Cek 7 Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo 50i Sebelum Beli

Tidak banyak yang dapat diharapkan dari sebuah smartphone dengan harga di bawah 1 jutaan. Namun, jika Anda seorang pemula yang baru menggunakan smartphone, Android menawarkan banyak pilihan yang terjangkau dan dapat diandalkan.

Realme Narzo 50i
Spesifikasi Realme Narzo 50i
  • Rilis : November 2021
  • Layar : 6.5 inci IPS LCD
  • Chipset : Octa-core 1.6 GHz
  • GPU : IMG8322
  • RAM : 4 GB
  • Memori Internal : 64 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 8 MP (wide)
  • Kamera Depan : 5 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh

Selengkapnya : Spesifikasi Realme Narzo 50i dan Harganya

Salah satu perangkat terbaru yang dirilis bulan lalu dan patut diperhatikan adalah Realme Narzo 50i. Dengan fitur-fitur dasar yang dimiliki oleh smartphone murah, perangkat ini dapat membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan mudah.

Realme telah meluncurkan Narzo 50i bersama dengan Narzo 50A yang menawarkan spesifikasi yang lebih menarik dengan harga sekitar 2 jutaan. Di Indonesia, Realme Narzo 50i dapat diperoleh dengan budget sekitar 1 jutaan, sehingga tidak memberatkan kantong.

Lalu, apa kelebihan dan kekurangan yang dapat ditemukan pada perangkat ini? Berikut adalah informasi yang padat mengenai hal tersebut.

Baca juga : Yuk, Intip 7 Kelebihan dan Kekurangan Realme GT Neo 2!

Kelebihan Realme Narzo 50i

Realme Narzo 50i memiliki desain yang mirip dengan Realme Narzo 30A, dan desain tali diagonal di bagian belakang bukanlah hal baru dalam seri Narzo.

Perangkat ini tersedia dalam dua pilihan warna menarik, yaitu Carbon Black dan Mint Green. Selain desain yang umum ditemui pada seri Narzo, berikut adalah beberapa kelebihan dari Narzo 50i.

1. Layar Besar

Realme Narzo 50i menggunakan panel LCD waterdrop IPS dengan ukuran 6,5 inci untuk menghasilkan warna dan kontras yang memadai dalam penggunaan sehari-hari. Layar ini juga mendukung kecerahan hingga 400 nits.

Namun, perlu diketahui bahwa perangkat ini tidak dilengkapi dengan pelindung kaca Corning standar atau fitur tampilan canggih lainnya. Mengingat harganya yang saat ini dapat diperoleh dengan budget di bawah 1,5 juta, hal ini bukanlah kekurangan yang signifikan.

Dalam hal teknis, layar yang besar ini dapat sangat berguna bagi para pelajar yang menggunakannya untuk belajar daring atau menonton video di YouTube. Realme Narzo 50i juga cocok bagi mereka yang ingin memberikan hadiah smartphone kepada orang tua mereka agar dapat melakukan panggilan video dengan layar yang luas.

2. Kapasitas Penyimpanan yang Handal

Realme sangat murah hati dengan memberikan kapasitas penyimpanan yang besar pada perangkat ini. Meskipun dihargai sekitar 1 jutaan, Realme Narzo 50i dilengkapi dengan RAM LPDDR4X hingga 4GB yang dipadukan dengan memori internal 64GB. Dibandingkan dengan pesaingnya, biasanya kalian hanya akan mendapatkan kapasitas 3GB + 32GB.

Hal ini menjadikan Realme Narzo 50i sangat layak untuk dibeli oleh para pelajar yang membutuhkan kapasitas besar untuk mengunduh materi pelajaran. Selain itu, kalian juga dapat memanfaatkan slot microSD yang mendukung kapasitas hingga 256GB karena Realme Narzo 50i dilengkapi dengan slot tiga kartu (2 kartu SIM + 1 microSD).

3. Baterai Berkapasitas Tinggi

Keunggulan yang menonjol dari Realme Narzo 50i adalah kapasitas baterainya yang besar. Realme memberikan baterai dengan kapasitas 5.000 mAh, sehingga kalian dapat menggunakan perangkat ini sepanjang hari tanpa khawatir kehabisan daya.

