Yuk, Ketahui 8 Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo 50A!

Realme Narzo 50A memiliki kemiripan dengan pendahulunya, Realme Narzo 30A, namun dengan beberapa perubahan desain dan peningkatan kamera menjadi 50MP. Hal ini berarti perangkat ini menawarkan kualitas fotografi yang lebih baik sambil tetap menjaga kinerja game yang memuaskan dan daya tahan baterai yang lama.

Realme Narzo 50A
Spesifikasi Realme Narzo 50A
  • Tahun Rilis : 2021
  • Layar : 6.5 inci IPS LCD 60Hz
  • Chipset : MediaTek Helio G85
  • GPU : Mali-G52 MC2
  • Internal : 4GB 64GB/128GB
  • Eksternal : Ada (Slot Khusus)
  • Kamera Belakang : 50 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan : 8 MP
  • Baterai : Li-Po 6000 mAh, fast charging 18W
  • Harga : Rp 1.897.800

Selengkapnya : Spesifikasi Realme Narzo 50A dan Harganya

Harga Realme Narzo 50A yang hanya sekitar 2 juta rupiah membuatnya begitu menarik perhatian bagi pengguna Android yang setia. Realme juga menonjolkan performa unggulan dari Narzo 50A, yang tidak perlu diragukan lagi. Di Indonesia, perangkat ini hadir dalam dua pilihan warna, yaitu Oxygen Green dan Oxygen Blue.

Meskipun ada alternatif baru dari merek pesaing, apakah Realme Narzo 50A masih layak dipilih? Mari kita cari tahu lebih detail mengenai kelebihan dan kekurangan Realme Narzo 50A berikut ini.

Baca juga : 8 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Realme 8i

Kelebihan Realme Narzo 50A

Persaingan di segmen entry-level semakin ketat, sehingga setiap smartphone baru yang diluncurkan tahun ini harus membawa perubahan dan peningkatan yang segar dibandingkan pendahulunya. Realme Narzo 50A tidak ingin melewatkan kesempatan tersebut dan menghadirkan beberapa kelebihan yang menarik.

1. Peningkatan Sensor Kamera

Realme Narzo 50A menghadirkan peningkatan pada kamera belakangnya dengan sensor 50 MP dan lensa aperture f/1.8. Kamera utama ini didampingi oleh sepasang sensor 2 MP untuk pemotretan makro dan monokrom/potret. Perangkat ini juga menawarkan fokus otomatis deteksi fase untuk fokus yang cepat dan akurat dalam kondisi pencahayaan yang cukup.

Selain itu, Realme Narzo 50A dilengkapi dengan sensor gambar besar di bagian belakang yang mendukung zoom digital hingga 10x, memungkinkan pengambilan detail dari jarak jauh. Perangkat ini juga memiliki Mode 50MP untuk mengambil foto lanskap dengan resolusi lebih tinggi.

Aplikasi kamera bawaan perangkat ini juga menambahkan dua filter foto baru, yaitu Astral dan Dazzle. Filter Astral memberikan efek psikedelik pada potret malam, sedangkan filter Dazzle menghadirkan lebih banyak warna dalam gambar.

Untuk selfie dan video call, Realme Narzo 50A dilengkapi dengan kamera depan 8 MP. Antarmuka pengguna kamera tidak mengalami perubahan, dengan kemampuan perekaman video hingga 1080p pada 30 fps untuk kamera depan dan belakang.

2. Baterai Raksasa 6.000 mAh

Salah satu nilai jual utama dari Realme Narzo 50A adalah kapasitas baterainya yang besar. Perangkat ini dibekali baterai dengan kapasitas 6.000 mAh yang diklaim dapat bertahan hingga 53 hari dalam mode Siaga. Baterai ini mampu memberikan waktu pemutaran YouTube hingga 27 jam atau waktu bermain game hingga 8 jam secara terus-menerus.

Untuk memperpanjang masa pakai baterai, Realme Narzo 50A dilengkapi dengan beberapa opsi hemat daya, seperti Sleep Standby Optimization, Screen Battery Optimization, mode Super Power Saving, dan App Quick Freeze.

Fitur App Quick Freeze memungkinkan pengguna untuk membekukan aplikasi yang jarang digunakan, sehingga mengurangi penggunaan daya aplikasi di latar belakang. Dengan fitur ini, pengguna dapat menggunakan perangkat ini lebih lama.

Untuk pengisian daya, Realme menyediakan dukungan fast charger hingga 18W. Meskipun bukan yang tercepat di kelasnya, kecepatan ini masih cukup standar untuk smartphone dengan harga sekitar 2 jutaan.

