Simak, Inilah 8 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M12

Perkembangan smartphone saat ini sangat fokus pada segmen entry-level. Perusahaan seperti Realme, Xiaomi, dan bahkan Samsung sibuk meluncurkan beberapa smartphone dalam seri ini untuk saling bersaing. Samsung, sebagai salah satu perusahaan terkenal, juga menghadirkan seri M dengan harga terjangkau, salah satunya adalah Galaxy M12 yang dapat dibeli dengan budget sekitar 1 jutaan.

Samsung Galaxy M12
Spesifikasi Samsung Galaxy M12
  • Rilis : April 2021
  • Layar : 6.5 inci PLS IPS 90Hz
  • Chipset : Exynos 850 (8nm)
  • GPU : Mali-G52
  • RAM : 3 GB, 4 GB
  • Memori Internal : 32 GB, 64 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 48 MP (wide), 5 MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan : 8 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 15W

Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy M12 dan Harganya

Selain kesuksesan seri A, Samsung juga menawarkan pilihan yang serupa dalam seri M. Bagi pengguna loyal Samsung, tentu sudah mengetahui bahwa seri M ini dikenal dengan daya tahan baterainya yang hebat.

Nah, apa saja kelebihan yang dimiliki Galaxy M12? Tulisan ini akan membantu Anda menemukan jawabannya dan memberikan informasi tentang kekurangan Galaxy M12 yang perlu dipertimbangkan.

Baca juga : Cek Dulu 9 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12 Sebelum Beli

Kelebihan Samsung Galaxy M12

Samsung Galaxy M12 adalah salah satu smartphone yang terkenal dengan chipset yang kuat, kamera yang berkualitas, dan daya tahan baterai yang lama. Mari kita lihat penjabarannya di bawah ini.

1. Desain Modern

Meskipun tampak serupa dengan perangkat lain dalam seri yang sama, Samsung Galaxy M12 merupakan salah satu smartphone dalam seri M yang menonjol. Jika kita melihat desain M31 dan M51, keduanya terlihat cukup sederhana tetapi memiliki spesifikasi yang mengesankan. Meskipun Galaxy M12 tidak memiliki spesifikasi terbaik, namun desainnya terlihat lebih modern.

Bagian belakang smartphone ini memiliki lapisan warna ganda yang terbagi menjadi lapisan bertekstur di bagian atas dan lapisan polos di bagian bawah. Untuk memberikan kesan yang lebih modern, Samsung juga menyematkan sensor sidik jari terintegrasi di dalam tombol daya. Seperti halnya pembaca sidik jari kapasitif, fingerprint perangkat ini diklaim memiliki akurasi yang sangat tinggi.

2. Kapasitas Baterai Tinggi

Keunggulan lain dari Galaxy M12 adalah kapasitas baterainya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, seri M dikenal dengan daya tahan baterai yang lama. Pada perangkat ini, Anda dapat menikmati kapasitas baterai 5.000 mAh yang andal untuk menemani aktivitas sehari-hari. Terlebih lagi, di tengah pandemi, keinginan untuk menonton drama favorit semakin besar, sehingga membutuhkan daya tahan baterai di atas rata-rata.

3. Layar Besar dengan Refresh Rate 90Hz

Jangan meremehkan harganya yang terjangkau, karena Samsung Galaxy M12 menawarkan layar yang menarik. Perangkat ini memiliki layar berukuran 6,5 inci dengan tampilan Infinity V. Yang lebih menarik adalah kecepatan refresh 90Hz pada layarnya.

Meskipun masih menggunakan tipe panel IPS LCD, ini masih termasuk standar untuk harga yang terjangkau. Terlebih lagi, Samsung Galaxy M12 adalah satu-satunya smartphone dalam keluarganya dengan kecepatan refresh tinggi di kisaran harga ini.

