11 Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y75 5G yang Harus Diketahui

Vivo kembali menghadirkan inovasi terbaru dalam pasar smartphone dengan peluncuran Vivo Y75 5G di Indonesia. Perangkat ini termasuk dalam seri Y dan menawarkan dukungan 5G yang mengagumkan.

Vivo Y75 5G
Spesifikasi Vivo Y75 5G
  • Rilis : Februari 2022
  • Layar : 6.58 inci IPS LCD
  • Chipset : MediaTek MT6833 Dimensity 700 5G (7nm)
  • GPU : Mali-G57 MC2
  • RAM : 8 GB
  • Memori Internal : 128 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 50 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan : 16 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 18W

Selengkapnya : Spesifikasi Vivo Y75 5G dan Harganya

Vivo Y75 5G merupakan pilihan menarik di kelas smartphone menengah, dengan harga yang terjangkau sehingga cocok bagi mereka yang menginginkan smartphone terbaru tanpa menguras kantong. Dengan tagline "All Fun in One," Vivo menghadirkan pengalaman yang menyenangkan dengan Y75 5G sebagai daily driver.

Sebelum memutuskan untuk membelinya, mari kita bahas beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Vivo Y75 5G.

Baca juga : Yuk, Intip 8 Kelebihan dan Kekurangan Vivo V23 5G

Kelebihan Vivo Y75 5G

Jika Anda menginginkan ponsel terbaru yang tampilannya stylish dan performanya matang, Vivo Y75 5G adalah pilihan yang tak boleh Anda lewatkan. Mari kita bahas secara lengkap kelebihan Vivo Y75 5G yang sungguh sayang untuk dilewatkan.

1. Mendukung Jaringan 5G

Kelebihan pertama yang terlihat langsung dari namanya adalah dukungan jaringan 5G. Vivo Y75 5G mendukung jaringan 5G yang diklaim memiliki kecepatan mengunduh 7 kali lebih cepat daripada jaringan 4G.

Dengan prosesor Dimensity 700 5G (7nm) yang powerful, ponsel ini memungkinkan Anda merasakan efisiensi dan kecepatan internet terbaru. Meskipun ketersediaan jaringan 5G bergantung pada wilayah Anda, jika Anda tinggal di area dengan jaringan 5G, Anda dapat merasakan manfaatnya lebih awal.

2. Desain Ringan dan Tipis

Vivo tidak pernah gagal dalam menciptakan desain menawan untuk smartphone-nya. Semua perangkat Vivo kelas menengah selalu menarik perhatian dengan bodi yang ringan dan elegan. Vivo Y75 5G sendiri hanya memiliki berat 187 gram dan ketebalan 8.25 mm.

Vivo Dynamic Design merupakan bahasa desain yang diusung oleh ponsel ini. Anda dapat melihat Vivo Y75 5G didesain dengan kombinasi dua warna calm yang menciptakan kesan yang elegan. Teknik Crystaline Matte yang digunakan pada bodi ponsel menjaga kebersihan dengan tahan debu, bebas goresan, dan sidik jari. Sulit menemukan ponsel seindah ini dengan harga sekitar 3 jutaan.

3. Layar Full HD+

Resolusi tinggi pada smartphone menjadi salah satu faktor yang dicari oleh pengguna. Vivo telah memenuhi keinginan pengguna dengan menyematkan layar Full HD+ pada Vivo Y75 5G, sehingga konten yang ditampilkan terlihat nyaman di mata.

Layar Vivo Y75 5G memiliki ukuran 6.58 inci dengan P3 color gamut untuk memberikan kepuasan visual. Layar ini memiliki saturasi warna yang tinggi dan dilengkapi dengan Mode Perlindungan Mata Khusus untuk kenyamanan penggunaan yang lebih baik.

Mengikuti tren saat ini, layar Colorful Screen di Vivo Y75 5G memiliki rasio screen-to-body yang besar, yaitu 90.6%, sehingga tampilan layar lebih luas. Vivo juga telah menyediakan pemindai sidik jari Ultra Fast Side Fingerprint pada layar ini.

4. Dukungan NFC

Bagi Anda yang mencari smartphone dengan dukungan NFC, Vivo Y75 5G memenuhi kebutuhan tersebut. Dengan adanya fitur NFC, Anda dapat mentransfer atau mengirim dokumen, melakukan transaksi keuangan digital, atau menggunakan ponsel sebagai pengganti kartu akses.

