5 Cara Screenshot Xiaomi Redmi Note 9 dan Note 9 Pro

Cara Screenshot Xiaomi Redmi Note 9 dan Note 9 Pro

Tidak jauh berbeda dengan smartphone Xiaomi berbasis OS Android 10 dengan ROM MIUI 10, 11, dan 12 lainnya, tiga ponsel terbaru yaitu Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro juga menyediakan beberapa fitur menarik untuk mengambil Tangkapan Layar.

Dalam hal ini, terdapat 5 opsi yang dapat Anda pilih, termasuk penggunaan tombol fisik dengan 2 jari, pengambilan tanpa tombol dengan menggesek layar menggunakan 3 jari, menggunakan bar notifikasi, bola pintasan, dan tangkapan layar panjang (long capture).

Tangkapan layar sendiri adalah cara untuk mengambil dan menyimpan cuplikan layar ke dalam folder galeri untuk keperluan dokumentasi, bukti pembayaran, berbagi di media sosial, pembuatan tutorial, dan lain sebagainya.

Jika Anda masih merasa bingung tentang bagaimana cara mengambil atau menyimpan tangkapan layar pada HP Xiaomi Redmi Note 9 atau Note 9 Pro, berikut panduannya dari Teknoindie.com, lengkap dengan gambar untuk memudahkan Anda dalam melakukannya.

1. Screenshot Menggunakan Tombol di Redmi Note 9 dan Note 9 Pro

Metode klasik yang paling umum dan mudah digunakan untuk mengambil Tangkapan Layar pada Redmi Note 9 dan Note 9 Pro adalah dengan menggunakan tombol fisik dengan 2 jari, yaitu dengan menekan tombol Volume Bawah + Power secara bersamaan atau menahan kedua tombol tersebut selama kurang lebih 2 detik.

Ketika proses pengambilan tangkapan layar berhasil dilakukan, layar akan berkedip dan Anda akan mendengar suara seperti shutter (suara kamera). Selain itu, preview dari tangkapan layar akan muncul tepat di sudut kanan atas layar. Anda dapat mengetuk preview tersebut untuk melihat hasilnya atau melihatnya di dalam menu Galeri > Screenshot.

Meskipun metode ini sangat mudah dan praktis, perlu diingat bahwa penggunaan berulang dapat mengakibatkan kerusakan pada kedua tombol tersebut. Untuk mengatasi hal ini, ada alternatif lain yaitu "Tangkapan Layar Tanpa Tombol".

Baca juga : Cara Mematikan Sensor Proximity di HP OPPO

2. Screenshot Tanpa Tombol di Redmi Note 9 dan Note 9 Pro

Tidak jauh berbeda dengan smartphone Android lainnya, seri Redmi Note 9 juga menyediakan beberapa opsi tangkapan layar tanpa menggunakan tombol fisik. Dalam hal ini, terdapat tiga opsi yang tersedia, yaitu mengusap layar menggunakan 3 jari, menggunakan bar notifikasi, dan bola pintasan.

Secara default, ketiga fitur ini biasanya belum aktif. Oleh karena itu, Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu melalui menu pengaturan. Untuk panduan dan cara penggunaannya, silakan simak langkah-langkah berikut ini.

2.1. Cara Screenshot Melalui Usap Layar (Swipe 3 Jari)

Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan tangkapan layar melalui penggeseran layar dengan 3 jari pada Redmi Note 9 Series:

  • Buka menu "Pengaturan" (Settings).
  • Navigasikan ke "Setelan Tambahan" (Additional Settings) > "Pintasan Tombol" (Button Shortcut) > "Ambil Screenshot" (Take Screenshot).
  • Untuk mengaktifkannya, cukup ketuk "Geser Kebawah dengan 3 Jari".
  • Setelah diaktifkan, Anda dapat langsung menggunakannya. Caranya adalah dengan menggeser layar dari atas ke bawah menggunakan 3 jari sekaligus.
  • Seperti biasanya, layar ponsel akan berkedip dan mengeluarkan suara seperti shutter ketika tangkapan layar berhasil diambil.
  • Anda dapat memeriksa hasil tangkapan layar tersebut di galeri.