Samsung Galaxy M12 dilengkapi dengan kecepatan refresh adaptif, yang berarti panel tidak terkunci pada kecepatan refresh tinggi. Kecepatan refresh yang tinggi diklaim berfungsi dengan baik saat menggulir melalui Facebook dan Instagram, sehingga Anda dapat berselancar dengan nyaman.

4. Performa Unggul di Kelasnya

Mengenai performa, Anda dapat mempercayainya pada Samsung Galaxy M12. Meskipun memiliki harga terjangkau, Samsung tidak pelit dalam membenamkan chipset yang kuat. Galaxy M12 ditenagai oleh prosesor octa-core Exynos 850 buatan Samsung sendiri. Meskipun Exynos 850 adalah prosesor kelas rendah yang sederhana karena fokus pada efisiensi, namun fabrikasi 8nm yang dimilikinya akan membantu tugas sehari-hari dengan lancar.

Prosesor ini dipadukan dengan RAM hingga 4GB yang seharusnya cukup untuk multitasking. Selain itu, tersedia juga penyimpanan internal hingga 64GB untuk menyimpan berbagai file. Untungnya, perangkat ini juga memiliki slot untuk kartu microSD yang memungkinkan ekspansi eksternal hingga 1TB.

5. Konfigurasi Kamera yang Berkualitas

Samsung Galaxy M12 tidak kalah bersaing dalam hal konfigurasi kamera. Smartphone terjangkau ini dilengkapi dengan kamera belakang quad yang terdiri dari sensor utama 48MP dengan aperture f/2.0, lensa ultra-wide-angle 5MP dengan aperture f/2.2, sensor depth 2MP, dan kamera makro 2MP, semuanya dengan aperture f/2.4.

Meskipun merupakan smartphone kelas entry-level, Galaxy M12 menawarkan kinerja kamera yang memuaskan. Untuk perekaman video, perangkat ini mampu merekam hingga resolusi Full HD atau 1080p pada 30 frame per detik. Namun, karena harganya yang terjangkau, perangkat ini mungkin kurang stabil saat merekam video dengan gerakan yang intens.

Baca juga : Simak 9 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A72 Berikut Ini

Kekurangan Samsung Galaxy M12

Samsung Galaxy M12 memang memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk memilihnya. Berikut adalah beberapa kekurangan perangkat ini:

1. Resolusi Layar Masih HD+

Meskipun memiliki refresh rate 90Hz, Samsung Galaxy M12 masih memiliki resolusi layar HD+. Hal ini berarti fitur-fitur dan tampilan tidak seoptimal pada layar dengan resolusi Full HD+.

Selain itu, kerapatan piksel layar hanya sebesar 270 piksel per inci, yang tidak terlalu tinggi untuk detail visual yang tajam.

2. Fast Charging Hanya 15W

Meskipun memiliki kapasitas baterai yang besar, Samsung Galaxy M12 hanya mendukung fast charging 15W, yang tergolong rendah untuk standar saat ini. Ini berarti waktu pengisian daya yang lebih lama dibutuhkan. Sementara beberapa perangkat lain dalam kelasnya sudah mendukung teknologi fast charging 18W.

3. Bobot Perangkat yang Berat

Kekurangan lain dari Galaxy M12 adalah bobotnya yang cukup berat. Meskipun menggunakan material plastik, perangkat ini memiliki bobot lebih dari 200 gram, yaitu 214 gram. Jika Anda terbiasa menggunakan smartphone dengan bobot ringan, maka Galaxy M12 mungkin bukan pilihan yang tepat.

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M12 yang bisa kalian jadikan rujukan saat ingin membandingkan smartphone entry-level. Samsung Galaxy M12 memiliki kelebihan dalam hal kecepatan refresh, performa, dan daya tahan baterai yang dapat diandalkan untuk penggunaan sehari-hari. Namun, beberapa kekurangan seperti resolusi layar, fast charging yang terbatas, dan bobot perangkat yang berat perlu dipertimbangkan. Apakah Anda setuju dengan pendapat ini?

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.