8 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Realme 8i

Realme telah meramaikan pasar smartphone terjangkau dengan beberapa perangkat yang kompetitif. Pada bulan September, vendor yang sedang berkembang pesat ini meluncurkan smartphone terbaru mereka, Realme 8i.

Realme 8i
Spesifikasi Realme 8i
  • Rilis : November 2021
  • Layar : 6.6 inci IPS LCD 120Hz
  • Chipset : MediaTek Helio G96 (12 nm)
  • GPU : Mali-G57 MC2
  • RAM : 4 GB, 6 GB
  • Memori Internal : 64 GB, 128 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 50 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan : 16 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 18W

Selengkapnya : Spesifikasi Realme 8i dan harganya

Menariknya, Realme 8i menjadi perangkat paling terjangkau dalam seri Realme 8. Realme sendiri mengklaim bahwa smartphone ini didesain khusus untuk para gamer dan fotografer.

Di Indonesia, Realme 8i belum resmi diluncurkan dan diperkirakan akan hadir pada akhir November. Dalam hal tampilan, Realme 8i hadir dengan varian warna silky yang memberikan sentuhan segar.

Di pasar global, perangkat ini tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Space Black dan Space Purple. Dengan fitur gradasi warna dan desain reflektif yang keren dan unik, Realme 8i cocok untuk mereka yang memiliki semangat muda.

Sementara menunggu kehadiran dan penyebaran resmi Realme 8i di Indonesia, mari kita ketahui lebih dulu kelebihan dan kekurangannya.

Baca juga : 7 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S21 Plus 5G

Kelebihan Realme 8i

Realme memperkaya segmen smartphone terjangkau dengan kehadiran Realme 8i, yang diklaim dirancang khusus untuk gamer dan fotografer mobile. Dengan harga yang tidak melebihi 3 jutaan atau kurang dari 200 Euro, Realme menawarkan berbagai keunggulan yang sayang untuk dilewatkan.

Untuk menghilangkan rasa penasaran, mari kita simak informasi mengenai kelebihan Realme 8i yang wajib diketahui.

1. Layar Full HD+ dengan Refresh Rate Tinggi

Keunggulan pertama yang dimiliki perangkat ini terletak pada layarnya. Realme 8i menghadirkan layar full HD+ berukuran 6,6 inci dengan resolusi 1080x2412 piksel. Layar ini memiliki desain punch-hole yang memberikan tampilan menarik, dan kecerahan puncak mencapai 600 nits.

Layar Realme 8i juga mendukung refresh rate 120 Hz, yang menghasilkan pengalaman visual yang sangat mulus. Dengan kemampuan ini, animasi dan pengguliran konten terlihat lebih halus dan memberikan performa yang lancar. Selain itu, layar ini secara otomatis menyesuaikan refresh rate menjadi 30 Hz, 48 Hz, 50 Hz, 60 Hz, atau 90 Hz, tergantung pada kebutuhan penggunaan layar.

Realme 8i juga kompatibel dengan WideVine L1, memungkinkan pengguna untuk menikmati streaming HD maksimal melalui layanan OTT seperti Netflix.

2. Kombinasi Chipset Unggul dan Penyimpanan Besar

Realme 8i menggunakan chipset MediaTek Helio G96 yang mendukung refresh rate 120 Hz dan memberikan kinerja hemat daya. MediaTek Helio G96 adalah prosesor octa-core yang mendukung kartu SIM 4G LTE, bukan 5G seperti rekan-rekan sekelasnya, seperti Realme 8 5G. Jika pengguna tidak memerlukan konektivitas 5G, konfigurasi ini tidak menjadi masalah.

Selain itu, Realme 8i juga menyediakan kapasitas penyimpanan yang besar, yang sangat penting bagi para generasi muda. Di pasar global, Realme 8i tersedia dalam variasi RAM 4/6 GB dengan penyimpanan internal 64/128 GB. Selain itu, Realme juga menyediakan Extended RAM hingga 5 GB. Jika pengguna masih membutuhkan ruang penyimpanan tambahan, mereka dapat memperluasnya melalui kartu microSD.

Realme 8i dapat digunakan dalam mode dual SIM, dan yang menarik adalah pengguna masih dapat menggunakan dua kartu SIM bahkan saat memperluas kapasitas penyimpanan dengan kartu microSD. Dengan begitu, pengguna tidak perlu memilih antara dual SIM atau ekspansi memori seperti yang sering terjadi pada slot hybrid.

