4 Cara Screenshot Realme 9i dengan Praktis dan Mudah

Cara Screenshot Realme 9i

Realme telah kembali meluncurkan smartphone terbarunya, yaitu Realme 9i, sebagai bagian dari seri Realme 9. Seperti kebanyakan seri dengan tambahan huruf di nama, Realme 9i biasanya menawarkan pilihan yang lebih terjangkau dibandingkan dengan versi reguler atau Pro.

Realme 9i ini pertama kali tersedia dengan harga mulai dari Rp 2,7 jutaan, yang jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan varian Realme 9 dan Realme 9 Pro. Meskipun berbeda dalam hal harga, Realme 9i tetap menyertakan sejumlah fitur serupa dengan saudara-saudaranya.

Salah satu fitur yang akan kita bahas kali ini adalah cara mengambil tangkapan layar atau screenshot di Realme 9i. Seperti halnya pada smartphone Realme lainnya, Realme 9i juga dilengkapi dengan fitur untuk mengambil tangkapan layar, baik dengan menggunakan tombol fisik maupun tanpa tombol, melalui gestur. Berikut adalah cara-cara untuk mengambil screenshot di Realme 9i

Baca juga : Cara Screenshot Realme C11 Mudah dan Praktis

Cara Screenshot di HP Realme 9i

Menggunakan Kombinasi Tombol Fisik

Cara mengambil tangkapan layar tradisional umumnya ada di hampir semua jenis smartphone, dan perbedaannya hanyalah pada cara penggunaannya. Di Realme 9i, Anda juga dapat mengambil screenshot dengan mengombinasikan tombol fisik.

Cara mengambil screenshot di Realme 9i adalah dengan menekan tombol volume bawah dan tombol daya secara bersamaan. Ketika Anda melakukannya, layar akan berkedip, dan Anda akan melihat hasil tangkapan layar dalam bentuk pop-up, yang menunjukkan bahwa screenshot telah berhasil diambil.

Melalui Pusat Kontrol

Untuk mengambil tangkapan layar tanpa menggunakan tombol fisik, Anda dapat melakukannya melalui pusat kontrol di Realme 9i. Caranya adalah dengan menarik layar dari atas ke bawah, lalu pilih opsi Cuplikan Layar. Jika Anda tidak melihat opsi tersebut, Anda dapat menambahkan pintasan ke pusat kontrol. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Tarik layar dari atas ke bawah untuk membuka pusat kontrol.
  • Cari opsi "Cuplikan Layar" dan ketuk ikonnya.
  • Ini akan langsung mengambil tangkapan layar, dan Anda akan melihat hasilnya.

Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar tanpa harus menggunakan tombol fisik pada Realme 9i.

Menggunakan 3 Jari

Selain metode sebelumnya, Realme 9i juga menyediakan cara lain untuk mengambil tangkapan layar tanpa harus menggunakan tombol fisik, yaitu dengan mengusap layar ke bawah menggunakan tiga jari. Namun, Anda perlu mengaktifkan opsi ini terlebih dahulu. Berikut adalah cara melakukannya:

  • Buka Pengaturan ponsel Anda.
  • Pilih menu "Alat Praktis".
  • Kemudian, pilih opsi "Cuplikan Layar".
  • Selanjutnya, aktifkan opsi "Gesek turun 3 jari".

Setelah Anda mengaktifkan opsi ini, Anda dapat mengambil screenshot dengan mengusap layar ke bawah menggunakan tiga jari.

Selain metode tersebut, Realme 9i juga memiliki fitur "Bola Bantuan" yang dapat digunakan untuk mengambil tangkapan layar tanpa tombol fisik. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke pengaturan "Alat Praktis" seperti yang dijelaskan sebelumnya.
  • Pilih opsi "Bola Bantuan" dan aktifkan fitur ini.

Di dalam menu Bola Bantuan, Anda akan menemukan pintasan untuk mengambil tangkapan layar tanpa harus menggunakan tombol fisik. Dengan fitur ini, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot di Realme 9i.

Baca juga : Cara Mengatasi HP Vivo Tidak Bisa di Cas

Screenshot Panjang

Mengambil tangkapan layar panjang di Realme 9i sangat mudah, tetapi perlu diingat bahwa fitur ini hanya berlaku untuk laman web yang dapat digulir ke bawah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama, buka laman yang ingin Anda tangkap dengan cara menggulir ke bawah sesuai kebutuhan.
  • Ambil tangkapan layar menggunakan salah satu metode yang telah dijelaskan sebelumnya.
  • Setelah mengambil tangkapan layar, biasanya akan muncul pop-up atau gambar kecil di sisi kiri layar.
  • Di bawah gambar kecil tersebut, Anda akan melihat opsi "Pengguliran". Ketuk opsi ini untuk memulai proses pengambilan tangkapan layar panjang di Realme 9i.

Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar panjang dari laman yang dapat digulir ke bawah di Realme 9i.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.