Cara Screenshot Xiaomi Redmi 10A Panjang, Gesture 3 Jari

Cara Screenshot Xiaomi Redmi 10A

Banyak cara untuk mengambil tangkapan layar di Xiaomi Redmi 10A, baik dengan tombol fisik maupun tanpa tombol fisik. Tangkapan layar adalah fitur yang sangat berguna pada ponsel Android, seperti Xiaomi Redmi 10A, karena memungkinkan Anda untuk menyimpan gambar layar yang mungkin Anda ingin tunjukkan kepada teman atau simpan untuk referensi di kemudian hari.

Jika Anda baru saja membeli Xiaomi Redmi 10A atau ingin mempelajari cara mengambil tangkapan layar dengan ponsel ini, kami akan membahas metode tersebut. Artikel ini akan menjelaskan cara mengambil tangkapan layar, baik yang panjang maupun pendek, dengan atau tanpa menggunakan tombol fisik di Xiaomi Redmi 10A.

Baca juga : Cara Menonaktifkan Notifikasi Peramban di HP Oppo

Cara Screenshot di HP Xiaomi Redmi 10A dengan Tombol

Xiaomi Redmi 10A telah menyediakan tiga metode berbeda yang memungkinkan pengguna untuk mengambil tangkapan layar atau screenshot.

Metode pertama, yang paling umum digunakan, adalah cara tradisional menggunakan tombol fisik di ponsel. Ini adalah metode yang mudah dan sudah dikenal banyak orang.

Caranya adalah dengan menekan tombol daya (power) dan tombol volume bawah (volume down) secara bersamaan. Anda harus menekan keduanya secara bersamaan dan tahan sejenak. Jangan lepaskan hingga layar berkedip putih. Ketika layar berkedip putih, itu berarti tangkapan layar telah berhasil diambil.

Setelah mengambil tangkapan layar, akan muncul bilah menu kecil di bagian bawah layar. Di dalam bilah menu tersebut, Anda akan menemukan tiga tombol. Tombol pertama digunakan untuk mengedit atau memotong gambar.

Tombol kedua adalah opsi Scroll Capture, yang memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar panjang. Sedangkan tombol ketiga digunakan untuk berbagi gambar melalui media sosial atau aplikasi obrolan seperti WhatsApp dan LINE.

Cara Screenshot HP Xiaomi Redmi 10A Tanpa dengan Tombol Gesture 3 Jari

Jika Anda mengalami kendala dengan tombol perangkat keras, misalnya tombol rusak, Anda dapat menggunakan alternatif lain untuk mengambil screenshot di Xiaomi Redmi 10A, yaitu dengan fitur "Palm Swipe to Capture."

Untuk mengaktifkan fitur ini, buka Pengaturan -> Fitur Lanjutan -> Gerakan dan Gerakan. Di sana, Anda akan menemukan opsi yang disebut "Palm swipe to capture." Biasanya, opsi ini dinonaktifkan secara default.

Ketuk opsi tersebut untuk mengaktifkannya. Setelah diaktifkan, Anda dapat mengambil tangkapan layar dengan cara menggeser tangan Anda melintasi layar dari sisi ke sisi. Ketika Anda melakukannya, ponsel akan bergetar untuk menandakan bahwa tangkapan layar telah berhasil diambil. Fitur ini merupakan solusi yang mudah dan tidak memerlukan penggunaan tombol fisik.

Baca juga : Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di HP Android

Cara Screenshot Panjang di HP Xiaomi Redmi 10A

Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk mengambil screenshot panjang di Xiaomi Redmi 10A, baik dengan menggunakan tombol fisik maupun tanpa tombol fisik:

Langkah 1: Tahan tombol 'Volume down' dan tombol 'Power' secara bersamaan.

Langkah 2: Setelah itu, tahan tombol 'Scroll capture' yang akan muncul untuk mengambil tangkapan layar panjang.

Langkah 3: Hasil screenshot akan secara otomatis tersimpan dalam File Manager atau aplikasi galeri pada Xiaomi Redmi 10A Anda.

Jika gambar hasil screenshot tidak muncul di galeri HP, Anda dapat memeriksanya di folder lain atau tunggu beberapa saat. Juga, mencoba me-restart smartphone sebagai langkah awal.

Baca juga : Cara Screenshot Vivo Y33s

Demikian panduan sederhana mengenai cara mengambil screenshot panjang di Xiaomi Redmi 10A, baik dengan atau tanpa tombol fisik, tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.