Harga Oppo A31 Terbaru 2024 dan Spesifikasi

Oppo A31

Fitur Unggulan


  • Konfigurasi triple kamera belakang
  • Lolos uji keandalan tinggi
  • Baterai 4230 mAh, awet hingga 14 jam untuk video streaming
  • Layar IPS LCD dengan proteksi Corning Gorilla Glass
  • Memori lapang dengan dukungan slot microSD khusus (hingga 256 GB)

Selengkapnya : Kelebihan dan Kekurangan Oppo A31

Spesifikasi Oppo A31

Umum
RilisFebruari 2020
JaringanGSM, HSPA, LTE
SIM CardDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body
Berat180 gram
Dimensi163.9 x 75.5 x 8.3 mm
MaterialDepan Kaca Gorilla Glass 3, Belakang Plastik, Frame Plastik
WarnaFantasy White, Mystery Black, Lake Green

Layar
TipeIPS LCD
Ukuran6.5 inci, ~82.4% rasio layar ke body
Resolusi720 x 1600 pixel, rasio 20:9, ~270 ppi

Platform
OSAndroid 9.0 (Pie), ColorOS 6.1
ChipsetMediatek MT6765V/CB Helio P35 (12nm)
CPUOcta-core (4x2.3 GHz Cortex-A53 & 4x1.8 GHz Cortex-A53)
GPUPowerVR GE8320

Memori
Internal4/128 GB, 6/128 GB
JeniseMMC 5.1
EksternalmicroSDXC (slot khusus)

Kamera Belakang
Resolusi 12 MP, f/1.8, (wide), 1/2.86", 1.25µm, PDAF 2 MP, f/2.4, (macro) 2 MP, f/2.4, (depth)
FiturLED flash, HDR, panorama
Video1080p @30fps

Kamera Depan
Resolusi8 MP, f/2.0, (wide), 1/4.0", 1.12µm
FiturHDR
Video1080p @30fps

Audio
SpeakerAda
Jack 3.5mmAda

Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSA-GPS, GLONASS, BDS
RadioFM Radio
NFCTidak ada
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go

Fitur
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
LainnyaTidak ada

Baterai
TipeLi-Po, non-removable
Kapasitas4230 mAh
FiturTidak ada

Benchmark
AntutuInformasi tidak tersedia

Harga Oppo A31

Harga
6/128 GB - Rp 1.900.000

Catatan: Informasi yang tercantum di atas mungkin tidak sepenuhnya akurat. Silakan hubungi kami jika anda menemukan kesalahan pada informasi di atas.

Selengkapnya Tentang OPPO A31

HP OPPO A31 keluaran tahun berapa?

OPPO secara resmi meluncurkan A31 pada bulan Februari 2020, sehingga sering disebut sebagai OPPO A31 2020.

Bagaimana desain HP OPPO A31?

Ponsel ini memiliki dimensi 163,9 x 75,5 x 8,3 mm dan berat 180 gram. Desainnya sangat ergonomis, memberikan kenyamanan saat digenggam.

Pada bagian belakangnya, terdapat kamera utama dengan tiga lensa yang disusun di pojok kiri atas. Sensor sidik jari juga ditempatkan di dekatnya, dikelilingi oleh border berwarna emas, menambah sentuhan elegan.

Bagian depan ponsel menggunakan desain waterdrop notch di bagian atasnya. OPPO menyatakan bahwa notch tersebut dirancang lebih kecil dibanding generasi sebelumnya, menciptakan tampilan layar yang lebih luas.

Mengenai bahan, bagian belakang dan frame ponsel OPPO ini terbuat dari plastik polikarbonat. Untuk kelas harga entry level, ponsel ini memberikan kesan solid.

Apa saja pilihan warna HP OPPO A31?

A31 tersedia dalam tiga opsi warna yang menarik, yaitu Fantasy White, Mystery Black, dan Lake Green.

Seperti apa tampilan layar OPPO A31?

OPPO A31 hadir dengan layar seluas 6,5 inci dan rasio aspek 20:9, memberikan pengalaman bermain game dan menonton video yang nyaman berkat ukuran layar yang luas.

Layar ini menggunakan panel IPS LCD dengan kerapatan piksel sebesar 270 ppi dan resolusi HD+. Meskipun demikian, spesifikasi tersebut sudah cukup untuk menghasilkan tampilan visual yang memuaskan.

Namun, ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan, terutama dalam hal sudut pandang pada layar HP OPPO ini yang terkadang kurang optimal, terutama saat dilihat dari samping di bawah sinar matahari yang terik. Tingkat kecerahan layar yang kurang dapat membuat sulit membaca tulisan ketika menggunakan ponsel di luar ruangan pada siang hari.

