5 Cara Screenshot Oppo A31 yang Mudah dan Praktis

Cara Screenshot Oppo A31

OPPO A31 merupakan salah satu bukti kesuksesan OPPO di pasar ponsel kelas pemula. Ponsel ini sukses karena memiliki spesifikasi yang memadai untuk penggunaan sehari-hari maupun gaming, ditambah dengan fitur-fitur Android terbaru.

Yang menarik, meskipun ponsel ini diluncurkan pada akhir tahun 2020, produknya masih diminati. Banyak toko online yang masih menjual versi bekas atau ponsel yang telah dipaket ulang. Versi baru tentu saja sudah tidak tersedia.

Karena popularitasnya, banyak pengguna yang memilih menggunakan HP ini. Namun, sebagian dari mereka mungkin tidak tahu cara mengambil tangkapan layar atau screenshot di OPPO A31.

Kami akan menjelaskan beberapa metode untuk mengambil tangkapan layar pada ponsel kelas pemula OPPO ini. Berikut beberapa cara yang dapat Anda coba.

Baca juga : Cara Menonaktifkan Notifikasi Peramban di HP OPPO

Cara Screenshot di HP OPPO A31

Sebagai ponsel Android yang terjangkau, OPPO A31 telah dilengkapi dengan beberapa metode pengambilan tangkapan layar, termasuk metode tradisional yang merupakan bagian dari sistem Android.

Metode ini dapat ditemukan di banyak ponsel Android, baik seri lama maupun seri baru. Lalu, apa saja langkah-langkah yang harus diikuti di ponsel OPPO ini?

1. Kombinasi Tombol Fisik

Untuk informasi Anda, Anda dapat mengambil tangkapan layar dari berbagai hal di ponsel Android, termasuk artikel berita, game yang sedang dimainkan, dan percakapan di media sosial.

Untuk mengambil tangkapan layar, cukup tekan tombol power dan volume bawah di sisi ponsel secara bersamaan.

Jika pengambilan tangkapan layar berhasil, layar HP akan berkedip dan Anda akan mendengar suara kamera di HP. Selain itu, akan muncul notifikasi dan gambar pratinjau di pojok layar.

Jika tiba-tiba muncul menu untuk mematikan ponsel, itu berarti Anda mungkin menekan tombol HP terlalu lama atau tidak dengan benar, atau sistem Android di HP Anda mungkin tidak mendukung fitur ini.

Anda dapat memeriksa hasil tangkapan layar dengan masuk ke Galeri dan menavigasi ke album screenshot.

2. Control Panel

Jika Anda merasa bahwa cara menekan tombol terlalu rumit dan memakan waktu, Anda dapat beralih ke pengambilan tangkapan layar dengan menggunakan ikon screenshot yang sudah tersedia dalam control panel.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Tentukan tampilan layar HP OPPO yang ingin Anda tangkap.
  • Tarik layar dari atas ke bawah untuk membuka control panel. Cari ikon tangkapan layar. Beberapa ponsel Android menampilkan ikon ini dalam bentuk gunting, sementara yang lain mungkin menampilkannya dalam bentuk lembaran kertas.
  • Jika Anda tidak menemukan ikon tangkapan layar, periksa pengaturan control panel. Mungkin ikon tangkapan layar belum diaktifkan. Anda dapat mengatur ulang pengaturan control panel agar ikon tangkapan layar muncul.
  • Ketika Anda mengetuk ikon tangkapan layar, tangkapan layar akan diambil secara otomatis. Hasil tangkapan layar akan tersimpan di galeri.

3. Gesture 3 Jari

Salah satu fitur menarik dan bermanfaat di ponsel OPPO adalah fitur Gesture. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar hanya dengan melakukan gerakan di layar HP OPPO A31. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Buka 'Pengaturan' di ponsel Anda dan pilih opsi 'Cerdas dan Nyaman.'
  • Pilih 'Gerakan' dan aktifkan opsi 'Screenshot 3 Jari.'
  • Untuk mengambil tangkapan layar, cukup geser tiga jari Anda di layar dari atas ke bawah.
  • Jika pengambilan tangkapan layar berhasil, layar akan berkedip atau Anda akan mendengar suara seperti saat kamera mengambil foto.
  • Hasil tangkapan layar akan otomatis tersimpan di aplikasi Foto atau Galeri.

4. Bilah Samping Cerdas / Smart Sidebar

Untuk memudahkan pengguna dalam mengoperasikan ponsel OPPO dengan lebih nyaman, OPPO memiliki fitur Bilah Samping Cerdas yang berisi sejumlah tombol pintasan. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur Bilah Samping Cerdas di ponsel OPPO.

