Ini 7 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Note 20 Ultra 5G!

Samsung baru-baru ini mengumumkan flagship terbarunya, yaitu Galaxy Note 20 5G dan Galaxy Note 20 Ultra 5G, dalam acara Galaxy Unpacked bulan Agustus yang lalu. Kedua perangkat ini datang dengan sejumlah peningkatan dan juga ditambahkan beberapa produk wearable dan tablet.

Samsung Galaxy Note20 Ultra 5G
Spesifikasi Samsung Galaxy Note20 Ultra 5G
  • Rilis : Juli 2021
  • Layar : 6.9 inci Dynamic AMOLED 2X 120Hz HDR10+ ~496ppi
  • Chipset : Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 5G (5nm)
  • GPU : Exynos 990 (7nm+)
  • RAM : 12 GB
  • Memori Internal : 256 GB, 512 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 108 MP (wide), 12 MP (periscope telephoto), 12 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan : 10 MP (wide)
  • Baterai : Li-Ion 4500 mAh, Fast Charging 25W

Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy Note20 Ultra 5G dan Harganya

Seperti biasa, ketika Samsung meluncurkan perangkat high-end baru, terdapat sejumlah upgrade yang ditawarkan kepada pengguna.

Salah satu peningkatan yang ditawarkan oleh keluarga Galaxy Note 20 adalah platform yang lebih kuat, teknologi dan fitur canggih pada kamera dan video, dukungan untuk teknologi nirkabel Ultra Wide Band yang baru, integrasi aplikasi Microsoft, dan beberapa fitur baru lainnya.

Jika kalian menyukai smartphone dengan layar luas yang mirip dengan phablet, maka Note 20 Ultra 5G merupakan pilihan menarik untuk dipertimbangkan. Namun, sebelum memutuskan, ada baiknya mengetahui kelebihan dan kekurangan Note 20 Ultra 5G berikut ini.

Baca juga : Ini 9 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M32!

Kelebihan Samsung Galaxy Note 20 Ultra 5G

Samsung Note 20 Ultra memang memiliki banyak kelebihan yang bisa langsung dilihat, selain dukungan jaringan 5G yang sudah menjadi andalannya. Berikut ini adalah beberapa kelebihan menarik yang bisa kalian dapatkan dengan harga mulai dari 17 jutaan:

1. Layar Dynamic AMOLED Quad HD+

Untuk kalian yang menginginkan pengalaman visual yang luas, Note 20 Ultra 5G hadir dengan layar Dynamic AMOLED quad HD+ berukuran 6,9 inci. Kelebihan lainnya adalah kecepatan refresh 120Hz yang dinamis, yang pertama kali ditawarkan oleh Samsung pada ponsel ini.

Dengan refresh rate yang lebih cepat dari seri Galaxy sebelumnya, pengalaman pengguliran layar akan lebih mulus dan visual yang lebih baik, terutama saat bermain game dan menonton film. Kecepatan refresh layar ini juga akan menyesuaikan secara otomatis berdasarkan konten yang ditampilkan untuk menghemat daya baterai.

Layar Dynamic AMOLED merupakan teknologi tampilan baru yang diperkenalkan oleh Samsung pada keluarga Galaxy S10 pada tahun 2019. Layar ini merupakan layar Super AMOLED dengan dukungan tambahan HDR10+. Selain itu, layar Dynamic AMOLED juga telah mendapatkan sertifikasi kualitas mata dari TUV Rheinland karena emisi cahaya birunya yang rendah. Dengan begitu, penggunaan layar ini lebih aman dan nyaman dibandingkan dengan layar LCD lainnya di pasaran.

2. Dukungan Stylus Pen

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh Samsung melalui Note 20 Ultra adalah adanya fitur S Pen yang menjadi primadona. S Pen pada seri ini hadir dengan lima aksi Anywhere baru, yang dibangun di atas fitur Air Actions dari seri Galaxy Note 10.

Kalian dapat kembali ke layar beranda, mengambil screenshot, kembali ke aplikasi terbaru, dan melakukan berbagai tindakan lainnya melalui gerakan-gerakan tertentu.

Tidak hanya itu, Note 20 Ultra 5G juga dapat menyinkronkan catatan dengan rekaman suara, sehingga memudahkan akses saat kalian membutuhkannya. Fitur ini sangat cocok bagi pengguna yang produktif dan sering bekerja secara digital.

