11 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A52

Kabar gembira bagi pecinta smartphone di Indonesia! Samsung baru saja merilis Samsung A52 pada tanggal 19 Maret dan mulai tersedia di toko-toko sejak tanggal 22 Maret 2021. Sebelumnya, para penggemar harus melakukan pre-order melalui beberapa toko online untuk bisa mendapatkan perangkat ini.

Samsung Galaxy A52
Spesifikasi Samsung Galaxy A52
  • Rilis : Maret 2021
  • Layar : 6.5 inci Super AMOLED 90Hz ~407ppi
  • Chipset : Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8nm)
  • GPU : Adreno 618
  • RAM : 8 GB
  • Memori Internal : 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 64 MP (wide), 12 MP (ultrawide), 5 MP (macro), 5 MP (depth)
  • Kamera Depan : 32 MP (wide)
  • Baterai : Li-Ion 4500 mAh, Fast Charging 25W

Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy A52 dan Harganya

Dengan kehadiran Samsung A52 yang baru, kita bisa mengulas kelebihan dan kekurangannya sebagai referensi sebelum membeli. Artikel ini akan memberikan gambaran lengkap tentang smartphone ini, sehingga tetaplah membaca hingga akhir.

Baca juga : 8 Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 11 yang Perlu Diketahui

Kelebihan Samsung Galaxy A52

Galaxy A52, penerus Galaxy A51 yang fenomenal, hadir dengan beragam keunggulan yang tak kalah menarik untuk dipertimbangkan. Mari kita bahas satu per satu fitur hebat yang dimiliki perangkat ini!

1. Layar Super AMOLED 90Hz yang Membuat Mata Terpesona

Siapa sangka Samsung Galaxy A52 menghadirkan layar Super AMOLED 90Hz yang menjadikannya unik di antara produk Samsung lainnya? Dengan layar ini, pengalaman visualmu akan semakin memukau dengan warna-warna yang tajam, jernih, dan realistis.

Tak perlu khawatir, layarnya tetap responsif dan mulus saat digunakan untuk bermain game atau menjalankan aplikasi sehari-hari. Kamu pasti akan terpesona dengan kecerahan layarnya yang mencapai 800 Nits, memastikan tampilan tetap nyaman di bawah sinar matahari. Tinggalkan kekhawatiranmu tentang memicingkan mata, karena Galaxy A52 hadir untuk memanjakanmu.

2. Dilindungi oleh Gorilla Glass 5 untuk Perlindungan Optimal

Dengan lapisan kaca Corning Gorilla Glass 5 yang melindunginya, Samsung Galaxy A52 memberikan keamanan ekstra saat perangkatmu terjatuh. Tak perlu panik atau menghisteris, karena lapisan ini mampu menahan benturan dan goresan. Tetapi tetaplah berhati-hati, layarnya tetap bisa pecah jika terkena benturan yang sangat keras.

3. Desain Tipis dan Ringan untuk Kenyamanan Menggenggam

Galaxy A52 hadir dengan bodi tipis hanya 8,4 mm dan bobot ringan hanya 189 gram. Kamu tidak perlu khawatir tentang pilihan warna, karena tersedia dalam varian Awesome Black, Awesome White, Awesome Violet, dan Awesome Blue yang mengagumkan.

4. Kamera Depan 32 Megapixel untuk Hasil Selfie Menggoda

Kualitas kamera depan Samsung Galaxy A52 tidak perlu diragukan lagi. Dengan resolusi 32 Megapixel, kamera depan ini menjadi andalan bagi pecinta selfie. Tidak hanya itu, kamera depan ini juga mampu merekam video dengan resolusi 4K@30fps, memberikan nilai tambah bagi penggemar gadget di Indonesia.

5. Kamera Belakang Berkualitas Tinggi dengan Banyak Pilihan

Galaxy A52 menghadirkan empat kamera belakang yang mengesankan. Lensa utama 64 Megapixel dilengkapi dengan fitur PDAF dan OIS, memberikan hasil foto dan video yang lebih berkualitas. Selain itu, terdapat juga kamera ultrawide 12 Megapixel, kamera Macro 5 Megapixel, dan Depth Sensor 5 Megapixel. Totalnya, smartphone ini memiliki empat kamera belakang yang siap memenuhi segala kebutuhan fotografi.