Baca juga : Cara Mengaktifkan Ketuk Layar 2 Kali di HP OPPO

2.2. Cara Screenshot Melalui Bar Notifikasi

Untuk melakukan tangkapan layar di HP Redmi Note 9 dan Note 9 Pro melalui bar notifikasi, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pilih area yang ingin Anda tangkap.
  • Selanjutnya, geser ke bawah pada Bar Notifikasi atau menu Drop Down yang terletak di bagian atas layar.
  • Setelah itu, ketuk ikon "Gunting" yang memiliki tulisan "Screenshot / Tangkap Layar" di bawahnya.
  • Layar akan berkedip dan mengeluarkan suara seperti shutter ketika tangkapan layar berhasil diambil.
  • Hasil tangkapan layar akan muncul di sudut kanan atas layar dan secara otomatis akan disimpan di Galeri.

2.3. Cara Screenshot Melalui Bola Pintasan (Quick Ball)

Tidak jauh berbeda dengan metode Swipe 3 Jari yang telah dijelaskan sebelumnya, fitur bola pintasan juga perlu diaktifkan terlebih dahulu sebelum dapat digunakan. Untuk mengaktifkannya, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke menu "Pengaturan" (Settings).
  2. Selanjutnya, navigasikan ke "Pengaturan Tambahan" (Additional Settings) > "Bola Pintas" (Quick Ball).
  3. Kemudian, aktifkan tombol aktivasi dengan menggeser toggle pada opsi "Hidupkan Bola Pintas" menjadi "On".

Ketika fitur ini telah diaktifkan, Anda akan melihat sebuah garis tipis kecil yang melengkung di sisi kanan layar. Untuk menggunakannya, cukup masuk ke area layar yang ingin Anda tangkap, lalu usap ke kanan pada ikon tersebut hingga muncul bola pintasan, dan akhirnya pilih ikon "Gunting".

Baca juga : Cara Mengatasi HP Android yang Sering Mati Sendiri

3. Screenshot Panjang di Redmi Note 9 dan Note 9 Pro

Selain metode-metode yang telah dijelaskan sebelumnya, smartphone Xiaomi Redmi Note 9 atau Note 9 Pro juga menyediakan opsi untuk mengambil tangkapan layar yang memanjang ke bawah, atau yang dikenal sebagai "Tangkapan Layar Panjang".

Hal yang menarik dari fitur ini adalah Anda dapat menggunakannya tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, ambil tangkapan layar menggunakan salah satu dari 4 metode yang telah dijelaskan sebelumnya (tombol 2 jari atau tanpa tombol).
  2. Ketuk opsi "Scroll / Gulir" pada hasil tangkapan yang muncul di sudut kanan atas layar (lihat gambar untuk lebih jelasnya).
  3. Selanjutnya, ketuk opsi "Gulir / Scroll" untuk memulai tangkapan layar panjang.
  4. Layar akan mulai menggulir secara berkelanjutan.
  5. Ketika sudah mencapai bagian yang ingin Anda tangkap dalam tangkapan layar panjang, ketuk opsi "Done / Selesai".
  6. Terakhir, pilih "Simpan" agar hasil tangkapan layar panjang tersebut tersimpan di galeri.

Fitur tangkapan layar ini sebenarnya sama di seluruh HP Xiaomi Redmi Note 9 Series, baik yang menjalankan sistem operasi Android Oreo 8.0/8.1, Pie 9.0, hingga yang terbaru saat ini, Android Q 10.0. Hanya perbedaan pada posisi tombol fisik, tampilan preview, atau konfigurasi menu pengaturan. Namun, dasarnya tetap sama.

Baca juga : Cara Screenshot Vivo Y30, Y30i, Y50 dan Y51

Demikianlah tutorial tentang cara mengambil Tangkapan Layar di HP Xiaomi Redmi Note 9 / Note 9 Pro. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih atas kunjungannya!

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.