Harga Samsung Galaxy M12 Terbaru 2024 dan Spesifikasi

Samsung Galaxy M12

Fitur Unggulan


  • Punya opsi Refresh rate 90 Hz untuk transisi layar yang 50% lebih mulus
  • Menggunakan OS Android 11 dengan One UI Core yang kaya akan fitur
  • Sensor sidik jari berada di samping
  • Salah satu dari segelintir HP 1 jutaan yang sudah dibekali dengan lensa Ultrawide
  • Kinerja yang lumayan dari Chipset Exynos 850

Selengkapnya : Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M12

Spesifikasi Samsung Galaxy M12

Umum
RilisApril 2021
JaringanGSM, HSPA, LTE
SIM CardDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body
Berat212 gram
Dimensi164 x 75,9 x 9,7 mm
MaterialDepan Kaca, Belakang Plastik, Frame Plastik
WarnaBlack, Blue

Layar
TipePLS IPS. 90Hz
Ukuran6,5 inci, ~81,9% rasio layar ke body
Resolusi720 x 1600 piksel, rasio 20:9, ~ 270 ppi

Platform
OSAndroid 11, One UI Core 3.1
ChipsetExynos 850 (8nm)
CPUOcta-core (4x2.0 GHz Cortex-A55 & 4x2.0 GHz Cortex-A55)
GPUMali-G52

Memori
Internal3/32 GB, 4/64 GB
JeniseMMC 5.1
EksternalmicroSDXC (slot khusus)

Kamera Belakang
Resolusi
48 MP, f/2.0, (wide), 1/2.0", 0.8µm, PDAF
5 MP, f/2.2, 123˚ (ultrawide)
2 MP, f/2.4, (macro)
2 MP, f/2.4, (depth)
FiturLED flash, panorama, HDR
Video1080p @30fps

Kamera Depan
Resolusi8 MP, f/2.2, (wide)
FiturHDR
Video1080p @30fps

Audio
SpeakerAda
Jack 3.5mmAda

Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSA-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
RadioFM Radio
NFCAda
USBUSB Type-C 2.0

Fitur
SensorFingerprint (side-mounted), accelerometer
LainnyaVirtual proximity sensing

Baterai
TipeLi-Po, non-removable
Kapasitas5.000 mAh
FiturFast charging 15W

Benchmark
AntutuInformasi tidak tersedia

Harga Samsung Galaxy M12

Harga
3/32 GB - Rp 1.600.000
4/64 GB - Rp 1.900.000

Catatan: Informasi yang tercantum di atas mungkin tidak sepenuhnya akurat. Silakan hubungi kami jika anda menemukan kesalahan pada informasi di atas.

Selengkapnya Tentang Samsung Galaxy M12

Samsung M12 keluaran tahun berapa?

Samsung Galaxy M12 merupakan ponsel yang diluncurkan pada tahun 2021, yakni pada tanggal 30 April 2021, untuk pasar Indonesia.

Seperti apa desain Samsung M12?

Meskipun memiliki harga terjangkau dan masih menggunakan bahan plastik, Samsung Galaxy M12 tidak terkesan murah. Sebaliknya, ponsel ini tampak unik berkat aksen desain berupa garis-garis pada bagian belakangnya.

Namun, perlu dicatat bahwa dalam hal bobot, Galaxy M12 tergolong cukup berat. Dengan dimensi 16,4 x 75,9 x 9,7 mm dan berat 212 gram, hal ini dapat mempengaruhi kenyamanan penggunaan bagi pengguna.

Apa saja pilihan warna Samsung Galaxy M12?

Samsung Galaxy M12 dapat ditemukan dalam tiga pilihan warna klasik yang menarik, yakni hitam, biru muda, dan hijau.

Berapa inci ukuran layar Samsung M12?

Samsung Galaxy M12 hadir dengan layar selebar 6,5 inci. Tampilannya terasa luas berkat desain layar infinity-V yang digunakan pada smartphone ini. Berbagai aktivitas seperti browsing internet, menonton video, dan bermain game menjadi lebih memuaskan dengan layar yang lebih besar.

Dengan resolusi HD+ 720 x 1600 piksel, rasio 20:9, dan kepadatan piksel sekitar ~270 ppi, tampilannya cukup jernih dengan sudut pandang yang memadai. Reproduksi warnanya juga cukup baik untuk kelas ponsel ini, meskipun tidak dapat dibandingkan dengan layar IPS lainnya.

Layar PLS TFT LCD yang digunakan juga mendukung refresh rate 90Hz, yang merupakan kelebihan untuk ponsel dengan anggaran terbatas dari Samsung. Refresh rate di atas standar 60Hz ini membantu menjalankan video berkualitas HD dan game dengan grafis tinggi lebih mulus. Meskipun demikian, refresh rate ini dapat diatur secara adaptif, sesuai dengan konten yang sedang diakses, sehingga tidak menguras daya baterai secara berlebihan.

Apakah Samsung Galaxy M12 dibekali proteksi Gorilla Glass?

Sayangnya, layar Samsung Galaxy M12 tidak dilengkapi dengan lapisan Corning Gorilla Glass, sehingga menjadi lebih rentan terhadap goresan.

Bagaimana performa dapur pacu Samsung M12?

Performa Samsung Galaxy M12 tergolong bertenaga di kelasnya berkat dukungan dari chipset Exynos 850 (8nm) dan prosesor Octa-core (4x2.0 GHz Cortex-A55 & 4x2.0 GHz Cortex-A55). Kombinasi ini tidak hanya meningkatkan daya tahan ponsel, tetapi juga memberikan kinerja yang kuat.