5. Kamera Super Tajam 50 MP

Kelebihan lain yang hampir selalu ada pada smartphone Vivo terbaru adalah kualitas kamera yang baik. Vivo Y75 5G dilengkapi dengan kamera utama 50 MP untuk mengabadikan momen berharga Anda.

Dengan resolusi yang tinggi ini, foto yang diambil baik pada siang maupun malam hari akan terlihat tajam dengan warna yang jelas. Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur potret bokeh untuk menghasilkan gambar yang realistis. Untuk memotret dalam kondisi minim cahaya, Vivo Y75 5G memiliki mode malam super (super night mode) yang tersedia pada kamera belakang maupun kamera depan.

6. Ruang Penyimpanan Besar

Vivo Y75 5G tidak kikir dalam memberikan ruang penyimpanan kepada pengguna. Ponsel ini dilengkapi dengan RAM 8GB dan fitur Extended RAM hingga 4GB, sehingga total RAM yang Anda dapatkan adalah 12GB.

Selain itu, Vivo juga menyediakan dukungan kartu memori yang dapat ditambahkan hingga 1TB. Hal ini cukup menarik karena sebagian besar smartphone terbaru saat ini tidak lagi memiliki slot kartu microSD.

7. Baterai Besar dan Tahan Lama

Vivo Y75 5G memiliki baterai berkapasitas 5.000 mAh, sehingga Anda dapat menggunakan ponsel ini sepanjang hari tanpa khawatir kehabisan daya. Teknologi 5G UltraSave dari MediaTek yang disematkan oleh Vivo juga membuat penggunaan daya lebih efisien dan tidak boros.

Baca juga : 8 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Realme 8i

Kekurangan Vivo Y75 5G

Tak dapat dipungkiri, Vivo Y75 5G memiliki sejumlah kelebihan yang menarik perhatian. Namun, di balik kelebihan-kelebihannya tersebut, ponsel ini juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda memilihnya.

1. Layar masih IPS LCD dengan Refresh Rate Rendah

Meskipun layar IPS LCD pada Vivo Y75 5G memberikan kualitas gambar yang baik, faktanya, teknologi layar Super AMOLED masih menjadi favorit bagi mereka yang sangat memperhatikan aspek teknis. Kecerahan, tingkat warna yang solid, dan kenyamanan mata saat melihat layar AMOLED masih sulit ditandingi oleh layar jenis lainnya.

Selain itu, Vivo juga tidak menyematkan refresh rate yang tinggi pada Y75 5G, dengan hanya menyediakan refresh rate 60 Hz. Namun, perlu diingat bahwa ponsel ini memiliki resolusi layar yang tinggi, yang bisa menjadi pertimbangan kedua.

2. Kecepatan Pengisian Baterai yang Tertinggal di Kelasnya

Anda mungkin akan merasa sedikit kecewa jika membeli smartphone kelas menengah dengan dukungan fast charging 18W, sementara ponsel sekelas dengan budget yang tidak jauh berbeda menawarkan kecepatan pengisian daya yang lebih tinggi, seperti 33W atau minimal 25W. Vivo Y75 5G hanya dilengkapi dengan dukungan fast charging 18W, yang mungkin kurang memadai bagi beberapa pengguna.

3. Tidak Dilengkapi Kamera Ultra-wide

Meskipun kamera utama dengan resolusi 50 MP pada Vivo Y75 5G sangat mengesankan, disayangkan bahwa ponsel ini tidak dilengkapi dengan lensa ultra-wide. Akibatnya, Anda tidak dapat memotret dengan sudut pandang yang lebih lebar saat berlibur atau mengambil foto landscape yang luas.

4. Tidak Mendukung Speaker Stereo

Bagi pecinta musik yang menginginkan output suara yang memuaskan, kekurangan ini mungkin menjadi catatan penting. Vivo Y75 5G tidak dilengkapi dengan speaker stereo, melainkan hanya memiliki satu speaker tunggal. Mengingat persaingan ketat dalam spesifikasi smartphone terbaru, banyak perangkat lain yang menawarkan speaker stereo sebagai alternatif.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Vivo Y75 5G yang perlu Anda ketahui. Secara keseluruhan, ponsel ini sangat cocok untuk mereka yang menginginkan perangkat dengan mobilitas tinggi. Namun, untuk keperluan multimedia, Vivo Y75 5G mungkin sedikit mengecewakan.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.