Cek Dulu 9 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12 Sebelum Beli

Xiaomi 12 membuktikan kebolehannya sebagai perangkat flagship dengan harga di atas 9 jutaan. Ponsel ini menjadi alternatif yang tidak kalah baik dengan smartphone mungil lainnya, seperti iPhone SE atau ASUS Zenfone 8.

Xiaomi 12
Spesifikasi Xiaomi 12
  • Rilis : April 2022
  • Layar : 6.28 inci AMOLED 120Hz Dolby Vision HDR10+
  • Chipset : Snapdragon 8 Gen 1 (4nm)
  • GPU : Adreno 730
  • RAM : 8 GB
  • Memori Internal : 256 GB
  • Memori Eksternal : Tidak tersedia
  • Kamera Belakang : 50 MP (wide), 13 MP (ultrawide), 5 MP (telephoto macro)
  • Kamera Depan : 32 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 4500 mAh, Fast Charging 67W

Selengkapnya : Spesifikasi Xiaomi 12 dan Harganya

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12? Simak informasi lengkap berikut ini:

Kelebihan Xiaomi 12

Xiaomi sebelumnya telah dikenal sebagai vendor smartphone yang kerap menghadirkan spesifikasi tidak tanggung-tanggung untuk ponsel jagoannya. Nah, pada Xiaomi 12 kalian akan menemukan beberapa kelebihan berikut ini.

Baca juga : Ini Dia 7 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A55

1. Desain Mewah

Xiaomi 12 tampil dengan desain mewah dan premium yang berbeda dari pendahulunya, menciptakan kesan segar dan tidak monoton. Dengan bobot yang ringan hanya 180 gram, Xiaomi 12 menggunakan material ringan yang nyaman di genggaman. Hadir dalam tiga varian warna yang simple dan elegan, yaitu Blue, Gray, dan Purple.

Menariknya, Xiaomi 12 menawarkan dua versi material berbeda, yakni panel belakang kaca dan varian kulit sintetis yang lebih eksklusif. Keduanya memberikan bodi yang kompak, ringan, dan ergonomis.

2. Performa Kebut

Ditenagai oleh SoC 5G terbaru dari Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 1, Xiaomi 12 memiliki performa kencang dan hemat daya berkat proses fabrikasi 4 nanometer. Peningkatan ini membuatnya 25% lebih hemat daya dari pendahulunya dengan kinerja GPU yang 30% lebih kuat.

Snapdragon 8 Gen 1 dilengkapi dengan CPU Octa-core berkecapatan maksimum 3.0 GHz dan GPU Adreno 730 berjalan pada frekuensi 818 MHz. Dapur pacu yang powerful ini cocok untuk pengguna yang menginginkan performa tanpa lemot.

3. Layar AMOLED 120 Hz

Xiaomi 12 memiliki layar AMOLED DotDisplay berukuran 6.28 inci dengan kerapatan piksel 419 ppi. Keunggulan layarnya adalah kecepatan refresh hingga 120 Hz dan touch sampling rate mencapai 480 Hz.

Duo kombinasi apik ini menghasilkan navigasi layar yang smooth saat bermain game atau melakukan scrolling sosial media. Layar Xiaomi 12 juga didukung dengan HDR10+ dan Dolby Vision, serta dilindungi oleh Corning Gorilla Glass Victus.

4. Konfigurasi Kamera Unggul

Sebagai perangkat flagship, Xiaomi 12 menawarkan pengalaman fotografi yang maksimal. Terdapat triple kamera di bagian belakang dengan kamera utama 50MP dilengkapi dengan OIS, kamera ultrawide 13MP, dan kamera telemakro 5MP. Kamera depannya memiliki resolusi 32MP untuk selfie yang berkualitas.

Xiaomi 12 juga dilengkapi dengan fitur menarik seperti Ultra Night Video, mode vlog, dan video HDR10+. Keunggulan kamera utamanya juga memungkinkan merekam video resolusi 8K pada 24fps.

5. Baterai dan Pengisian Daya

Di balik bodi rampingnya, Xiaomi 12 menyematkan baterai berkapasitas 4.500 mAh yang didukung oleh berbagai teknologi pengisian daya terkini. Pengisian daya cepat hingga 67W via USB type-C, pengisi daya turbo 50W nirkabel, dan reverse charging 10W nirkabel hadir untuk memudahkan pengguna.

6. Speaker Stereo

Xiaomi 12 memiliki keunggulan dalam output suara, berkat speaker ganda di sisi atas dan bawah ponsel. Kualitas audio yang jernih dan berkualitas didukung oleh setelan Dolby Atmos dan sound by Harman Kordon, memberikan pengalaman mendengarkan yang memuaskan.

7. Sensor Lengkap

Sebagai smartphone premium, Xiaomi 12 menyediakan berbagai sensor lengkap di kelasnya, seperti kompas elektronik, IR Blaster, sensor kedip, sensor jarak, cahaya ambien, akselerometer, motor linear, dan sensor sidik jari dalam layar.

Baca juga : Simak 9 Kelebihan dan Kekurangan Redmi 10 Berikut ini

Kekurangan Xiaomi 12

Selain kelebihannya yang menggoda, jangan abaikan beberapa kekurangan Xiaomi 12 berikut ini ya.

1. Konfigurasi Penyimpanan Kurang Variatif

Xiaomi 12 hadir dengan konfigurasi penyimpanan tunggal, yaitu RAM 8GB yang dipadukan dengan memori internal 256GB. Tidak ada opsi untuk kapasitas penyimpanan lebih rendah atau lebih tinggi, sehingga pengguna harus puas dengan opsi yang disediakan.

2. Tidak Memiliki Slot microSD

Selain penyimpanan terbatas, Xiaomi 12 juga tidak menyediakan slot microSD, sehingga pengguna harus memindahkan file besar secara manual ke cadangan online jika membutuhkan kapasitas tambahan.

Itulah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12 yang perlu kalian catat. Semoga tulisan ini dapat menjadi referensi dalam menentukan pilihan flagship baru untuk tahun ini. Mari coba rewrite artikel tersebut dengan gaya bahasa yang menarik dan hasil yang lebih optimal.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.