Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Z Flip3 5G

Samsung telah meluncurkan dua ponsel lipat terbaru, yaitu Galaxy Z Flip3 5G (dan Galaxy Z Fold3 5G) dalam acara Galaxy Unpacked 2021. Kedua ponsel lipat ini merupakan inovasi yang menghadirkan pengalaman baru dalam penggunaan ponsel untuk memperkaya kehidupan sehari-hari.

Samsung Galaxy Z Flip3 5G
Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip3 5G
  • Rilis : Juli 2021
  • Layar : 6.7 inci Foldable Dynamic AMOLED 2X 120Hz HDR10+
  • Chipset : Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 5G (5nm)
  • GPU : Adreno 660
  • RAM : 8 GB
  • Memori Internal : 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal : Tidak tersedia
  • Kamera Belakang : 12 MP (wide), 12 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan : 10 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 3300 mAh, Fast Charging 15W

Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip3 5G dan Harganya

Galaxy Z Flip3 memungkinkan pengguna melipat ponsel mereka, sementara Fold3 dapat digambarkan sebagai "tablet lipat". Kedua model ini populer di kalangan konsumen yang ingin mencoba konsep ponsel lipat baru dari Samsung, meninggalkan kebosanan dengan desain ponsel konvensional.

Kami akan menyajikan spesifikasi, harga, kelebihan, dan kekurangan Samsung Galaxy Z Flip3 5G. Penting bagi Anda untuk mengetahui peningkatan kualitas dan fitur yang ditawarkan model ini dibandingkan dengan model sebelumnya sebelum Anda memutuskan untuk membelinya. Berikut adalah spesifikasi ponsel tersebut untuk Anda.

Baca juga : Mari Simak 9 Kelebihan dan Kekurangan Redmi 9T Ini

Kelebihan Samsung Galaxy Z Flip3 5G

Anda tidak perlu menunggu lama untuk melihat Galaxy Z Flip3 5G yang baru terungkap, setelah melihat spesifikasinya. Berikut adalah 7 manfaat menarik yang perlu Anda ketahui.

1. Inovasi Ponsel Lipat yang Semakin Menarik

Galaxy Z Flip3 adalah ponsel lipat yang mengesankan. Meskipun teknologinya tidak berbeda jauh dari generasi sebelumnya, pengalaman pengguna Z Flip3 jauh lebih baik. Layar sampul Z Flip3 memiliki lebih banyak fungsi, memungkinkan Anda melihat notifikasi, membaca pesan, dan bahkan menggunakan layar sampul sebagai jendela bidik untuk selfie.

Anda juga dapat mengubah layar sampul menjadi cermin dengan menekan tombol volume di samping. Selain itu, tombol volume di samping dapat digunakan untuk mengambil foto atau menutup ponsel. Dengan mode Flex, Anda dapat menggunakan ponsel untuk panggilan video tanpa harus memegangnya dengan kedua tangan. Cukup lipat layarnya menjadi sudut 90 derajat dan letakkan ponsel di atas meja, dan telepon akan berdiri sendiri.

Tidak hanya pengalaman pengguna yang ditingkatkan, tetapi layar dan engselnya juga lebih kuat dan tahan lama. Galaxy Z Flip3 mengatasi kekhawatiran yang mungkin ada pada Z Flip versi sebelumnya.

2. Desain Ringan, Kuat, dan Tahan Air

Galaxy Z Flip3 memiliki desain yang lebih kokoh dan ergonomis dibandingkan dengan Galaxy Z Flip sebelumnya. Ponsel ini dilengkapi dengan lapisan pelindung Gorilla Glass Victus di bagian depan dan belakangnya, serta bingkai aluminium dan plastik polikarbonat. Ketebalannya saat dilipat adalah 15,9 hingga 17,1 milimeter, lebih tipis dari Z Flip sebelumnya. Dalam keadaan terbuka, ketebalannya adalah 7,2 mm. Galaxy Z Flip3 juga memiliki sertifikasi IPX8, yang berarti tahan air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

3. Layar AMOLED dengan Kecepatan Refresh Rate 120Hz

Galaxy Z Flip3 dilengkapi dengan layar AMOLED dengan kecepatan refresh rate 120Hz. Layar ini memberikan pengalaman yang mulus saat menggulir konten dan bermain game dengan kecepatan refresh yang tinggi. Layarnya memiliki ukuran 6,7 inci dengan resolusi 1080x2640 piksel, dan tampilan yang cerah dan penuh warna. Layar penutupnya juga ditingkatkan, dengan ukuran 1,9 inci dan resolusi 260 x 512 piksel.