6. Tahan Air dengan Rating IP67

Samsung Galaxy A52 memiliki keunggulan unik lainnya, yaitu ketahanan air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit. Dengan rating IP67, perangkat ini siap menghadapi kegiatan outdoor yang melibatkan air. Meskipun begitu, tetap perlu diingat untuk tidak membawanya saat mandi.

7. Desain Layar Infinity-O Display dengan Gaya Punch Hole

Berbeda dengan Galaxy A32 yang masih menggunakan notch, Galaxy A52 memiliki desain layar yang lebih premium. Dengan layar Infinity-O Display, kamera depannya terletak pada punch hole yang simetris di tengah layar, memberikan kesan seperti smartphone flagship Samsung. Dengan desain yang mengagumkan ini, Galaxy A52 benar-benar mencuri perhatian.

Galaxy A52 memiliki segudang keunggulan yang membuatnya menjadi perangkat yang patut dipertimbangkan. Dari layar Super AMOLED 90Hz hingga kamera yang menggoda, serta perlindungan Gorilla Glass 5 yang optimal, Samsung Galaxy A52 siap memukau penggunanya.

Baca juga : 7 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S21 Plus 5G

Kekurangan Samsung Galaxy A52

Samsung Galaxy A52 menawarkan beragam keunggulan yang menarik, namun tidak luput dari beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Mari kita jelajahi bersama!

1. Performa yang Lancar Namun Tidak Kompetitif

Samsung Galaxy A52 hadir dengan performa yang cukup cepat, namun masih tertinggal dibandingkan dengan beberapa pesaingnya seperti Xiaomi Redmi Note 10 Pro. Ponsel ini menggunakan chipset Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G dengan prosesor Octa-core (2x2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6x1.8 GHz Kryo 465 Silver) dan GPU Adreno 618.

Meskipun demikian, kekurangan ini sebagian dapat diatasi dengan RAM berkapasitas 8GB dan pilihan memori internal 128GB atau 256GB. Tersedia juga slot memori eksternal, namun perlu diperhatikan bahwa slot yang digunakan adalah slot hybrid.

2. Koneksi Masih 4G LTE

Kekurangan yang disayangkan adalah Samsung Galaxy A52 hanya tersedia dalam versi 4G untuk pasar di Indonesia. Meskipun demikian, ponsel ini memiliki konektivitas lain yang lengkap, seperti Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac Dual Band, Bluetooth v5.0, GPS (A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS), dan Port USB Type-C. Fitur NFC juga disediakan untuk mendukung pembayaran digital seperti E-Money dan Flazz BCA.

3. Performa Baterai Pas-Pasan

Meskipun Samsung Galaxy A52 memiliki kapasitas baterai yang cukup besar, tidak sebesar Galaxy A32 dengan baterai 5.000 mAh, namun baterainya tetap dapat bertahan dengan baik. Ponsel ini mampu bertahan selama 2 hari pemakaian normal yang cukup awet. Sayangnya, Samsung hanya menyediakan charger 15W dalam paket penjualan.

4. Harga di Kisaran 5 Jutaan

Samsung Galaxy A52 hadir dengan harga yang cukup tinggi, yaitu sekitar Rp. 4.999.000 untuk varian RAM 8GB/128GB. Jika ingin memori internal yang lebih besar, tersedia juga varian RAM 8GB/256GB dengan harga Rp. 5.399.000. Harga tersebut perlu dipertimbangkan sebelum membeli ponsel ini.

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, Samsung Galaxy A52 tetap menawarkan kemewahan dan kesan premium dengan desain finishing matte yang elegan. Harga yang tinggi juga sebanding dengan kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan oleh ponsel ini.

Dengan segala pertimbangan ini, apakah Samsung Galaxy A52 sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda?

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.