Simak 9 Kelebihan dan Kekurangan Redmi 10 Berikut Ini

Xiaomi telah meluncurkan sejumlah smartphone terbaru yang sangat diminati tahun ini, dan salah satunya adalah Redmi 10. Perangkat ini merupakan penerus dari Redmi 9. Dalam pasar yang penuh persaingan, Redmi 10 memiliki daya tarik sendiri dengan desainnya yang dilapisi plastik matte pada bagian belakangnya.

Redmi 10
Spesifikasi Redmi 10
  • Rilis : September 2021
  • Layar : 6.5 inci LCD 90Hz
  • Chipset : MediaTek Helio G88 (12nm)
  • GPU : Mali-G52 MC2
  • RAM : 4 GB, 6 GB
  • Memori Internal : 64 GB, 128 GB
  • Memori Eksternal : Tidak tersedia
  • Kamera Belakang : 50 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan : 8 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 18W

Selengkapnya : Spesifikasi Redmi 10 dan Harganya

Hal ini memberikan tampilan yang lebih simpel dan tidak mencolok dibandingkan dengan pesaingnya. Selain itu, Redmi 10 juga menonjol dengan kehadiran empat kamera di bagian belakang, sesuai dengan tren saat ini. Dengan segala kelebihan dan fitur menarik yang dimilikinya, Redmi 10 pasti akan menjadi pilihan yang asyik dan beragam bagi para penggemar smartphone.

Baca juga : Inilah 7 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Zero 20

Kelebihan Redmi 10

Xiaomi memang hebat dengan deretan smartphone terbarunya yang sangat diminati, termasuk yang paling populer saat ini, Redmi 10! Si kecil ini berhasil menjadi primadona di kategori harga terjangkau dari Xiaomi.

Dengan fitur-fitur pentingnya, Redmi 10 mampu mencuri perhatian di antara pesaingnya. Dari gaming hingga penggunaan sehari-hari, perangkat ini memenuhi semua kebutuhan dengan budget yang ramah di kantong. Yuk, kita bahas beberapa kelebihan menarik dari Redmi 10 berikut ini.

1. Layar Full HD+ dengan Refresh Rate 90Hz

Redmi 10 menghadirkan layar lebar 6,5 inci dengan resolusi 1080p. Ukuran yang besar ini membuatnya menjadi salah satu smartphone terbaik untuk menikmati film dengan kualitas yang luar biasa.

Baik saat menonton serial Netflix atau bermain game visual, Redmi 10 memberikan pengalaman yang halus dan memukau. Kelebihan lainnya adalah tingkat kejernihan layarnya yang tinggi, dengan kepadatan piksel mencapai 405 ppi.

Tapi, yang paling menarik adalah kecepatan refresh rate 90Hz yang menjadi daya tarik utama perangkat ini. Xiaomi juga menyertakan pengaturan Adaptive Sync, sehingga kamu bisa beralih antara 45/60/90 Hz sesuai dengan tampilan yang ada di layar. Bonusnya, Redmi 10 dilengkapi dengan Mode Sunlight yang sangat membantu saat penggunaan di bawah sinar matahari terik.

Dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 3, layar Redmi 10 terjaga dari kemungkinan kerusakan saat penggunaan sehari-hari. Smartphone praktis ini memiliki ketebalan 8,9 mm dan bobot 181 gram, yang membuatnya nyaman digenggam.

2. Kamera yang Fotogenik

Xiaomi selalu bangga dengan kualitas kamera yang luar biasa pada smartphone-nya. Redmi 10 tak ketinggalan, dengan kamera quad yang terdiri dari kamera utama 50MP. Selain itu, ada juga tiga kamera tambahan yang menonjol dengan kamera ultra-wide 8MP yang memiliki sudut pandang 120 derajat, sensor makro 2MP, dan sensor kedalaman 2MP.

3. Daya Tahan Baterai yang Tinggi

Selain memiliki layar lebar, tentu penting juga memiliki daya tahan baterai yang memadai. Xiaomi memasangkan baterai berkapasitas 5.000 mAh pada Redmi 10, sehingga kamu bisa menggunakan smartphone ini sepanjang hari dengan puas.

Tak hanya itu, Redmi 10 juga didukung dengan fast charging 18W agar kamu tidak perlu menunggu lama saat mengisi daya. Xiaomi juga menambahkan dukungan reverse charging hingga 9W, yang berguna saat kamu perlu berbagi daya dengan perangkat lain dalam situasi darurat saat bepergian. Di antara smartphone dengan harga serupa, tidak banyak yang menawarkan fitur ini.

