9 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Z Fold3 5G

Samsung adalah salah satu produsen smartphone yang sangat dihormati dan memiliki berbagai macam produk. Mereka telah menjadi merek pertama yang meluncurkan smartphone lipat, dengan Samsung Galaxy Fold yang diperkenalkan pada tahun 2019.

Samsung Galaxy Z Fold3 5G
Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold3 5G
  • Rilis : Juli 2021
  • Layar : 7.9 inci Foldable Dynamic AMOLED 2X 120Hz HDR10+ ~374ppi
  • Chipset : Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 5G (5nm)
  • GPU : Adreno 660
  • RAM : 12 GB
  • Memori Internal : 256 GB, 512 GB
  • Memori Eksternal : Tidak tersedia
  • Kamera Belakang : 12 MP (wide), 12 MP (telephoto), 12 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan : 4 MP, 10 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 4400 mAh, Fast Charging 25W

Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold3 5G dan Harganya

Samsung terus berkembang dengan merilis dua generasi ponsel lipat tambahan, yaitu Galaxy Z Fold2 dan Galaxy Z Fold3.

Galaxy Z Fold2 hadir dalam dua versi, yakni LTE dan 5G, dan dirilis pada tahun 2020. Generasi kedua ini menghadirkan berbagai peningkatan fitur, termasuk ukuran layar penutup yang lebih besar, performa yang lebih baik, pengalaman pengguna yang ditingkatkan, dan bodi yang lebih kokoh.

Pada tahun 2021, Samsung Galaxy Z Fold3 5G dipilih sebagai ponsel lipat Android terbaik. Ini membuat banyak pengamat gadget di seluruh dunia sangat tertarik dengan ponsel ini, karena merupakan inovasi yang masih belum sepenuhnya dieksplorasi.

Banyak orang yang menantikan kehadiran Galaxy Z Fold3 karena penasaran dengan detailnya. 

Kami akan memberikan informasi tentang spesifikasi, harga, serta kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Z Fold3 5G. Jadi, jangan lewatkan keseluruhan artikel ini!

Baca juga : Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Z Flip3 5G

Kelebihan Samsung Galaxy Z Fold3 5G

Galaxy Z Fold Series generasi ketiga ini menawarkan beberapa peningkatan baru yang menarik sebelum Anda membelinya! Berikut ini adalah manfaat-manfaatnya:

1. Dua Layar Super AMOLED yang Lebih Baik

Galaxy Z Fold3 hadir dengan dua layar Super AMOLED yang luar biasa. Layarnya adalah yang terbesar dan terbaik di antara generasi sebelumnya. Kini, Anda dapat menikmati layar Super AMOLED di layar utama dan layar penutup.

Kedua layar ini memiliki panel 2X Dynamic AMOLED dengan ukuran 7,6 inci (layar penutup) dan 6,2 inci (layar utama). Kecepatan refresh panel 2X Dynamic AMOLED ini dua kali lipat dari standar 60 Hz, memberikan pengalaman pengguliran dan permainan yang lebih mulus. Resolusi layar utama adalah 1768x2208 piksel, sedangkan layar penutupnya adalah 832x2268 piksel.

Kedua layar ini mendukung sertifikasi HDR10+, sehingga Anda dapat menikmati konten hiburan dengan kualitas gambar yang lebih baik. Kecerahan puncaknya mencapai 1200 nits, membuatnya ideal untuk digunakan di luar ruangan.

2. Kamera Selfie Di Bawah Layar

Galaxy Z Fold3 memiliki desain kamera depan yang inovatif. Kamera depannya tersembunyi di bawah layar, tanpa adanya lubang atau bintik yang mengganggu tampilan layar. Ini memberikan pengalaman menonton video yang lebih imersif tanpa gangguan visual dari kamera.

Anda masih dapat melihat bayangan di sekitar lensa kamera, tetapi ini tidak akan memengaruhi pengalaman pengguna saat menggunakan ponsel untuk berselancar atau menonton konten.

3. Performa Multitasking yang Mengesankan dan Fitur Lainnya

Galaxy Z Fold3 dilengkapi dengan prosesor yang kuat, seperti Snapdragon 888, yang menawarkan performa yang sangat baik untuk bermain game dan menjalankan aplikasi berat. Prosesor ini memiliki delapan inti, termasuk inti Cortex X1 dengan kecepatan 2,84 GHz dan tiga inti kinerja tinggi dengan kecepatan 2,4 GHz. GPU Adreno 660 juga mampu menjalankan game dengan lancar pada 840 MHz.

Selain performa yang kuat, ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur multitasking yang canggih, seperti Multi Active Window. Anda dapat membagi layar menjadi beberapa aplikasi sekaligus, memungkinkan Anda menonton video sambil menjelajah atau mengetik di aplikasi pengolah kata. Galaxy Z Fold3 menjalankan sistem operasi Android 11 dengan antarmuka OneUI 3.1.1 yang fleksibel dan mendukung penggunaan ponsel yang dapat dilipat.