  • Buka aplikasi 'Pengaturan' di ponsel Anda.
  • Gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi 'Fitur Cerdas dan Nyaman'.
  • Setelah masuk ke dalam opsi tersebut, cari 'Bilah Samping Cerdas' atau 'Smart Side Bar'.
  • Aktifkan fitur tersebut.
  • Setelah diaktifkan, Anda akan melihat garis putih muncul di sisi kanan atau kiri layar.
  • Anda cukup menarik garis tersebut ke tengah layar. Setelah itu, akan muncul sejumlah ikon pilihan, termasuk ikon tangkapan layar.
  • Ketuk ikon tangkapan layar, dan layar akan berkedip, menandakan bahwa tangkapan layar berhasil diambil.

Baca juga : Cara Menghapus Cache di HP Android

5. Aplikasi Screenshot

Jika Anda bosan dengan metode pengambilan tangkapan layar yang biasa-biasa saja, Anda dapat mencoba aplikasi tangkapan layar yang tersedia di Play Store. Beberapa aplikasi ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna pada smartphone OPPO A31.

  • Screenshot Touch

Ini adalah salah satu aplikasi gratis yang dapat digunakan untuk mengambil tangkapan layar di OPPO A31. Aplikasi ini membawa berbagai fitur yang dapat meningkatkan kualitas hasil tangkapan layar. Tak heran, aplikasi ini telah banyak diunduh di Play Store.

Setelah menginstal aplikasi ini, cukup buka aplikasi dan atur pengaturan yang sesuai. Kemudian Anda akan diarahkan ke halaman utama aplikasi yang berisi fitur tangkapan layar. Salah satu fiturnya adalah fitur goyang dan penundaan (delay).

Fitur goyang berguna jika Anda ingin mengambil tangkapan layar dengan menggoyang-goyangkan HP. Sementara fitur penundaan berguna untuk mengatur berapa lama waktu hitung mundur sebelum tangkapan layar diambil.

Setelah mengaktifkan fitur-fitur yang Anda inginkan, Anda dapat mengklik "Mulai Layanan Pemantauan Tangkapan Layar" dan memilih "Mulai Sekarang". Jika pengambilan tangkapan layar berhasil, Anda akan menerima notifikasi dan HP Anda akan bergetar. Instal Screenshot Touch sekarang juga.

  • Screenshot Easy

Sesuai dengan namanya, Screenshot Easy adalah salah satu aplikasi pengambilan tangkapan layar yang mudah digunakan dan telah mendapat banyak respon positif dari pengguna Android. Aplikasi Screenshot Easy memiliki ukuran yang kecil namun dilengkapi dengan berbagai fitur yang lengkap.

Keunggulan dari aplikasi ini adalah Anda hanya perlu mengetuk ikon berbentuk kamera untuk mengambil tangkapan layar. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung pengambilan tangkapan layar dengan menggoyangkan HP. Antarmuka penggunaannya minimalis dan mudah dipahami.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur penyuntingan yang cukup baik. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengambil tangkapan layar dari halaman web, film, dan game.

Ketika kami mencobanya, aplikasi ini cukup mudah dan cepat ketika menggunakan metode mengetuk ikon kamera. Namun, ketika mencoba metode menggoyangkan HP, terdapat sedikit jeda dalam pengambilan tangkapan layar, bahkan beberapa kali gagal. Meskipun demikian, Screenshot Easy tetap menjadi pilihan yang mudah digunakan dibandingkan dengan aplikasi lainnya.

  • AZ Screen Recorder

AZ Screen Recorder mungkin lebih terfokus pada merekam layar sebagai video, tetapi aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengambil tangkapan layar dengan mudah dan cepat.

Salah satu keunggulan utama aplikasi ini adalah antarmuka pengguna yang sangat sederhana. Selain itu, fitur penyuntingan gambar dan video yang disediakan juga cukup baik dan mudah digunakan.

Keuntungan lain adalah Anda dapat mengambil sebanyak mungkin tangkapan layar yang Anda inginkan tanpa terganggu oleh iklan. Selain itu, Anda dapat mengambil gambar dengan kualitas tinggi dan menyimpan hasil tangkapan layar dalam format gambar.

Demikianlah beberapa metode umum dan khusus yang dapat dicoba oleh pengguna OPPO A31 ketika ingin mengambil tangkapan layar.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.