4. Performa yang Mengesankan dengan Snapdragon 888

Galaxy Z Flip3 dilengkapi dengan chipset Snapdragon 888, yang memberikan performa yang mengesankan. Snapdragon 888 memiliki fabrikasi 5 nm dan kartu grafis Adreno 660. Ponsel ini mampu bersaing dalam hal kinerja gaming dan pengeditan foto/video. Dengan RAM LPDDR5 8GB, Anda dapat menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan dengan lancar. Galaxy Z Flip3 juga mampu menjalankan game berat seperti Genshin Impact dengan pengaturan grafis tertinggi dan menjaga frame rate yang stabil.

5. Desain Modern dengan Beragam Warna

Galaxy Z Flip3 hadir dengan desain yang mirip dengan generasi sebelumnya, tetapi kini dengan lebih banyak pilihan warna. Anda dapat mengekspresikan individualitas Anda dengan memilih warna yang sesuai dengan gaya Anda. Warna-warna yang tersedia meliputi hitam, putih, merah muda, abu-abu, hijau, ungu, dan tembaga.

6. Mendukung Konektivitas WiFi 6 dan 5G

Galaxy Z Flip3 mendukung konektivitas 5G, yang menawarkan kecepatan unduh yang cepat dan andal. Selain itu, ponsel ini juga mendukung konektivitas WiFi 6, NFC, dan Bluetooth 5.1. Dengan konektivitas yang canggih ini, Anda dapat menikmati koneksi internet yang lebih cepat dan stabil.

7. Harga yang Terjangkau

Salah satu kelebihan Galaxy Z Flip3 adalah harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Samsung menawarkan Galaxy Z Flip3 dengan harga yang lebih rendah pada tahun 2021. Varian termurahnya dibanderol sekitar Rp14.999.000 (RAM 8GB/128GB), sehingga menjadi pilihan yang lebih hemat. Dengan harga ini, Galaxy Z Flip3 dapat bersaing dengan ponsel flagship lainnya yang lebih mahal, sambil tetap menawarkan fitur-fitur yang menarik.

Jadi, jika Anda mencari ponsel lipat dengan pengalaman pengguna yang baik, desain yang menarik, performa yang tangguh, dan harga yang terjangkau, Galaxy Z Flip3 adalah pilihan yang tepat untuk dipertimbangkan.

Baca juga : Ini 7 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Note 20 Ultra 5G

Kekurangan Samsung Galaxy Z Flip3 5G

Walaupun Samsung Galaxy Z Flip3 5G memiliki banyak keunggulan, tidak dapat dipungkiri bahwa terdapat beberapa kekurangan yang bisa mengecewakan. Berikut adalah 3 poin utama yang perlu diperhatikan:

1. Kamera yang Tidak Mengalami Peningkatan

Galaxy Z Flip3 5G menawarkan pengalaman pengguna yang menakjubkan. Anda dapat menggunakan kamera belakang untuk selfie dengan menggunakan layar sekunder di bagian belakang sebagai jendela bidik atau cermin.

Namun, kami merasa kecewa karena spesifikasi kamera pada Galaxy Z Flip3 belum mengalami peningkatan yang signifikan. Konfigurasi kamera belakang masih sama seperti sebelumnya, dan meskipun mampu mengambil foto berkualitas, kamera ini tidak sebanding dengan ponsel flagship lainnya.

2. Baterai yang Kecil dengan Pengisian yang Lambat

Galaxy Z Flip3 memiliki kapasitas baterai yang kecil, hanya 3.300 mAh, dan tidak mendukung pengisian cepat dengan kecepatan tinggi. Hal ini bisa menjadi kekurangan jika dibandingkan dengan ponsel andalan lainnya yang memiliki daya pengisian yang lebih cepat.

CNET Monitoring telah menunjukkan bahwa masa pakai baterai Galaxy Z Flip3 tidak termasuk yang terbaik dalam kisaran harga yang sama. Ponsel ini hanya bertahan sekitar 11 jam dengan kecerahan layar setengah dan refresh rate 120Hz.

3. Tidak Termasuk Charger

Seperti tren terbaru dalam industri smartphone, Samsung juga memutuskan untuk tidak menyertakan charger dalam kotak pembelian Galaxy Z Flip3. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi jejak karbon dan mengurangi penggunaan material kemasan. Namun, hal ini mungkin menjadi sedikit janggal mengingat Galaxy Z Flip3 memiliki harga yang cukup tinggi.

Meskipun demikian, Galaxy Z Flip3 tetap merupakan ponsel lipat yang menarik dengan desain yang praktis dan pengalaman pengguna yang unik. Diharapkan dengan perkembangan teknologi, ponsel lipat akan semakin meningkatkan fitur dan harga yang lebih terjangkau. Galaxy Z Flip3 dapat menjadi pilihan yang menarik, tetapi perlu diingat juga tentang kekurangannya sebelum membuat keputusan pembelian.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.