4. Dukungan untuk S Pen

Galaxy Z Fold3 mendukung penggunaan S Pen, alat populer yang sebelumnya hanya ada di seri Galaxy Tab dan Galaxy Note. Anda dapat menggunakan S Pen Fold Edition atau S Pen Pro. S Pen Pro memiliki lebih banyak fitur, seperti kontrol jarak jauh dengan Bluetooth.

S Pen memungkinkan Anda untuk membuat anotasi pada gambar, mencatat, dan berkreasi dengan mudah. Namun, perlu diingat bahwa S Pen tidak dapat digunakan di layar penutup.

5. Bodi yang Kokoh dan Sertifikasi IPX8

Galaxy Z Fold3 menggunakan bahan khusus untuk membuat layar utamanya lebih tipis, sehingga lebih mudah dilipat dan dibuka. Layarnya dilindungi oleh pelindung layar PET dan Corning Gorilla Glass Victus, yang memberikan perlindungan tambahan dari goresan dan kerusakan akibat jatuh.

Selain itu, Galaxy Z Fold3 juga memiliki sertifikasi IPX8, yang berarti ponsel ini tahan terhadap air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Anda tidak perlu khawatir jika menggunakan ponsel ini di sekitar air.

6. Dukungan untuk WiFi 6E

Galaxy Z Fold3 mendukung WiFi 6E, yang memberikan kecepatan WiFi yang lebih tinggi dengan koneksi yang lebih stabil. WiFi 6E menggunakan pita frekuensi 6 GHz, memberikan lebih banyak saluran dan mengurangi gangguan dari perangkat lain.

Dengan dukungan WiFi 6E, Anda dapat mengakses internet dengan kecepatan tinggi dan stabil, serta mengoptimalkan jaringan ISP rumah Anda.

Itulah beberapa peningkatan baru yang ditawarkan oleh Galaxy Z Fold Series generasi ketiga sebelum Anda membelinya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda!

Baca juga : Simak 7 Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 10

Kekurangan Samsung Galaxy Z Fold3 5G

Samsung Galaxy Z Fold3 5G memiliki banyak kelebihan, tetapi ada juga beberapa kekurangan yang dapat membuat Anda ragu untuk membelinya. Seperti yang terlihat, ada beberapa kelemahan yang perlu diperhatikan.

1. Body yang Berat dan Besar

Galaxy Z Fold3 5G akan lebih berat daripada ponsel lainnya. Kita tidak bisa menganggap Galaxy Z Fold3 5G sebagai ponsel biasa. Layar utamanya berukuran 7,6 inci dan layar sekunder di bagian penutupnya berukuran 6,2 inci, keduanya cukup besar.

Berbeda dengan Galaxy Z Flip3 5G, Galaxy Z Fold3 5G menawarkan inovasi ponsel yang dapat dilipat untuk membuatnya lebih kecil, tetapi Galaxy Z Fold3 5G dapat dilipat dengan ketebalan, panjang, dan lebar yang sama dengan dua ponsel. Ini adalah sesuatu yang perlu diperhatikan karena bahkan hal-hal kecil dapat membuat perbedaan besar dalam kehidupan sehari-hari.

Galaxy Z Fold3 5G memiliki berat 271g dan ketebalan lipatan 14,4-16 mm.

Jika Anda menyimpan ponsel ini di saku, kemungkinan besar ponsel akan terlipat. Karena ketebalannya, ponsel ini akan terasa lebih besar daripada kebanyakan ponsel flagship.

Meskipun Fold3 tidak seketebal Flip3, tetapi tetap lebih kecil dari Flip3. Namun, dimensinya sama dengan Flip3 dan membuatnya mudah disimpan di saku.

Anda mungkin merasa tidak nyaman membawa "batu bata" sehingga Anda juga dapat memperlakukan Galaxy Z Fold3 5G seperti tablet atau laptop dan memasukkannya ke dalam tas. Ini juga memiliki kelemahan.

Perangkat ini adalah telepon. Anda mungkin tidak ingin tablet Anda digunakan sebanyak smartphone Anda. Sebaiknya, letakkan ponsel Anda di tempat yang mudah diakses saat Anda menerima panggilan atau pemberitahuan.

Tidak nyaman untuk memasukkan ponsel ke dalam saku, tetapi praktis untuk membawa perangkat Anda dalam tas. Ponsel lipat seperti ini adalah pembelian yang mahal. Anda juga dapat memilih Flip3 yang dirancang untuk portabilitas.