3. Chipset Bersaing di Segmen Entry-Level dan Penyimpanan Besar

Realme Narzo 50A ditenagai oleh chipset MediaTek Helio G85 yang telah banyak digunakan pada perangkat murah lainnya, termasuk Realme Narzo 30A. Chipset ini memiliki CPU Octa-core dengan fabrikasi 12nm dan kecepatan hingga 2.0GHz, yang merupakan standar di segmen entry-level.

Performa Realme Narzo 50A didukung oleh RAM 4GB dan penyimpanan internal hingga 128GB. Dengan kapasitas baterai yang besar dan chipset Helio G85, Realme Narzo 50A merupakan salah satu smartphone terbaik di kelasnya dengan rasio harga dan performa yang menjanjikan.

4. Layar Mini-drop Fullscreen

Realme Narzo 50A dilengkapi dengan layar berukuran 6,5 inci dengan desain water drop untuk menampung kamera depan. Realme mengklaim bahwa desain notch baru ini lebih kecil dari sebelumnya, dengan rasio screen-to-body mencapai 88,7% dan rasio aspek 20:9. Dengan kombinasi tersebut, pengguna dapat menikmati pengalaman menonton yang luas seperti di bioskop saat streaming video.

Layar Mini-drop Fullscreen pada Realme Narzo 50A juga dilengkapi dengan beberapa opsi tampilan untuk kenyamanan pengguna, seperti Mode Gelap dan Kenyamanan Mata. Terdapat juga Mode Sinar Matahari atau Sunlight yang memungkinkan layar mencapai kecerahan 570 nits sehingga dapat digunakan di luar ruangan dalam kondisi cahaya yang cukup terang.

5. Mendukung Slot MicroSD

Kelebihan terakhir dari Realme Narzo 50A adalah adanya dukungan untuk ekspansi penyimpanan melalui kartu microSD. Fitur ini sering kali tidak tersedia pada beberapa smartphone entry-level terbaru, sehingga menjadi nilai tambah yang patut diapresiasi. Pengguna dapat menambahkan kapasitas penyimpanan eksternal hingga 256GB menggunakan kartu microSD pada perangkat ini, memungkinkan penyimpanan lebih banyak file.

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki, Realme Narzo 50A merupakan pilihan yang layak dipertimbangkan dalam segmen entry-level.

Baca juga : 11 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A52

Kekurangan Realme Narzo 50A

Dalam rangka menawarkan harga yang terjangkau, Realme Narzo 50A memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan saat memilih smartphone baru. Berikut adalah beberapa kekurangan tersebut:

1. Layar IPS dengan Resolusi HD+

Realme Narzo 50A menggunakan panel layar IPS LCD yang menawarkan ketajaman yang cukup dan tingkat kecerahan yang layak. Namun, kekurangan layar ini adalah resolusinya hanya HD+. Keputusan ini mungkin diambil untuk menghemat biaya produksi. Jadi, pengguna harus puas dengan kualitas tampilan yang mungkin kurang tajam.

Selain itu, Realme Narzo 50A hanya memiliki sertifikasi Widevine L3, yang berarti pemutaran streaming video terbatas pada kualitas SD. Jika Anda adalah penggemar streaming konten atau menonton film, perangkat ini mungkin kurang cocok sebagai pilihan utama, karena tidak dapat menampilkan konten dengan kualitas tajam pada platform seperti Amazon Prime Video atau Netflix.

2. Speaker Mono

Realme Narzo 50A hanya dilengkapi dengan satu speaker mono. Hal ini juga membatasi dukungan audio yang memadai untuk menonton film atau video. Kualitas suara mungkin tidak seoptimal pada perangkat dengan speaker stereo.

3. Bodi Tebal dan Berat

Kekurangan ini terkait dengan hadirnya baterai yang besar pada Realme Narzo 50A. Bobot perangkat yang mencapai 207 gram dan ketebalan 9,6 mm mungkin dianggap cukup berat dan tebal bagi beberapa orang.

Jika Anda lebih memilih perangkat yang ringkas dan tipis, maka berat dan ketebalan ini dapat menjadi mengganggu. Anda mungkin ingin mempertimbangkan pilihan lain dengan ukuran yang lebih kompak, meskipun dengan kapasitas baterai yang lebih kecil.

Demikianlah kelebihan dan kekurangan Realme Narzo 50A yang perlu diketahui bagi mereka yang tertarik dengan produk terbaru dari Realme. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda dalam membuat keputusan.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.