Dapur pacu ponsel ini juga diperkuat dengan kehadiran GPU Mali-G52. Kartu grafis ini dianggap lebih unggul dibandingkan pendahulunya, Mali-G51, karena membawa peningkatan hingga 30% dan efisiensi daya hingga 15%. Dengan demikian, Galaxy M12 mampu menghasilkan kualitas grafis yang tergolong baik.

Berapa RAM dan memori internal Samsung Galaxy M12?

Samsung Galaxy M12 hadir dengan pilihan RAM 3GB dan 4GB. Untuk penyimpanan, tersedia opsi memori internal mulai dari 32GB, 64GB, hingga 128GB. Jika kapasitas penyimpanan masih dirasa kurang, tersedia slot memori eksternal yang memungkinkan pengguna untuk memperluas hingga 1TB.

Samsung Galaxy M12 pakai OS apa?

Samsung Galaxy M12 menggunakan sistem operasi Android 11 dengan antarmuka pengguna One UI Core 3.1. Pengguna dapat menikmati berbagai fitur, termasuk Dark Mode otomatis yang dapat dijadwalkan dan disesuaikan dengan kebutuhan, Smart Home, dan berbagai fitur lainnya.

Apakah Samsung M12 cocok untuk bermain game?

Samsung Galaxy M21 tetap dapat diandalkan untuk kebutuhan bermain game kasual sehari-hari. Meskipun performa gamingnya tidak tergolong yang paling cepat, namun kamu masih bisa bermain game seperti Mobile Legends tanpa banyak kendala.

Pengalaman bermain game di ponsel ini semakin optimal berkat layar yang luas dan baterai yang besar. Satu hal yang perlu diperhatikan mungkin adalah bobot HP ini yang tidak ringan, sehingga penggunaan untuk bermain game dalam waktu yang lama dapat membuat tangan cepat pegal.

Bagaimana konfigurasi kamera Samsung M12?

Samsung Galaxy M12 dilengkapi dengan empat kamera belakang dengan resolusi utama 48 MP f/2.0 (wide), 1/2.0", 0.8µm, PDAF, kamera ultrawide 5 MP f/2.2 (123˚), kamera makro 2 MP f/2.4 (macro), dan kamera depth sensor 2 MP (f/2.4). Untuk resolusi video, baik kamera depan maupun belakang Samsung M12 mendukung hingga resolusi 1080p@30fps.

Kamera utama 48MP pada ponsel ini mampu menangkap gambar dengan kejernihan dan ketajaman yang baik. Kombinasi lensa ultrawide, makro, dan depth sensor memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar dengan sudut yang lebih luas dan menciptakan efek bokeh layaknya kamera profesional.

Sementara itu, kamera selfie Samsung M12 memiliki resolusi 8 MP. Meskipun tampaknya tidak seistimewa kamera utama, kamera depan ini tetap mampu menghasilkan foto selfie yang cukup baik. Fitur HDR yang dimilikinya juga dapat meningkatkan kualitas foto dengan pencahayaan yang lebih baik.

Berapa mAh baterai Samsung Galaxy M12?

Meskipun berada di kategori kelas menengah bawah, Samsung Galaxy M12 dibekali dengan baterai besar berkapasitas 5.000 mAh. Dengan kapasitas sebesar ini, Anda tidak perlu khawatir mengenai kehabisan baterai di tengah aktivitas sehari-hari.

Berapa lama baterai Samsung M12 bertahan?

Hasil uji menunjukkan bahwa daya tahan baterai smartphone ini sangat baik. Dalam penggunaan yang intensif untuk browsing internet, ponsel ini mampu bertahan hingga 20 jam. Untuk menonton video, daya tahannya mencapai 19 jam, sementara untuk melakukan panggilan telepon, baterainya bisa awet hingga 49 jam.

Apakah Samsung Galaxy M12 dibekali teknologi fast charging?

Samsung Galaxy M12 hadir dengan teknologi pengisian daya cepat 15W dan port USB Type-C. Proses pengisian daya dari nol hingga penuh hanya memerlukan waktu sekitar dua jam.

Apakah Samsung M12 punya fingerprint sensor?

Samsung Galaxy M12 menempatkan sensor pemindai sidik jari di sisi ponsel (side-mounted). Penempatan sensor ini cukup nyaman bagi pengguna karena memudahkan akses saat ponsel digenggam.

Apakah Samsung M12 anti air?

Sayangnya, Samsung Galaxy M12 tidak dilengkapi dengan sertifikasi IP rating untuk ketahanan terhadap air dan debu. Walaupun demikian, hal ini dapat dimaklumi mengingat harganya yang tidak terlalu tinggi.

Apakah Samsung M12 mendukung jaringan 5G?

Tidak, ponsel ini masih mendukung jaringan 4G dengan kecepatan HSPA dan LTE-A.

Apa saja konektivitas Samsung M12?

Samsung M21 dilengkapi dengan konektivitas Wi-Fi 802.11 b/g/n, serta dukungan koneksi Bluetooth 5.0 dengan A2DP dan LE. Selain itu, ponsel ini memiliki fitur penentuan lokasi menggunakan GPS, GLONASS, GALILEO, dan BDS.

Apakah Samsung Galaxy M12 ada NFC?

Tidak, Samsung Galaxy M12 tidak dilengkapi dengan fitur NFC.

Samsung M12 bisa dual SIM?

Ya, Samsung Galaxy M12 mendukung dual SIM dengan ukuran Nano-SIM yang dapat digunakan dalam mode dual stand-by.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.