7 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A32, Murah dan Menarik

Samsung, sebuah perusahaan yang tak asing lagi dalam dunia smartphone. Merek ini telah menghasilkan berbagai produk yang dikenal luas oleh masyarakat. Salah satu produk terbaru mereka adalah Samsung Galaxy A32, yang menjanjikan fitur-fitur canggih. Namun, untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang kelebihan dan kekurangannya, mari kita telusuri secara detail.

Samsung Galaxy A32
Spesifikasi Samsung Galaxy A32
  • Rilis : Maret 2021
  • Layar : 6.4 inci Super AMOLED 90Hz
  • Chipset : MediaTek Helio G80
  • GPU : Mali-G52 MC2
  • RAM : 6 GB, 8 GB
  • Memori Internal : 128 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 5 MP (macro), 5 MP (depth)
  • Kamera Depan : 20 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 15W

Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy A32 dan Harganya

Dalam artikel ini, kita akan membahas dengan lebih mendalam tentang apa yang membuat Galaxy A32 menonjol dan juga apa yang mungkin menjadi keterbatasannya. Mari kita jelajahi lebih lanjut mengenai ponsel ini untuk memahami mengapa Galaxy A32 patut mendapatkan perhatian.

Baca juga : Ketahui 7 Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 11 Pro 5G Ini!

Kelebihan Samsung Galaxy A32

Samsung Galaxy A32, sebagai penerus Galaxy A31 yang sangat populer di pasaran sebelumnya, hadir dengan sejumlah keunggulan yang tidak kalah menarik untuk dipertimbangkan, antara lain:

1. Desain Minimalis

Galaxy A32 memiliki desain yang berbeda dari pendahulunya. Desain minimalist dengan gaya yang mencolok dan finishing yang mengkilap menjadi ciri khasnya. Bodi ponsel ini glossy tanpa adanya motif, baik pada bagian depan maupun belakangnya. Hal ini menjadi perbedaan yang signifikan dari Galaxy A31 sebelumnya.

Bagi yang menyukai tampilan elegan, Galaxy A32 bisa menjadi pilihan yang menarik. Kesannya terpancar dengan jelas melalui desain minimalisnya yang memiliki tulisan "Samsung" di bagian bawah.

Selain itu, Samsung Galaxy A32 hadir dalam empat pilihan warna glossy polos yang menarik, yaitu Awesome Black, Awesome White, Awesome Blue, dan Awesome Violet.

2. Panel Layar AMOLED 90Hz

Galaxy A32 merupakan smartphone termurah yang menggunakan panel layar Super AMOLED dengan refresh rate 90Hz (adaptif). Menarik, bukan? Ketika menyentuh layarnya, Galaxy A32 terasa halus dan responsif.

Anda tidak akan bosan melihat layar cerdas ponsel ini. Warna yang dihasilkan sangat tajam, cerah, dan hitam yang sempurna. Layar ini juga tidak mengalami kendala saat digunakan di bawah sinar matahari, berkat kecerahan puncaknya yang mencapai 800 nit.

Bagi yang memiliki mata sensitif, Galaxy A32 dilengkapi dengan fitur eye comfort shield yang telah mendapatkan sertifikasi eye care dari SGS. Fitur ini melindungi mata dari bahaya cahaya biru yang dipancarkan oleh layar. Jumlah cahaya biru sudah ditekan hingga kurang dari 6,5 persen.

3. Kamera Utama 64MP

Galaxy A32 hadir dengan fitur kamera yang lengkap. Ponsel pintar ini dilengkapi dengan kamera belakang, termasuk lensa utama 64MP f/1.8, lensa ultrawide 8MP f/2.2, lensa makro 5MP f/2.4, dan lensa sensor kedalaman 5MP f/2.4. Keempat lensa tersebut didukung oleh satu lampu kilat. Selain itu, terdapat juga kamera depan 20MP f/2.2 tanpa lampu kilat.