Meskipun begitu, kekurangan ini masih dapat dimaklumi mengingat kelas harga perangkat ini. Paling tidak, adanya perlindungan Gorilla Glass 3 dapat membantu melindungi layar dari benturan dan goresan.

Berapa MP kamera OPPO A31?

OPPO A31 dilengkapi dengan sistem tiga kamera di bagian belakang, terdiri dari kamera utama 12 MP (f/1.8), serta kamera depth dan macro, keduanya dengan resolusi 2 MP (f/2.4). Sementara itu, di bagian depan, ponsel ini menggunakan kamera selfie 8 MP (f/2.0) yang dilengkapi dengan fitur AI Beautification.

Apakah kamera OPPO A31 bagus?

Hasil kamera utama 12 MP pada OPPO A31 menunjukkan kualitas yang cukup baik, terutama mengingat kelas harga perangkat ini. Foto-foto yang dihasilkan tampak tajam dan detail, terutama saat digunakan dalam kondisi penerangan yang baik. Keberadaan teknologi kecerdasan buatan (AI) pada kamera dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan hasil foto.

Meskipun demikian, kualitas pengambilan gambar pada malam hari sedikit menurun, terutama karena perangkat ini tidak dilengkapi dengan mode malam. Meski begitu, hal ini dapat dimaklumi mengingat kamera bukan fokus utama dari seri ini.

Kehadiran depth sensor membantu perangkat dalam menghasilkan foto bokeh yang jelas, sementara kamera makro memberikan hasil yang cukup natural.

Pada kamera depan, hasil foto selfie menunjukkan detail yang jelas, meskipun rentang dinamisnya sedikit kurang optimal.

Untuk spesifikasi video, perangkat ini cukup memadai untuk kelasnya. OPPO A31 mampu merekam video dengan resolusi hingga 1080p@30fps, baik menggunakan kamera depan maupun belakang. Namun, sayangnya, perangkat ini tidak dilengkapi dengan fitur stabilisasi video.

Tambahan lagi, OPPO juga menyediakan dukungan aplikasi pengeditan video bernama Soloop di seri ini. Dengan aplikasi tersebut, pengguna dapat melakukan pengeditan dasar dengan beberapa pilihan aspek rasio, menghilangkan kebutuhan untuk mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk mengedit video sebelum membagikannya ke platform seperti TikTok atau Instagram.

HP OPPO A31 RAM berapa?

OPPO A31 hadir dalam beberapa opsi varian RAM dan penyimpanan internal. Pilihan yang tersedia meliputi RAM 4 GB dengan penyimpanan 64 GB, RAM 4 GB dengan penyimpanan 128 GB, dan RAM 6 GB dengan penyimpanan internal 128 GB. Pengguna dapat memilih varian yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

Jika Anda menginginkan performa yang lebih optimal, varian OPPO A31 dengan RAM 6 GB dan ROM 128 GB tentu menjadi pilihan yang lebih baik dibandingkan dengan varian RAM 4 GB dan ROM 64 GB/128 GB. Karena semakin tinggi kapasitas RAM, maka kemampuan ponsel untuk menjalankan aplikasi akan semakin baik.

Selain itu, kapasitas penyimpanan perangkat ini dapat diperluas hingga 256 GB menggunakan kartu microSDXC. Dengan kapasitas penyimpanan yang luas ini, pengguna dapat lebih leluasa menginstal berbagai aplikasi dan menyimpan banyak foto serta video di ponsel ini.

OPPO A31 pakai sistem operasi Android berapa?

Pada saat diluncurkan, smartphone OPPO ini menggunakan sistem operasi Android 9.0 (Pie) dengan antarmuka ColorOS 6.1. Dengan kombinasi spesifikasi tersebut, antarmukanya terasa lebih segar dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Pengguna juga dapat menikmati berbagai fitur yang disertakan, seperti kontrol gestur yang mempermudah pengguna dengan pilihan tampilan ikon flat 4x6 atau 5x6.

Selain itu, terdapat fitur Smart Riding Mode, Smart Assistance, dan Layanan Cloud OPPO. Smart Riding Mode memungkinkan pengguna untuk memblokir notifikasi, pesan, dan panggilan saat sedang berkendara, sehingga membantu menjaga keselamatan dengan mengurangi distraksi.

Smart Assistant, sebagai fitur kecerdasan buatan, membantu pengguna dalam melakukan berbagai tugas, seperti membuka aplikasi favorit dengan lebih cepat, menampilkan informasi cuaca, kontak favorit, dan lainnya.

Sedangkan layanan OPPO Cloud berperan dalam menyimpan data pengguna secara aman di penyimpanan berbasis awan milik OPPO.

Bagaimana performa OPPO A31?