4. Penyimpanan yang Luas

Salah satu faktor yang penting dalam memilih smartphone adalah ruang penyimpanan yang ditawarkan. Xiaomi melalui sub-brand Redmi selalu memanjakan pengguna dengan ruang penyimpanan yang lega.

Redmi 10 menawarkan dua varian penyimpanan, dengan RAM 4/6GB dan ROM 64/128GB. Jika kamu membutuhkan ruang lebih besar, Xiaomi juga menyediakan opsi untuk memperluas kapasitas dengan kartu microSD hingga 512GB.

Yang menarik, Xiaomi mencatat bahwa Redmi 10 juga mendukung ekspansi RAM, di mana kamu bisa menambahkan hingga 2GB RAM tambahan. Fitur ini didukung oleh MIUI 12.5 yang memungkinkan Memory Extension. Menarik, bukan? Tertarik untuk mencobanya?

5. Speaker Stereo

Di era yang maju seperti sekarang, banyak vendor smartphone yang menawarkan kualitas audio yang baik untuk memberikan pengalaman gaming dan menonton film yang lebih nyaman.

Xiaomi juga tidak mau ketinggalan, dan Redmi 10 dilengkapi dengan speaker stereo. Dengan speaker stereo, audio yang dihasilkan terdengar lebih natural dan jernih. Tidak heran banyak pengguna Android lebih suka sistem stereo daripada speaker mono biasa.

6. Chipset Bertenaga di Kelasnya

Xiaomi mengklaim bahwa Redmi 10 menjadi debut global untuk MediaTek Helio G88. Dengan proses fabrikasi 12nm dan kecepatan clock hingga 2GHz, kamu tak perlu khawatir tentang kinerjanya dalam penggunaan sehari-hari.

Prosesor octa-core ini sangat cocok dengan layar Full HD+ yang dihadirkan oleh Redmi 10, serta mendukung refresh rate 90Hz. Performa grafisnya juga dikelola dengan baik oleh Arm Mali-G52, sehingga tampilan yang ditampilkan lancar dan memuaskan. Redmi 10 benar-benar memikat dengan segala keasyikan dan variasi yang ditawarkannya.

Baca juga : Cek Dulu 9 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12 Sebelum Beli

Kekurangan Redmi 10

Redmi 10 memang menjadi andalan Xiaomi di kategori harga rendah dengan harga mulai dari 1 jutaan. Meski demikian, ada beberapa kekurangan yang perlu menjadi pertimbangan sebelum memilih smartphone ini. Mari kita lihat beberapa kekurangan Redmi 10 berikut ini:

1. Kualitas Video Maksimal 1080p

Redmi 10 memiliki konfigurasi kamera yang mengesankan, namun kemampuan merekam videonya terbatas hingga resolusi 1080p. Baik kamera depan maupun belakang, perangkat ini hanya mampu merekam video dengan kecepatan 30 fps pada resolusi 1920x1080 piksel. Di tengah banyaknya pilihan smartphone terbaru yang mampu merekam video dengan kualitas yang lebih tinggi, ini bisa menjadi kekurangan yang perlu dipertimbangkan.

2. Tidak Mendukung Slot MicroSD

Banyak pengguna Android menyukai smartphone dengan slot microSD yang memungkinkan mereka untuk melakukan ekspansi penyimpanan dengan mudah. Selain itu, smartphone dengan memori internal yang lebih besar cenderung memiliki harga yang lebih tinggi. Namun, sayangnya Redmi 10 tidak menyediakan slot microSD, sehingga pengguna harus puas dengan kapasitas penyimpanan internal yang ada.

3. Tidak Mendukung NFC dan Jaringan 5G

Beberapa smartphone dalam sub-brand Redmi yang sebanding harga dengan Redmi 10 sudah dilengkapi dengan dukungan jaringan 5G dan fitur NFC. Namun, Xiaomi tidak menyertakan fitur-fitur tersebut pada Redmi 10. Bagi pengguna yang menginginkan konektivitas terbaru dan fitur NFC untuk berbagai keperluan, ini bisa menjadi kekurangan yang penting untuk dipertimbangkan.

Pengguna smartphone Android ingin mendapatkan fitur-fitur unggulan terbaru yang dapat mereka nikmati dan manfaatkan sesuai kebutuhan. Terlebih lagi, dengan perkembangan jaringan 5G, smartphone yang hanya mendukung jaringan 4G dapat tertinggal oleh smartphone terbaru yang menawarkan kinerja lebih canggih dan konektivitas yang lebih cepat.

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, Redmi 10 tetap menjadi pilihan yang terjangkau untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Kelebihan-kelebihannya yang signifikan menjadikannya smartphone yang menarik untuk budget yang terbatas.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.