Meskipun memiliki kesamaan dengan Galaxy A31 dalam hal setup kamera, Galaxy A32 menawarkan kamera utama dengan resolusi yang lebih tinggi. Menurut beberapa sumber, kualitas gambar yang dihasilkan sangat baik. Pengguna juga dapat mengaktifkan mode pixel binning untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 64MP yang lebih baik.

Namun, pengguna tidak disarankan menggunakan pengaturan kamera default (16MP), karena hasil fotonya kurang detail. Baik pada pengaturan 64MP maupun 16MP, keduanya dapat mengurangi noise dalam kondisi cahaya yang redup.

Kamera Galaxy A32 juga mampu merekam video dengan kualitas yang baik. Ponsel ini dapat merekam video hingga resolusi Full HD pada 30 fps. Fitur slow motion juga tersedia (720p pada 120 fps). Meskipun hasil rekaman videonya baik, pengguna mungkin akan mengalami guncangan jika merekam video dengan tangan. Pengguna dapat menggunakan tripod untuk mengatasinya.

4. Performa Handal untuk Gaming

Fitur yang ditunggu-tunggu adalah performa gaming. Galaxy A32 mampu menjalankan game berat seperti PUBG Mobile, Call of Duty, dan Asphalt 9 dengan lancar pada pengaturan grafik standar.

Sumber lain juga mencatat bahwa game berat seperti Genshin Impact masih dapat berjalan di ponsel ini dengan pengaturan grafik terendah dan frame rate 60 fps. Meskipun rentang frame rate gambar yang dihasilkan berkisar antara 15-25 fps, namun bisa turun hingga 10 fps saat ada pertarungan.

Keberadaan chipset MediaTek Helio G80 memberikan performa yang tangguh untuk bermain game berat. Chipset ini memiliki GPU Mali-G52 MC2 dengan kecepatan 950 MHz yang cukup tinggi.

Baca juga : Melihat 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A32 5G

Kekurangan Samsung Galaxy A32

Meskipun Samsung Galaxy A32 memiliki berbagai keunggulan menarik, seperti halnya smartphone lainnya, juga terdapat beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan, antara lain:

1. Fast Charging 15W

Galaxy A32 hanya mendukung teknologi pengisian cepat 15W, sedangkan versi lain seperti Galaxy A52 dan A72 memiliki fitur pengisian cepat 25W. Hal ini berarti proses pengisian baterai Galaxy A32 membutuhkan waktu yang lebih lama.

2. Speaker Kurang Keras

Beberapa sumber menyebutkan bahwa speaker mono pada Galaxy A32 menghasilkan suara yang relatif pelan. Volume maksimum speaker tidak cukup keras.

3. Kinerja Kurang Stabil

Meskipun Galaxy A32 memiliki performa yang baik untuk bermain game berat dengan chipset Helio G80, dalam penggunaan sehari-hari terkadang terdapat kendala. GPU pada chipset Helio G80 dapat menjalankan resolusi tinggi dengan refresh rate 90Hz, tetapi stabilitasnya terkadang kurang konsisten.

Misalnya, terdapat penundaan sekitar 4-5 detik ketika pengguna mengakses ikon kamera. Hal serupa juga terjadi saat menggunakan mode pengambilan gambar lain dalam aplikasi kamera.

Dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan tersebut, Anda dapat memutuskan apakah Galaxy A32 sesuai dengan kebutuhan Anda. Samsung telah berusaha untuk menyajikan ponsel yang terjangkau dengan layar, kamera, dan performa yang baik. Meskipun ada beberapa keterbatasan, secara keseluruhan Galaxy A32 cukup memadai untuk penggunaan sehari-hari, terutama bagi pengguna yang tidak memiliki kebutuhan yang sangat intensif.

Jika Anda menyukai ponsel dengan desain elegan yang sederhana dan menarik, serta pilihan warna yang beragam, Galaxy A32 bisa menjadi pilihan yang layak. Harganya juga terbilang terjangkau, dengan varian memori 128GB/6GB dijual di bawah Rp4 juta.

Jadi, jika Anda mencari ponsel dengan harga terjangkau yang memiliki layar, kamera, dan performa yang memadai, Galaxy A32 dapat menjadi pertimbangan yang baik.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.