengan layar yang besar dan baterai yang tahan lama untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

Samsung Galaxy A03s
Spesifikasi Samsung Galaxy A03s
  • Rilis : September 2021
  • Layar : 6.5 inci PLS LCD ~270ppi
  • Chipset : MediaTek MT6765 Helio P35 (12nm)
  • GPU : PowerVR GE8320
  • RAM : 4 GB
  • Memori Internal : 64 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 13 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan : 5 MP
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 15W

Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy A03s dan Harganya

Selain itu, Samsung juga sering menghadirkan perangkat dengan spesifikasi yang tidak berbeda jauh dalam seri yang sama. Hal ini bisa membuat konsumen bingung dalam memilih. Namun, melalui artikel ini, kami akan membantu kalian untuk menentukan pilihan dengan memberikan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A03s.

Baca juga : 8 Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 10 Pro, Apa Saja?

Kelebihan Samsung Galaxy A03s

Bulan lalu, Samsung meluncurkan Galaxy A03s sebagai pesaing di pasar entry-level dengan harga yang terjangkau, hanya sekitar 1 jutaan di Indonesia. Dalam segmen smartphone dengan harga di bawah 2 jutaan, pengguna Android biasanya mencari ponsel dengan layar besar dan baterai yang tahan lama untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

Namun, kelebihan dari Galaxy A03s tidak hanya sebatas itu. Mari kita lihat beberapa keunggulannya secara detail.

1. Layar Besar

Galaxy A03s menawarkan layar berukuran 6,5 inci yang memenuhi kebutuhan pengguna akan tampilan yang luas. Dimensinya yang panjang 164 mm, lebar 7.6 mm, tebal 9.1 mm, dan berat 196 g memberikan kualitas build yang nyaman di tangan. Kombinasi layar yang besar dan dimensi yang proporsional menjadi nilai tambah dari perangkat ini.

2. Penyimpanan Besar dan Performa Lancar

Samsung Galaxy A03s dilengkapi dengan memori internal 64GB dan RAM 4GB, memberikan ruang penyimpanan yang cukup untuk menyimpan berbagai data penting, aplikasi favorit, dan materi belajar atau kerja.

Kapasitas ruang yang besar ini juga memungkinkan pengguna untuk melakukan multitasking tanpa harus khawatir tentang kinerja ponsel. Dengan chipset Helio P35 yang dipadukan dengan performa yang baik, Galaxy A03s menawarkan pengalaman pengguna yang mulus.

3. Kapasitas Baterai Tinggi

Samsung Galaxy A03s hadir dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh, yang dapat bertahan sepanjang hari bahkan saat penggunaan yang intensif. Dengan dukungan teknologi fast charging hingga 15W, pengisian daya menjadi lebih cepat dan efisien. Baterai yang tahan lama ini menjadikan ponsel ini dapat diandalkan untuk menemani aktivitas sehari-hari tanpa khawatir kehabisan daya.

4. Kombinasi Kamera yang Pas

Galaxy A03s dilengkapi dengan tiga kamera belakang yang mampu menghasilkan foto berkualitas. Kamera utamanya memiliki resolusi 13MP, sedangkan kamera sekunder terdiri dari sensor kedalaman 2MP dan kamera makro 2MP. Fitur pengaturan manual seperti ISO, white balance, dan EV memungkinkan pengguna untuk mengambil foto yang lebih menarik dan kreatif.

5. Dukungan Ekspansi Penyimpanan MicroSD

Galaxy A03s juga dilengkapi dengan slot untuk kartu microSD, yang memungkinkan pengguna untuk memperluas ruang penyimpanan hingga 1TB. Ini memberikan fleksibilitas kepada pengguna untuk menyimpan lebih banyak file, foto, video, dan aplikasi tanpa khawatir kehabisan ruang.

Baca juga : 9 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Z Fold3 5G

Kekurangan Samsung Galaxy A03s

Adalah hal yang wajar bagi smartphone terjangkau memiliki beberapa kekurangan. Namun kalian harus menilik terlebih dahulu apakah kekurangan di bawah ini adalah hal-hal yang bisa diabaikan sebelum membeli Galaxy A03s.

1. Resolusi Hanya HD+

Samsung Galaxy A03s hadir dengan layar Infinity-V yang familiar dengan ukuran 6,5 inci. Namun, sayangnya, layar ini hanya memiliki resolusi HD+ (720 x 1.600 piksel). Meskipun masih memungkinkan untuk menikmati banyak film HD saat streaming, kualitasnya agak kurang memuaskan.

Bandingkan dengan beberapa pesaingnya di segmen harga yang sama, ada vendor yang menawarkan layar dengan kualitas Full HD+. Oleh karena itu, bagi sebagian orang, hal ini bisa menjadi kekurangan Galaxy A03s. Selain itu, batas layar di sekitar Galaxy A03s juga terlihat agak tebal jika dibandingkan dengan kompetitornya.

2. Kamera Selfie Resolusi Kecil

Kamera pada Galaxy A03s tidak memberikan kualitas yang istimewa terutama dalam pengambilan foto dalam kondisi minim cahaya. Meskipun kamera dapat merekam video 1080p, sayangnya tidak ada dukungan gyro-EIS. Selain itu, kualitas selfie dari Galaxy A03s terhitung di bawah rata-rata.

Saat pesaing-pesaingnya menawarkan kamera selfie minimal 8 MP, Galaxy A03s hanya memiliki kamera selfie standar 5 MP. Ini berarti Anda harus bekerja ekstra keras jika ingin menghasilkan selfie grup dengan detail yang memuaskan.

Meski demikian, Samsung Galaxy A03s tidak menawarkan fitur khusus untuk mempercantik foto dan video. Jika Anda adalah pengguna Android yang selektif dalam memilih smartphone dengan kamera yang menakjubkan, Anda mungkin akan sedikit kecewa dengan kinerja kamera selfie-nya.

3. Tidak Memiliki Perlindungan Layar

Kekurangan lain dari Galaxy A03s adalah tidak adanya perlindungan layar yang memadai. Ini menjadi perhatian umum pada smartphone dengan harga terjangkau. Agar perangkat ini tidak rentan terhadap kerusakan, Anda harus menggunakan Galaxy A03s dengan hati-hati dalam berbagai situasi.

Demikianlah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Galaxy A03s yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya. Dengan berbagai kelebihan dan kekurangan yang telah disebutkan, smartphone terbaru dari Samsung ini tetap merupakan pilihan yang terjangkau dan layak untuk dibeli.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.