Jika ingin menghemat daya untuk penggunaan yang lebih lama, Realme Narzo 50i menyediakan fitur Ultra Saving Mode. Dengan fitur ini, kalian bahkan dapat melakukan panggilan selama 2 jam saat baterai tersisa hanya 5%.

Selain itu, perangkat ini juga mendukung fitur Reverse Charge yang memungkinkan kalian untuk berbagi daya dengan teman saat bepergian.

4. Prosesor Standar

Realme Narzo 50i dilengkapi dengan chipset octa-core yang cukup standar. Namun, kekuatan pemrosesan yang ditawarkan relatif rendah, dengan kecepatan inti sebesar 1,6 GHz. Perlu diingat bahwa kalian mungkin mengalami keterbatasan dalam multitasking dengan prosesor ini. Namun, untuk penggunaan standar seperti menjelajahi media sosial dan menonton video di YouTube, perangkat ini masih mampu dan lancar.

Namun, jangan berharap dapat memainkan game canggih tanpa masalah. Jika ingin menggunakan Realme Narzo 50i untuk game ringan, perangkat ini masih dapat diandalkan berkat fitur UI Realme Go. Selain itu, Realme juga memasukkan Android 11 Go Edition pada perangkat ini, sehingga kalian tetap memiliki akses ke fitur-fitur canggih.

Baca juga : Wajib Paham, Ini 7 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M02

Kekurangan Realme Narzo 50i

Realme telah meluncurkan perangkat ini bulan lalu di Indonesia, sehingga Narzo 50i termasuk dalam kategori smartphone terbaru yang seharusnya menarik perhatian luas.

Namun, kenyataannya, perangkat ini tidak mendapatkan hype sebanyak Realme Narzo 50A. Tidak butuh waktu lama untuk mengetahui apa yang membuatnya kurang mendapat perhatian dibandingkan pesaingnya.

Berikut adalah beberapa kekurangan yang dimiliki perangkat ini:

1. Sensor Kamera Utama Hanya 8MP

Perangkat baru pada akhir tahun 2021 yang hanya dilengkapi dengan kamera 8MP tidak banyak menarik minat pengguna Android secara umum.

Meskipun mungkin foto-foto yang diambil pada siang hari terlihat bagus dengan bantuan pemrosesan perangkat lunak AI melalui kamera utama 8MP, pengguna masa kini mengharapkan fitur Night Mode atau fitur lainnya yang dapat menghasilkan foto yang lebih menarik.

Selain itu, kamera Realme Narzo 50i tidak memiliki kamera sekunder di panel belakang. Namun, aplikasi kamera bawaan masih memiliki beberapa fitur dan filter yang dapat digunakan dalam situasi yang berbeda.

Untuk perekaman video, kamera utama mampu merekam dalam resolusi 1080p. Kalian juga dapat mengurangi resolusi video menjadi 720p jika diinginkan.

Hal yang sama berlaku untuk kamera selfie pada Realme Narzo 50i. Hanya ada sensor AI 5MP yang disematkan oleh Realme. Pada saat ini, smartphone terjangkau setidaknya seharusnya memiliki kamera depan dengan resolusi 8MP yang lebih baik untuk video call atau selfie.

Oleh karena itu, perangkat ini tidak layak dibeli oleh pengguna yang mengutamakan kualitas kamera saat memilih smartphone baru.

2. Masih Menggunakan Micro-USB

Kekurangan ini umumnya ditemukan pada perangkat terjangkau dari Realme. Meskipun mungkin karena alasan efisiensi biaya produksi, tetap menggunakan koneksi micro-USB pada perangkat smartphone terbaru terlihat agak ketinggalan zaman. Seharusnya Realme setidaknya menyertakan teknologi fast charging hingga 15W untuk mengisi daya baterainya yang besar.

3. Tidak Ada Sensor Sidik Jari

Realme Narzo 50i hanya dilengkapi dengan fitur face unlock dan tidak memiliki sensor sidik jari yang saat ini sudah umum digunakan. Artinya, kalian hanya bisa mengandalkan face unlock sebagai opsi biometrik dan fitur kunci perangkat standar.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Realme Narzo 50i sangat cocok untuk pemula yang baru menggunakan smartphone. Namun, perangkat ini tidak direkomendasikan untuk pengguna yang ingin melakukan upgrade ke perangkat terbaru karena spesifikasinya sangat standar.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.