Mudah, Begini Cara Screenshot Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro

Cara Screenshot Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro

Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro adalah smartphone flagship terbaru dari Xiaomi yang telah dirilis di Indonesia pada Maret 2022. Bagaimana cara mengambil tangkapan layar (screenshot) di Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro?

Kedua ponsel ini mengusung prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1, dengan perbedaan utama terletak pada konfigurasi memori. Xiaomi 12 hadir dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB, sementara Xiaomi 12 Pro memiliki RAM yang lebih besar, yaitu 12 GB, dengan penyimpanan internal 256 GB.

Terdapat empat cara yang berbeda untuk mengambil screenshot di Xiaomi 12 Series, yaitu melalui Tombol Fisik, Status Bar, Gesture 3 Jari, dan Menu Aksesibilitas.

Baca juga : Cara Private Number di HP Xiaomi dengan Mudah dan Praktis

Cara Screenshot di HP Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro

Menggunakan Tombol Power + Volume Down

Pengguna Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar hanya dengan menekan tombol power dan tombol volume bawah secara bersamaan.

Caranya, buka area yang ingin Anda tangkap layar, lalu tekan tombol daya dan volume bawah secara bersamaan. Lepaskan tombol tersebut segera setelah layar ponsel berkedip atau Anda mendengar bunyi rana kamera.

Jika berhasil, Anda akan melihat pratinjau tangkapan layar di layar, yang akan hilang dengan sendirinya jika tidak disentuh. Untuk melihat hasil tangkapan layar, Anda dapat melihatnya melalui notifikasi atau langsung membukanya di aplikasi Galeri.

Melalui Status Bar

Cara kedua untuk mengambil tangkapan layar di Xiaomi 12 sangat mudah. Pengguna Xiaomi 12 Series dapat memanfaatkan fitur Tangkapan Layar yang terdapat di Status Bar.

Anda bisa menggunakan fitur ini dengan mengusap layar dari atas ke bawah untuk mengakses notifikasi, lalu cari opsi Screenshot yang memiliki ikon gunting, dan ketuk itu. Dengan demikian, Anda akan berhasil mengambil tangkapan layar.

Baca juga : Cara Mengganti Tema di HP Xiaomi dengan Mudah

Screenshot Xiaomi 12 dengan 3 Jari

Hampir semua smartphone Android saat ini sudah dilengkapi dengan fitur Screenshot 3 Jari, termasuk Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro. Namun, pada Xiaomi 12 Series, Anda perlu mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Cara mengaktifkan Screenshot 3 Jari di Xiaomi 12 Series sangat mudah. Anda bisa melakukannya dengan masuk ke Pengaturan > Setelan Tambahan > Pintasan Gerakan > Ambil Screenshot > Geser ke Bawah dengan 3 Jari. Setelah mengaktifkannya, Anda dapat langsung menggunakan fitur ini untuk mengambil tangkapan layar dengan tiga jari.

Lewat Menu Aksesibilitas

Menu Aksesibilitas juga menawarkan kemudahan bagi pengguna Xiaomi 12 dalam mengambil cuplikan layar. Seperti halnya fitur Screenshot 3 Jari, Anda harus mengaktifkan opsi ini terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Anda bisa mengaktifkannya dengan pergi ke Pengaturan > Setelan Tambahan > Aksesibilitas > Pintasan Menu Aksesibilitas. Setelah diaktifkan, Anda akan melihat tombol Menu Aksesibilitas muncul di layar. Cukup klik tombol tersebut dan pilih opsi Screenshot untuk mengambil tangkapan layar.

Baca juga : Cara Screenshot Vivo Y21, Y21s dan Y21T

Jadi, itulah keempat cara yang dapat digunakan untuk mengambil tangkapan layar di Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.