Performa HP OPPO A31 dapat dianggap stabil berkat kombinasi chipset Mediatek Helio P35 12nm, CPU Octa-core (4x2.3 GHz Cortex-A53 & 4x1.8 GHz Cortex-A53), dan GPU PowerVR GE8320 yang digunakannya. Selain mendukung kinerja yang lancar, perpaduan ini juga berkontribusi pada efisiensi konsumsi daya ponsel, menjadikannya lebih hemat daya.

Meskipun termasuk dalam kategori smartphone dengan anggaran terbatas, performanya tetap cukup memuaskan. Hasil uji aplikasi benchmark AnTuTu menunjukkan skor sebesar 104.999 poin, yang dapat dianggap baik untuk kelasnya.

Dengan dapur pacu dan skor benchmark tersebut, dapat disimpulkan bahwa smartphone ini masih dapat diandalkan untuk tugas-tugas dasar sehari-hari. Aktivitas seperti browsing internet, menonton video, mendengarkan musik, atau multitasking antar aplikasi dapat berjalan lancar dengan sedikit kendala.

Apakah OPPO A31 cocok untuk main game?

Ponsel ini pada dasarnya masih dapat digunakan untuk bermain game kasual. Spesifikasi OPPO A31 masih memungkinkan untuk memainkan Mobile Legends atau PUBG Mobile dengan lancar pada pengaturan Low-Medium.

Performa ponsel ini memang agak kurang kuat untuk menjalankan game yang lebih berat, seperti Genshin Impact. Namun, hal ini masih dapat dimaklumi mengingat kelas harga perangkat yang tidak terlalu tinggi.

Meskipun begitu, OPPO telah menyertakan mode Hyper Boost pada ponsel ini yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan kinerja secara maksimal. Terdapat pula Game Space yang menggabungkan semua game dan pengaturannya dalam satu tempat, dilengkapi dengan berbagai fitur pengoptimalan. Pengguna juga dapat terhubung dengan komunitas gamers untuk bertukar ide atau mencari rekan bermain.

Berapa mAh baterai HP OPPO A31?

OPPO A31 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4230 mAh. Meskipun kapasitas baterai ini tidak tergolong sebagai jumbo, namun karena konsumsi daya ponsel ini cukup hemat, daya tahan baterainya dapat dianggap cukup awet untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Menurut klaim dari OPPO, ponsel ini mampu bertahan hingga 14 jam untuk kegiatan streaming video. Jika digunakan secara terus menerus untuk bermain game, daya tahan baterainya dapat mencapai 7 jam. Namun, jika digunakan untuk aktivitas ringan, ponsel ini dapat bertahan lebih dari satu hari.

OPPO A31 apakah sudah mendukung fast charging?

OPPO A31 masih belum dilengkapi dengan teknologi pengisian daya cepat. Kondisi ini mengharuskan pengguna untuk menunggu waktu pengisian yang lebih lama. Dengan adanya charger 10W yang disertakan, waktu yang diperlukan untuk mengisi daya ponsel hingga penuh adalah sekitar 2 jam 30 menit.

Apakah OPPO A31 sudah 4G?

Ya, OPPO A31 sudah mendukung konektivitas 4G LTE. Namun, perlu diperhatikan bahwa perangkat ini belum mendukung teknologi jaringan 5G.

Apakah OPPO A31 ada sidik jari?

Iya, OPPO telah memasang sensor sidik jari yang cukup responsif di bagian belakang bodi dari seri A31 ini.

Apakah OPPO A31 mendukung pemakaian dual SIM?

OPPO A31 sudah mendukung penggunaan dual SIM. Spesifikasinya menggunakan tipe tiga slot kartu yang dapat digunakan untuk dua kartu SIM dan satu kartu memori eksternal.

Apakah OPPO A31 anti air?

Ponsel ini tidak memiliki sertifikasi tahan air. Oleh karena itu, disarankan untuk lebih berhati-hati saat menggunakan ponsel ini di sekitar air.

Apakah OPPO A31 sudah pakai port USB Type-C?

Tidak, HP ini masih menggunakan port microUSB 2.0. Meskipun kecepatan pengisian daya dan transfer data menjadi lebih lambat dibandingkan dengan port USB tipe-C, namun penggunaan jenis port tersebut masih dapat dimaklumi mengingat kelas harganya.

Apakah OPPO A31 sudah pakai stereo speaker?

HP ini dilengkapi dengan mono speaker yang terletak di bagian bawahnya. Secara keseluruhan, kualitas suara yang dihasilkan masih cukup baik dan nyaman untuk melakukan panggilan telepon.

Meskipun begitu, bagi yang suka mendengarkan musik, disarankan untuk menggunakan earphone agar dapat menikmati kualitas audio yang lebih baik.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.