3. Baterai Berkapasitas Tinggi

Keunggulan lain yang ditawarkan Realme 8i adalah baterai berkapasitas tinggi yang mampu mendukung aktivitas sepanjang hari. Realme telah menyematkan baterai berkapasitas 5.000 mAh pada smartphone ini. Dengan refresh rate layar yang tinggi, pengguna dapat mengandalkan daya tahan baterai yang cukup besar.

Selain itu, Realme 8i dilengkapi dengan fitur Super Power-Saver yang sangat berguna dan dapat memperpanjang masa pakai baterai bahkan saat daya tersisa hanya 5%. Dengan demikian, memilih Realme 8i adalah pilihan yang ideal.

4. Kombinasi Kamera yang Kompetitif dalam Segmennya

Realme 8i dilengkapi dengan tiga kamera di bagian belakang. Sensor kamera utamanya menggunakan Samsung S5KJN1 dengan resolusi 50 MP, yang didukung oleh lensa 2 MP B&W dan lensa makro 2 MP. Untuk kamera depan, terdapat kamera 16 MP untuk selfie.

Dalam kondisi cahaya redup, pengguna dapat mengambil gambar menggunakan mode malam atau mode reguler, yang menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik sesuai harapan. Selain itu, pengguna juga dapat merekam video dengan resolusi 1080p dan 720p. Dalam mode perekaman, Realme 8i memberikan kebebasan pengaturan fokus otomatis dan ISO secara manual.

Meskipun resolusi utama kamera ini lebih rendah dibandingkan pendahulunya, namun sektor kamera Realme 8i tetap menawarkan hasil yang memuaskan bagi mereka yang gemar memotret berbagai objek.

Dengan berbagai keunggulan tersebut, Realme 8i adalah pilihan yang menarik untuk dipertimbangkan oleh para pengguna yang mencari smartphone berkualitas dengan harga terjangkau.

Baca juga : Cek 7 Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo 50i Sebelum Beli

Kekurangan Realme 8i

Selain memiliki keunggulan yang menarik, perangkat entry-level seperti Realme 8i juga memiliki beberapa kekurangan yang wajar mengingat harganya yang terjangkau. Berikut ini adalah beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan pada Realme 8i:

1. Penggunaan Panel LCD

Salah satu kekurangan Realme 8i adalah penggunaan panel LCD pada layarnya. Meskipun menawarkan kecepatan refresh yang mulus dan baterai yang besar, layar LCD cenderung menguras daya baterai lebih cepat dibandingkan dengan layar AMOLED.

Hal ini disebabkan oleh lampu latar belakang LCD yang selalu menyala di belakang semua piksel, sedangkan layar AMOLED hanya menyala piksel yang diperlukan. Oleh karena itu, pengguna Realme 8i mungkin akan mengalami penurunan daya baterai yang lebih cepat dibandingkan dengan smartphone yang menggunakan layar AMOLED.

2. Pengisi Daya Cepat Hanya 18 Watt

Realme 8i dilengkapi dengan konektivitas USB Type-C yang efisien. Namun, kekurangan lainnya terletak pada dukungan pengisi daya cepat yang hanya mencapai 18 Watt, sementara varian Realme lainnya sudah menggunakan versi 30 Watt. Hal ini mungkin menjadi pertimbangan bagi beberapa pengguna yang menginginkan pengisian daya yang lebih cepat.

3. Tidak Memiliki Kamera Ultra-wide

Kekurangan lain yang perlu diperhatikan adalah Realme 8i tidak dilengkapi dengan kamera ultra-wide. Kamera utama pada smartphone saat ini seringkali didukung oleh kamera ultra-wide untuk memberikan sudut pandang yang lebih luas.

Kamera ultra-wide dapat menangkap lebih banyak bidang pandang dari lingkungan sekitar dibandingkan dengan kamera biasa. Oleh karena itu, bagi mereka yang menginginkan fitur tersebut, kekurangan ini mungkin menjadi pertimbangan.

4. Speaker Mono

Meskipun layarnya memiliki resolusi yang tinggi dan ukuran yang memukau, Realme 8i memiliki speaker mono yang mungkin tidak dapat menyamai kualitas suara dari beberapa pesaingnya. Kehadiran speaker stereo mungkin memberikan pengalaman audio yang lebih baik. Oleh karena itu, pengguna Realme 8i mungkin perlu menurunkan ekspektasi terhadap kualitas suara yang dihasilkan.

Demikianlah kelebihan dan kekurangan Realme 8i, perangkat terbaru yang akan segera hadir di Indonesia. Apakah Anda sudah memiliki rencana untuk membelinya atau mungkin Anda tertarik dengan smartphone entry-level lainnya?

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.