Yuk, Simak 7 Kelebihan dan Kekurangan Realme C21Y!

Realme C21Y merupakan salah satu smartphone terbaru dari Realme, perusahaan yang telah mengalami pertumbuhan pesat dalam beberapa tahun terakhir dan kini menjadi salah satu perusahaan smartphone terbesar di dunia.

Realme C21Y
Spesifikasi Realme C21Y
  • Rilis : Juli 2021
  • Layar : 6.5 inci IPS LCD ~270ppi
  • Chipset : Unisoc T610 (12nm)
  • GPU : Mali-G52
  • RAM : 2 GB, 4 GB
  • Memori Internal : 32 GB, 64 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 13 MP (wide), 2 MP (depth), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan : 5 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh

Selengkapnya : Spesifikasi Realme C21Y dan Harganya

Baru-baru ini, Realme bahkan berhasil menduduki peringkat keenam sebagai perusahaan smartphone terbesar di dunia dan menjadi perusahaan yang paling cepat mengirimkan lebih dari 100 juta unit smartphone ke seluruh dunia. Hal ini menunjukkan potensi besar bagi Realme dalam beberapa tahun mendatang.

Meskipun Realme C21Y tidak diluncurkan sebagai seri menengah yang mengesankan seperti Realme GT, smartphone flagship mereka yang memiliki banyak penggemar, namun seri C ini juga menawarkan pilihan yang lebih terjangkau namun tetap menarik.

Pada pandangan pertama, Realme C21Y memiliki tampilan yang terlihat premium. Kualitas pembuatannya terlihat sangat baik mengingat harganya yang mulai dari 1,5 juta rupiah berdasarkan informasi resmi dari Realme. Dengan harga yang terjangkau ini, mari kita lihat apa saja yang dapat kalian dapatkan dari Realme C21Y secara lebih detail.

Baca juga : 11 Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y75 5G yang Harus Diketahui

Kelebihan Realme C21Y

Realme C21Y, smartphone terbaru dari Realme, telah membawa peningkatan yang dapat diandalkan sebagai perangkat sehari-hari dalam persaingan di segmen entry-level. Berikut adalah beberapa kelebihan Realme C21Y yang perlu diketahui sebelum membeli smartphone ini.

1. Desain yang Menarik

Realme C21Y tidak mencoba meniru tampilan model lain, melainkan membawa ciri khas dari sub-mereknya sendiri. Salah satunya adalah nama Realme yang terpampang di bagian belakang dengan efek cahaya yang berbeda-beda saat memantulkan cahaya di bagian punggungnya.

Tekstur kasar pada punggungnya juga memberikan kesan material yang berkualitas, sehingga tidak terlihat murahan. Hal ini berbeda dengan smartphone entry-level pada umumnya yang cenderung memiliki punggung polos yang terlihat membosankan dan murah.

2. Layar yang Memuaskan

Realme C21Y dilengkapi dengan layar IPS LCD 6,5 inci yang sangat besar dengan resolusi HD+ 720 x 1600 piksel. Layarnya dapat digunakan dengan nyaman di luar ruangan berkat kecerahan maksimum 420 nits.

Selain itu, pengaturan layar Realme C21Y juga menyediakan fitur-fitur menarik seperti tema gelap, kecerahan adaptif, pengaturan skala gambar dan ukuran font, serta tampilan pemberitahuan di layar terkunci. Fitur-fitur ini membuat Realme C21Y sangat direkomendasikan bagi penggemar menonton film.

3. Performa yang Tangguh dengan Penyimpanan yang Luas

Realme C21Y ditenagai oleh prosesor Unisoc T610 octa-core dengan teknologi proses 12 nm. Prosesor ini terdiri dari dua core Cortex-A75 dengan kecepatan 1,8 GHz dan enam core Cortex-A55 dengan kecepatan yang sama. Grafiknya ditangani oleh akselerator Mali-G52.

Meskipun chipset ini dirilis pada Juni 2019, masih memberikan performa yang baik untuk smartphone entry-level. Realme C21Y hadir dengan pilihan RAM 3/4 GB (LPDDR4X) dan penyimpanan internal 32/64 GB, serta dukungan untuk kartu microSD hingga 256 GB. Dalam penggunaan sehari-hari, Realme C21Y mampu menangani tugas-tugas dengan lancar dan gesit.

4. Baterai yang Tahan Lama

Realme C21Y dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang dapat mendukung aktivitas sehari-hari dengan nyaman. Bahkan dengan penggunaan yang tidak terlalu intensif, baterai ini bisa bertahan selama 2 hari.

5. Konfigurasi Triple Kamera

Realme C21Y juga menawarkan kemampuan menghasilkan potret menawan. Kamera belakangnya terdiri dari tiga modul, termasuk kamera utama 13 MP dengan aperture f/2.2 dan PDAF, kamera makro 2 MP (aperture f/2.4), dan sensor monokrom dengan aperture dan resolusi yang sama.

Kamera utama 13 MP memungkinkan pengambilan gambar dengan detail dan warna yang solid, serta mampu merekam video dalam resolusi 1080p. Terdapat juga berbagai mode foto seperti Otomatis, Potret, Burst, Makro, Pro (Standar dan Malam), hingga Panorama.

Dengan dukungan fitur-fitur tersebut, Realme C21Y memberikan pengalaman yang memuaskan dan dapat diandalkan, terutama dengan harga yang sangat terjangkau. Bagaimana, tertarik mencoba kemampuan kamera Realme C21Y?

Baca juga : Yuk Cari Tahu 9 Kelebihan dan Kekurangan Realme 8 5G

Kekurangan Realme C21Y

Setelah mengetahui beberapa kelebihan Realme C21Y, sekarang saatnya kita melihat beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih smartphone ini. Kekurangan-kekurangan berikut mungkin menjadi faktor utama dalam memilih smartphone baru:

1. Pengisi Daya yang Ketinggalan Jaman

Pada tahun 2021, USB Type-C sudah menjadi tren yang umum diikuti oleh smartphone baru. Namun, Realme C21Y masih menggunakan konektor microUSB, yang terlihat agak ketinggalan jaman. Hal ini juga berdampak pada kecepatan pengisian daya yang lambat dan belum sebanding dengan pesaing-pesaingnya.

Realme C21Y tidak mendukung fast charging 18W seperti yang biasa ditemui pada smartphone lain dengan harga serupa. Jadi, jika Anda menginginkan pengisian daya yang cepat, Realme C21Y mungkin bukan pilihan yang tepat sebagai perangkat utama sehari-hari.

2. Kamera Selfie 5 MP

Meskipun Realme C21Y dilengkapi dengan tiga kamera di bagian belakang, namun kamera selfie-nya cukup mengecewakan. Hanya terdapat satu kamera wide dengan resolusi 5 MP di bagian notch layar. Tentu saja, kemampuan kamera ini di bawah rata-rata karena setidaknya Realme seharusnya menyediakan kamera depan dengan resolusi 8 MP untuk bersaing dengan smartphone entry-level lainnya.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Realme C21Y yang penting untuk diketahui, terutama bagi penggemar smartphone dengan harga terjangkau. Jika Anda tidak terlalu mempermasalahkan kamera depan atau teknologi pengisian daya, Realme C21Y adalah pilihan yang terjangkau dan hemat biaya. Anda dapat memilih salah satu dari dua varian warna yang ditawarkan oleh Realme, yaitu Cross Black dan Cross Blue.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.