2. Tidak Ada Peningkatan pada Pengaturan Kamera Belakang

Kita tidak dapat menyangkal bahwa foto yang dihasilkan oleh Samsung Galaxy Z Fold3 bagus. Foto-fotonya hidup dan diambil dengan baik. Namun, saat mengevaluasi kamera, kita tidak mempertimbangkan harga ponsel ini.

Performa kamera ponsel ini kalah dibandingkan dengan iPhone 12 Series atau Samsung Galaxy S21 Series. Samsung menolak untuk meningkatkan spesifikasi kamera meskipun harganya mahal.

Desain Galaxy Z Fold2 tidak mengalami perubahan. Ponsel ini dilengkapi dengan pengaturan tiga kamera dengan lensa utama Sony IMX555 12MP f/1.8, sensor ultrawide Sony IMX258 12MP f/2.2, dan kamera telefoto Sony IMX258 12MP f/2.4. Ponsel ini juga memiliki kemampuan zoom optik 2x.

OIS (Optical Image Stabilization) tersedia baik pada kamera utama maupun lensa telefoto. Ini memungkinkan pengambilan foto berkualitas maksimal tanpa blur karena guncangan tangan. Mode perekaman video, yang tidak tersedia dalam semua mode pemotretan, tidak memungkinkan pengguna merekam dengan resolusi lebih tinggi dari 4K.

Galaxy Z Flip3 juga tidak memiliki kemampuan merekam video dengan resolusi 8K, sama seperti saudaranya, Galaxy Z Fold3. Kedua ponsel ini bisa dikatakan tidak sebaik seri Galaxy S dalam hal merekam dan mengambil video.

Ponsel ini memiliki dua lensa selfie, satu di setiap lokasi. Galaxy Z Fold3 5G memiliki kamera depan di bawah layar yang tersembunyi di dalam layar utama. Lensa ini memiliki resolusi 4MP f/1.8 dengan ukuran piksel 2.0um.

Anda dapat mengambil foto selfie tanpa harus membuka ponsel. Kamera depan kedua dapat ditemukan di sampul. Lensa ini memiliki resolusi yang lebih tinggi, yaitu 10MP dengan aperture f/2.2. Lensa ini juga dilengkapi dengan sensor 1/3 inci.

Kami pikir Galaxy Z Flip3 5G lebih baik untuk selfie. Anda dapat menggunakan kamera belakang untuk melihat pratinjau, dan layar di bagian belakang bodi dapat digunakan sebagai pratinjau.

Samsung Galaxy Fold3 5G masih mampu menghasilkan foto yang tajam, meskipun dibandingkan dengan iPhone 12 Pro Max. Namun, kontrasnya tidak sekuat iPhone 12 Pro Max. Garis-garisnya terlihat lebih halus dan perbedaan warna dalam bunga yang sama kurang terlihat dibandingkan iPhone 12 Pro Max.

Perbandingan dengan Galaxy S21 Ultra juga menunjukkan bahwa Samsung Galaxy Z Fold3 5G masih kalah dalam menghasilkan warna yang lebih indah.

Pantauan dari AndroidCentral menunjukkan bahwa kamera under-display 4MP pada perangkat ini cukup mengecewakan. Foto selfie menunjukkan bahwa eksposur pada kamera bagian dalam lebih redup dibandingkan dengan kamera selfie 10MP di cover.

3. S Pen dan Charger Dijual Terpisah

Galaxy Z Fold3 5G, sebagai ponsel flagship dengan harga tinggi, seharusnya dilengkapi dengan S Pen. Setelah Samsung Galaxy S21 Series dirilis, pengisi daya tidak lagi disertakan.

Apple memulai tren ini dengan seri iPhone 12. Mereka memutuskan untuk tidak menyertakan pengisi daya karena alasan lingkungan. Hal ini membantu mengurangi biaya produksi per unit.

Produsen smartphone juga dapat mengurangi biaya pengiriman dengan menggunakan kemasan yang lebih kecil, sehingga menghasilkan jejak karbon yang lebih rendah.

Galaxy Z Fold3 5G tidak datang dengan S Pen meskipun mendukung pena canggih tersebut. Jika Anda memutuskan untuk membeli S Pen secara terpisah, mungkin sulit untuk memasangnya pada telepon Anda karena tidak ada kompartemen khusus.

Anda dapat membeli S Pen Pro dan S Pen Fold Edition sebagai aksesori tambahan. Kedua jenis pena ini tersedia secara terpisah dengan harga yang cukup mahal.

Itulah beberapa kelemahan yang harus dipertimbangkan sebelum membeli Samsung Galaxy Z Fold3 5G. Meskipun memiliki banyak kelebihan, seperti desain yang inovatif dan fleksibilitas, beberapa kekurangan tersebut mungkin memengaruhi pengalaman penggunaan dan keputusan pembelian Anda.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.