Yuk, Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A31!

OPPO dikenal dengan ponsel-ponselnya yang menawarkan fitur-fitur unggulan, terutama dalam kisaran harga menengah sekitar Rp3 hingga Rp5 jutaan. Namun, perusahaan ini juga tidak melupakan pasar entry-level, di mana masih banyak konsumen yang membutuhkan ponsel dengan merek OPPO namun dengan harga yang lebih terjangkau. Konsistennya OPPO dalam menghadirkan berbagai varian di kelas harga Rp1 dan Rp2 jutaan menunjukkan komitmennya untuk memenuhi kebutuhan beragam konsumen.

OPPO A31

Spesifikasi OPPO A31
  • Layar: IPS LCD 6.5 inci
  • Chipset: MediaTek Helio P35
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB
  • Kamera: 12 MP (wide)2 MP (macro)2 MP (depth)
  • Baterai: Li-Po 4230 mAh

SelengkapnyaSpesifikasi OPPO A31 dan Harganya

Di kelas harga Rp1 jutaan, beberapa ponsel OPPO yang cukup populer di pasaran antara lain adalah OPPO A5S, OPPO A1K, dan OPPO A3S. Sedangkan di kelas harga Rp2 jutaan, OPPO menghadirkan ponsel seperti OPPO A5 2020.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas HP OPPO di kelas harga Rp2 jutaan, yaitu OPPO A31 atau dikenal dengan nama lengkap OPPO A31 2020. Meskipun awalnya dijual dengan harga sekitar Rp2 jutaan, banyak yang kini menjual OPPO A31 dengan harga Rp1 jutaan. Namun, perlu diperhatikan bahwa produk yang dijual dengan harga tersebut seringkali merupakan OPPO A31 yang sudah dibuka kemasannya atau merupakan produk rekondisi.

Bagaimanapun juga, OPPO A31 menawarkan sejumlah fitur menarik dan layak untuk diperhatikan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan OPPO A31, mari kita simak ulasannya di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A31

Kelebihan OPPO A31

OPPO A31 hadir dengan tiga kamera belakang, terdiri dari kamera utama 13 MP, kamera makro 2 MP, dan kamera efek kedalaman 2 MP. Sayangnya, ponsel ini tidak dilengkapi dengan kamera ultra-wide, berbeda dengan beberapa HP lain di kelasnya.

Meskipun spesifikasinya tidak terlalu istimewa, OPPO A31 menonjolkan kemampuan AI pada fotografinya. Ini membuat hasil foto lebih baik meskipun ada sedikit kekurangan seperti kamera makro yang kurang memuaskan.

Daya Tahan Baterai OPPO A31 Oke

Dari segi daya tahan baterai, OPPO A31 menghadirkan baterai 4230 mAh yang cukup besar. Ponsel ini diklaim bisa bertahan lama, bahkan untuk pemakaian berat seperti bermain gim.

Desain OPPO A31 tergolong menarik meskipun menggunakan bahan plastik. Tersedia dalam dua varian warna, fantasy white dan mystery black. Desain bodi yang terasa premium ketika dipegang juga mendapat pujian dari beberapa sumber.

Penyimpanan Luas OPPO A31

Di sisi penyimpanan, OPPO A31 menawarkan memori internal 128 GB, cukup besar untuk kebutuhan pengguna. Ponsel ini juga hadir dalam dua varian RAM, yaitu 4 GB dan 6 GB, dengan harga yang berbeda.

Game Space OPPO A31

OPPO A31 menjalankan ColorOS 6.1 berbasis Android Pie. Fitur menarik yang ditawarkan antara lain Game Space untuk mengoptimalkan pengalaman bermain gim, dan Soloop, sebuah aplikasi edit video sederhana yang memungkinkan pengguna untuk mengedit video dengan berbagai fitur seperti trim, filter, subtitle, dan musik.

Kekurangan OPPO A31

OPPO A31 hadir dengan kamera depan 8 MP yang cukup bagus untuk selfie. Namun, hasilnya terkadang terasa kurang natural karena peran AI yang terlalu dominan, membuat hasilnya terlihat kurang realistis.

Layar OPPO A31

Layar OPPO A31 berukuran 6,5 inci dengan resolusi HD+ 720 x 1600 piksel. Meskipun layarnya cerah dengan tingkat kecerahan mencapai 480 nits, resolusi HD+ pada harga Rp2 jutaan terasa kurang menarik, terutama untuk varian RAM 6 GB yang mencapai Rp3 juta.

Ponsel ini masih menggunakan port microUSB dan tidak mendukung pengisian cepat. Pengisian baterainya membutuhkan waktu yang lama, tidak mendukung pengisian 18 W, yang bisa jadi kurang menguntungkan dibandingkan ponsel lain di harga yang sama.

Chipset MediaTek P35

OPPO A31 ditenagai oleh chipset Mediatek Helio P35, yang meskipun tidak terlalu kencang, masih mampu menjalankan gim seperti Mobile Legends. Namun, untuk gim berat seperti PUBG Mobile, performanya terasa lambat.

Meskipun memiliki fitur seperti Soloop dan Game Space, secara keseluruhan, OPPO A31 kurang menarik karena tidak ada fitur istimewa yang ditawarkan. Spesifikasinya tergolong pas-pasan di kelas harganya, terutama dengan ketiadaan lensa ultra-wide.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.