3. Sensor Kamera yang Mendukung Fotografi Epik

Sebagai flagship terbaru, Galaxy Note 20 Ultra 5G dilengkapi dengan kombinasi sensor kamera yang menakjubkan. Kamera utamanya menggunakan lensa wide angle 108MP. Selain itu, terdapat juga kamera ultrawide dan telefoto dengan resolusi 12MP.

Samsung menggunakan sistem periskop "terlipat" untuk kamera telefoto, di mana sensornya ditempatkan di belakang cermin yang memperluas jangkauan zoom optik hingga 5x. Samsung juga menyediakan fitur "Space Zoom" yang menggabungkan zoom optik dan digital hingga 50x. Meskipun S20 Ultra memiliki jumlah megapiksel yang lebih tinggi dan menawarkan zoom 100x, Note 20 Ultra 5G tetap memiliki kemampuan fotografi yang mengesankan.

Kamera ini juga mampu merekam video dalam resolusi 8K dengan rasio aspek 21:9 hingga 24 frame per detik. Terdapat juga mode Pro Video baru yang memungkinkan kalian mengontrol fokus, eksposur, dan kecepatan zoom. Kalian juga dapat menggunakan mikrofon bawaan atau mikrofon eksternal seperti Galaxy Buds Live untuk merekam audio yang berkualitas.

4. Chipset Kencang dan Baterai Besar

Di Indonesia, Note 20 Ultra 5G menggunakan chipset Exynos 990 buatan Samsung, sedangkan di pasar Amerika Serikat menggunakan chipset Snapdragon. Performa dari Exynos 990 tetap sangat andal dan mampu memberikan daya pada kamera utama 108MP serta merekam video 8K pada 30fps.

Note 20 Ultra 5G juga didukung oleh RAM hingga 12GB dan penyimpanan internal 256GB atau 512GB. Penyimpanan ini didukung oleh teknologi LPDDR5 yang memberikan kecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan LPDDR4.

Perangkat ini juga dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.500 mAh yang cukup besar, sehingga mampu menemani kalian seharian penuh untuk berbagai kebutuhan.

5. Perlindungan yang Baik

Samsung Note 20 Ultra 5G juga dilengkapi dengan lapisan Corning Gorilla Glass Victus di bagian belakang, yang memberikan perlindungan lebih baik dan nyaman saat penggunaan. Selain itu, perangkat ini juga memiliki sertifikasi IP68, yang berarti tahan terhadap debu dan tahan terendam air hingga kedalaman 1,5 meter.

Itulah beberapa kelebihan menarik dari Samsung Note 20 Ultra 5G yang bisa kalian dapatkan. Dengan fitur-fitur unggulannya, perangkat ini sangat cocok bagi mereka yang menginginkan pengalaman ponsel yang canggih dan kreatif.

Baca juga : Yuk Cari Tahu 7 Kelebihan dan Kekurangan Mi 11 Ini!

Kekurangan Samsung Galaxy Note 20 Ultra 5G

Setelah mengetahui berbagai kelebihan yang menarik dari Samsung Note 20 Ultra 5G, saatnya kita mengulas beberapa kekurangannya:

1. Fast Charger Hanya 25W

Sayangnya, Samsung hanya menyediakan fast charger dengan daya 25W untuk Note 20 Ultra 5G. Hal ini bisa menjadi kekecewaan bagi beberapa pengguna, terutama jika dibandingkan dengan banyaknya smartphone di pasaran yang sudah mendukung fast charging dengan daya 65W bahkan pada harga yang lebih terjangkau.

2. Harga Relatif Mahal

Untuk memperoleh Samsung Note 20 Ultra 5G, kalian perlu mengeluarkan biaya yang cukup tinggi, dengan harga mulai dari 17 jutaan untuk varian dasar dengan RAM 12GB dan penyimpanan internal 256GB. Meskipun harga selalu relatif, namun jika dibandingkan dengan standar perangkat high-end dan spesifikasi yang ditawarkan, harga Note 20 Ultra 5G terbilang cukup mahal.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu diketahui mengenai Samsung Note 20 Ultra 5G. Meskipun memiliki kekurangan tersebut, varian Ultra dari keluarga Note 20 ini tetap mengesankan secara keseluruhan dan cocok bagi pengguna yang membutuhkan perangkat yang produktif.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.