4 Cara Screenshot Redmi 8, 8A, 8A Pro Panjang, Tiga Jari dan Tombol

Cara Screenshot Redmi 8, 8A, 8A Pro

Seperti halnya dengan HP Xiaomi lainnya, tiga ponsel entry-level Xiaomi, yaitu Redmi 8, 8A, dan 8A Pro, juga menyediakan beberapa opsi untuk mengambil tangkapan layar atau screenshot.

Dalam hal ini, ada setidaknya 5 pilihan yang dapat Anda gunakan. Pertama, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol fisik pengatur suara bawah dan tombol daya. Kedua, Anda dapat melakukan tangkapan layar tanpa harus menggunakan tiga jari. Ketiga, Anda dapat melakukannya tanpa harus menggunakan tombol pintasan notifikasi. Keempat, Anda dapat menggunakan bola pintasan untuk melakukan tangkapan layar. Terakhir, Anda dapat menggunakan opsi screenshot panjang (long capture).

Tangkapan layar pada dasarnya adalah proses untuk mengambil dan menyimpan cuplikan layar ke galeri untuk keperluan dokumentasi, bukti pembayaran, berbagi di media sosial, pembuatan tutorial, dan sebagainya.

Jika Anda ingin mengetahui bagaimana cara melakukan tangkapan layar pada HP Xiaomi Redmi 8, 8A, dan 8A Pro, berikut adalah tutorialnya.

1. Cara Screenshot Memakai Tombol Fisik 2 Jari

Metode tangkapan layar menggunakan tombol fisik dua jari pada ketiga ponsel ini tidak jauh berbeda dengan metode umum pada smartphone Android. Anda juga dapat menggunakan kombinasi "Volume Bawah + Power".

Caranya adalah dengan menekan kedua tombol tersebut secara bersamaan selama sekitar 1 hingga 2 detik. Ketika tangkapan layar berhasil, layar akan berkedip dan Anda akan mendengar suara seperti shutter.

Hasil tangkapan layar biasanya akan muncul secara otomatis di sudut kanan atas layar dan dapat langsung Anda ketuk untuk melihat hasilnya. Tangkapan layar ini juga akan disimpan secara otomatis dalam folder Galeri > Screenshot.

Baca juga : Cara membuat Wallpaper Berganti Otomatis di HP Android

2. Cara Screenshot Tanpa Tombol

Anda dapat mengambil tangkapan layar tanpa menggunakan tombol fisik (perangkat keras) dengan dua cara, yaitu melalui fitur Pintasan Bar Notifikasi dan dengan swipe 3 jari.

2.1. Screenshot Melalui Bar Notifikasi

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan tangkapan layar melalui Bar Notifikasi:

  • Buka layar yang ingin Anda tangkap.
  • Geser ke bawah pada Bar Notifikasi untuk membuka ikon notifikasi tambahan.
  • Ketuk ikon "Screenshot / Tangkapan Layar" untuk mengambil tangkapan layar.
  • Seperti biasa, layar akan berkedip atau mengeluarkan suara seperti shutter ketika tangkapan layar berhasil diambil.
  • Anda dapat mengetuk hasil tangkapan layar yang muncul di sudut kanan atas atau masuk ke folder galeri untuk melihat hasilnya.

2.2. Screenshot Memakai Fitur Swipe 3 Jari

Metode Swipe 3 Jari untuk mengambil tangkapan layar sedikit berbeda dan perlu diaktifkan terlebih dahulu melalui menu pengaturan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka menu "Pengaturan" (Settings).
  • Navigasikan ke bagian "Setelan Tambahan" (Additional Settings).
  • Pilih "Pintasan Tombol & Gerakan" (Button & Gesture Shortcuts).
  • Di dalam opsi "Ambil Screenshot" (Take a Screenshot), aktifkan "Geser Kebawah dengan 3 Jari" (Swipe Down with 3 Fingers).
  • Setelah diaktifkan, Anda dapat langsung menggunakannya dengan mengusap layar dari atas ke bawah menggunakan 3 jari secara bersamaan.

Baca juga : Cara Screenshot HP OPPO

2.3. Screenshot Melalui Bola Pintas (Quick Ball)

Sama seperti metode Swipe 3 Jari, fitur ini juga perlu diaktifkan melalui pengaturan. Tujuannya adalah untuk mengaktifkan bola pintasan yang muncul di samping layar dan berisi beberapa tombol pintasan, termasuk ikon tangkapan layar.

Berikut langkah-langkahnya untuk mengaktifkannya:

  • Buka Pengaturan (Settings).
  • Navigasikan ke bagian "Pengaturan Tambahan" (Additional Settings).
  • Pilih "Bola Pintas" (Quick Ball).
  • Aktifkan opsi "Bola Pintas" (Enable Quick Ball).

Untuk menggunakannya, cukup masuk ke area layar yang ingin Anda tangkap, lalu ketuk bola pintas kecil yang muncul di layar. Setelah itu, Anda dapat memilih opsi "Screenshot" atau "Tangkapan Layar".

3. Cara Screenshot Panjang di Redmi 8, 8A, dan 8A Pro

Selain keempat metode yang telah dijelaskan sebelumnya, HP Xiaomi Redmi 8, 8A, dan 8A Pro juga menyediakan opsi untuk melakukan Tangkapan Layar Panjang (long screenshot), yang serupa dengan smartphone Android lainnya.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama, lakukan tangkapan layar menggunakan salah satu dari empat metode yang telah dijelaskan sebelumnya.
  • Setelah hasil tangkapan layar muncul di sudut kanan atas layar, ketuk opsi "Scroll / Gulir" yang terletak di bawah hasil tangkapan tersebut.
  • Secara otomatis, layar akan menggulung (tergulir ke bawah) dengan sendirinya.
  • Tekan "Done / Selesai" ketika sudah mencapai batas layar yang ingin Anda tangkap.
  • Terakhir, pilih "Simpan" untuk menyimpan hasil tangkapan layar panjang tersebut.

Baca juga : Cara Screenshot Vivo Y12i

Demikianlah tutorial lengkap tentang cara mengambil Tangkapan Layar / Screenshot pada HP Xiaomi Redmi 8, Redmi 8A, dan Redmi 8A Pro. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.