Simak 9 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A72 Berikut Ini

Samsung menghadirkan smartphone tangkas dan penuh keberanian dengan Samsung Galaxy A72. Ponsel ini menonjolkan daya tahan baterai yang besar dengan kapasitas 4500mAh, serta layar yang luas dengan ukuran 6,7 inci.

Samsung Galaxy A72
Spesifikasi Samsung Galaxy A72
  • Rilis : Maret 2021
  • Layar : 6.7 inci Super AMOLED 90Hz
  • Chipset : Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8nm)
  • GPU : Adreno 618
  • RAM : 8 GB
  • Memori Internal : 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 64 MP (wide), 8 MP (telephoto), 12 MP (ultrawide), 5 MP (macro)
  • Kamera Depan : 32 MP (wide)
  • Baterai : Li-Ion 5000 mAh, Fast Charging 25W

Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy A72 dan Harganya

Kehebatan ponsel ini juga terletak pada sistem kamera belakang yang mengesankan, dengan kombinasi lensa 64 + 8 + 12 + 5MP dan tingkat densitas piksel yang mencapai 393ppi. Tampilan yang jernih dapat dinikmati dengan resolusi 1080 x 2400 piksel.

Meskipun memiliki spesifikasi yang luar biasa, ponsel ini tetap ringan dengan berat 179g dan didukung oleh prosesor Octa Core. Detail lengkap dari ponsel pintar ini akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Baca juga : 7 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A32, Murah dan Menarik

Kelebihan Samsung Galaxy A72

Berikut adalah detail lebih lanjut mengenai Samsung Galaxy A72.

1. Desain Tahan Air dan Debu

Samsung Galaxy A72 memiliki sertifikasi IP67 yang membuatnya tahan terhadap air dan debu. Dengan berat 203 gram dan dimensi 165 x 77.4 x 8.4 mm, ponsel ini memiliki bodi yang dilapisi dengan material kaca di bagian depan dan desain Waterdrop Notch yang menyerupai tetesan air.

2. Layar AMOLED

Samsung Galaxy A72 menggunakan teknologi layar Super AMOLED berukuran 6,7 inci. Layar ini memberikan presisi yang baik dan kontras warna yang lebih tajam. Kecerahan layar mencapai 800 nits, sehingga pengguna dapat melihat layar dengan jelas di bawah sinar matahari. Kerapatan piksel sebesar 394 ppi menghasilkan tampilan yang tajam.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan pemindai sidik jari di dalam layar dan fitur pengenalan wajah melalui sensor optik, yang memungkinkan keamanan biometrik.

3. Android 11 Penuh Fitur

Samsung Galaxy A72 dilengkapi dengan sistem operasi Android 11 yang didukung oleh antarmuka pengguna One UI 3.1. Fitur-fitur menarik yang disediakan oleh OS Android 11 meliputi pengaturan Smart Home di tombol daya, notifikasi prioritas, akses ke mini game, mode Do Not Disturb, dan banyak lagi. Ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur SmartThings Samsung dan Dolby Atmos, yang meningkatkan kualitas audio untuk aktivitas seperti menonton film, mendengarkan musik, dan lainnya.

4. Desain Rapih dan Profesional

Samsung Galaxy A72 memiliki desain kamera belakang yang rapi dan estetis. Bodi tipis dan elegan membuatnya cocok bagi mereka yang ingin tampil profesional di hadapan orang lain.

5. Kamera Canggih

Ponsel ini dilengkapi dengan beberapa peningkatan pada sistem kameranya. Fitur-fitur seperti LED flash, HDR, dan panorama dapat ditemukan pada Samsung Galaxy A72. Ponsel ini mampu menghasilkan gambar yang cerah dengan warna yang alami.

Dengan konfigurasi resolusi 4K pada 30 frame per detik dan 1080p pada 30/60fps, pengguna dapat merekam video dengan hasil yang jernih. Fitur gyro-EIS juga hadir untuk menjaga kestabilan gambar. Bagi pecinta swafoto, ponsel ini dilengkapi dengan kamera depan berukuran 32 MP dengan bukaan f/2.2. Fitur HDR juga hadir untuk meningkatkan kontras warna. Ponsel ini dapat merekam video dalam resolusi 4K@30fps dan 1080p@30fps, sehingga cocok untuk konferensi video.

6. Baterai Berkapasitas Besar

Samsung Galaxy A72 dilengkapi dengan baterai Li-Po berkapasitas 5.000 mAh, yang dapat bertahan hingga dua hari penggunaan. Hal ini memungkinkan pengguna yang sering bermain game atau menghabiskan waktu di media sosial tidak perlu khawatir dengan daya tahan baterai.

7. Fitur NFC

Ponsel ini dilengkapi dengan fitur Near Field Communication (NFC), yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi non-tunai dan berbagai fungsi lainnya seperti akses informasi Smart Card, penandaan lokasi, pembukaan perangkat lunak, transfer data atau file, dan koneksi ke perangkat lain.

Baca juga : Kenali 7 Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 11 Pro ini!

Kekurangan Samsung Galaxy A72

Selain kelebihan yang telah disebutkan sebelumnya, Samsung Galaxy A72 juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli smartphone ini.

1. Material Belakang Berbahan Plastik

Samsung Galaxy A72 memiliki bagian belakang yang terbuat dari plastik. Hal ini mungkin menjadi kekecewaan bagi beberapa orang yang mengharapkan material yang lebih premium. Namun, bagi yang menginginkan ponsel yang ringan dan sederhana, hal ini mungkin tidak menjadi masalah. Penggunaan material plastik juga membuat ponsel ini lebih ringan.

2. Sensor Makro Tanpa Auto Fokus

Bagi pecinta fotografi, hal ini perlu dipertimbangkan. Selain kehilangan sensor kedalaman pada kamera utama, sensor makro 5 MP pada Samsung Galaxy A72 juga tidak dilengkapi dengan teknologi auto fokus. Hal ini dapat menyulitkan pengguna saat ingin mengambil foto objek dengan mode makro, karena mereka harus mengatur fokus secara manual.

Selain itu, dalam hal videografi, Samsung Galaxy A72 mengalami penurunan dibandingkan dengan pendahulunya, Samsung Galaxy A71. Ponsel ini kehilangan kemampuan merekam video dengan resolusi 1080p dan 960fps. Meskipun demikian, secara keseluruhan, ponsel ini tetap memberikan banyak perubahan dan peningkatan dibandingkan dengan model sebelumnya.

Untuk pengguna yang membutuhkan kehandalan Samsung Galaxy A72 dalam menjalankan aktivitas harian, ponsel ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan layar yang jernih, kamera yang baik, baterai yang tahan lama, dan sistem operasi Android 11, ponsel ini mampu memberikan performa yang menarik dengan harga sekitar 6 juta rupiah. Meskipun memiliki kekurangan, ponsel ini tetap menawarkan pengalaman yang menarik. Apakah Anda tertarik untuk memiliki smartphone kelas menengah ini?

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.