3 Cara Screenshot Realme C11 yang Mudah dan Praktis

3 Cara Screenshot Realme C11

Pada bulan Juli 2020, Realme merilis seri C11, salah satu produsen smartphone asal China. Bagi pengguna yang baru menggunakan ponsel ini dan ingin tahu cara mengambil tangkapan layar, berikut adalah langkah-langkahnya.

Realme C11 memiliki baterai berkapasitas besar dan fitur menarik. Dengan layar berukuran 6,5 inci dan desain yang elegan, ponsel ini menawarkan pengalaman visual yang menarik. Desain geometrik yang khas membuatnya tampak istimewa.

Salah satu hal menarik tentang ponsel ini adalah penggunaannya dari sistem operasi Realme UI berbasis Android 10. Antarmuka Realme UI terbaru membawa banyak fitur menarik seperti Gesture Screenshot, Smart Sidebar, dan Screenshot Panjang yang dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pengguna.

Baca juga : Cara Screenshot Realme Narzo 50A Prime

Cara Screenshot di HP Realme C11

Dengan fitur screenshot, pengguna memiliki kemampuan untuk menyimpan tampilan layar dalam format gambar. Gambar tangkapan layar tersebut bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

Jika Anda ingin mengambil tangkapan layar tetapi belum yakin bagaimana melakukannya, dalam tutorial ini akan dijelaskan 3 cara untuk mengambil tangkapan layar di HP Realme C11, termasuk beberapa metode yang mungkin jarang digunakan.

1. Tombol Fisik

Cara melakukan tangkapan layar di Realme sangat mudah dan tidak memerlukan instalasi aplikasi tambahan.

Langkah pertama, pilih area yang ingin Anda tangkap, kemudian tekan tombol Volume Bawah dan Tombol Daya secara bersamaan.

Jika layar berkedip dan Anda mendengar suara kamera, itu berarti proses tangkapan layar telah berhasil. Hasil tangkapan layar dapat langsung dibagikan ke media sosial.

Namun, jika tombol fisik di Realme C11 mengalami masalah atau Anda hanya ingin opsi lain, Anda dapat memanfaatkan fitur Smart Sidebar. 

2. Smart Sidebar

Pengguna yang baru harus mencoba fitur Bilah Samping Cerdas untuk mengambil tangkapan layar di Realme C11 tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan. Namun, fitur ini perlu diaktifkan terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka Pengaturan pada ponsel Realme.
  • Cari dan ketuk Alat Serba Guna, lalu pilih Bilah Samping Cerdas.
  • Aktifkan toggle untuk mengaktifkan fitur tersebut.
  • Setelah diaktifkan, tombol Bilah Samping Cerdas akan muncul di layar, dan Anda dapat menggesernya.
  • Temukan area yang ingin diambil tangkapan layar.
  • Buka Bilah Samping Cerdas, lalu pilih pintasan Screenshot untuk mengambil tangkapan layar.

Meskipun penggunaan fitur Bilah Samping Cerdas memungkinkan tangkapan layar yang cepat, Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu melalui menu pengaturan.

3. Gesture

Realme sudah lama menyematkan fitur screenshot 3 jari pada seluruh ponsel mereka, sehingga pengguna dapat dengan cepat mengambil tangkapan layar hanya dengan mengusap layar menggunakan tiga jari. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka Pengaturan.
  • Pilih opsi Pengaturan Tambahan.
  • Pilih Gambar Layar yang terletak di bagian bawah.
  • Aktifkan fitur Gesek Turun 3 Jari dengan menggeser tombol ke posisi aktif.
  • Buka area atau halaman yang ingin Anda tangkap.
  • Gesekkan tiga jari Anda di layar dari atas ke bawah.
  • Setelah muncul gambar hasil tangkapan layar, Anda dapat mengedit gambar atau membagikannya.

Dengan fitur ini, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar hanya dengan menggeser tiga jari Anda di layar ponsel Realme.

Baca juga : Cara Menonaktifkan Talkback di HP Android

4. Screenshot Panjang

Beberapa ponsel Realme terbaru dilengkapi dengan fitur screenshot panjang yang memungkinkan Anda mengambil tangkapan layar dari halaman yang dapat digulir. Berikut cara menggunakan fitur ini pada Realme C11.

  • Buka layar yang ingin Anda tangkap dalam format panjang.
  • Ambil tangkapan layar menggunakan salah satu metode, seperti tombol fisik atau tiga jari.
  • Setelah gambar tangkapan layar muncul di layar Realme C11, ketuk tombol "Screenshot Panjang" atau "Long Screenshot".
  • Selanjutnya, tarik gambar ke bawah sesuai dengan seberapa banyak yang ingin Anda tangkap.
  • Terakhir, ketuk "Selesai" (Done) untuk menyimpan screenshot panjang.
  • Setelah Anda membuat screenshot panjang, Anda juga dapat memilih opsi "Edit" untuk menambahkan cahaya, filter, teks, dan lainnya.

Dengan fitur screenshot panjang ini, Anda dapat dengan mudah menyimpan tangkapan layar dari halaman yang panjang, seperti situs web atau percakapan di aplikasi pesan.

Selain itu, pilihan cara screenshot tergantung pada preferensi dan kenyamanan masing-masing pengguna. Jika Anda memiliki cara screenshot lain yang ingin Anda bagikan, silakan tulis di kolom komentar di bawah.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.