Harga Realme C21Y Terbaru 2024 dan Spesifikasi

Realme C21Y

Fitur Unggulan


  • Baterai 5000 mAh yang terbilang besar
  • Ketahanan bodi yang kuat
  • Chipset Unisoc T610 yang gahar 
  • Ada slot memori eksternal dan 3,5 mm Jack Audio
  • 13 MP triple camera yang lumayan bagus

Selengkapnya : Kelebihan dan Kekurangan Realme C21Y

Spesifikasi Realme C21Y

Umum
Rilis2021
Jaringan2G, 3G, 4G
SIM CardDual SIM (Slot Khusus)
eSIMTidak

Body
Berat200 gram
Dimensi164,5 x 76 x 9,1 mm
Ketahanan
Fitur LainnyaPlastik polikarbonat, TUV Rheinland High Reliability Certification

Layar
TipeIPS LCD
Ukuran6.5 inci
Refresh Rate60 Hz
Resolusi720 x 1600 piksel
Rasio20:9
Kerapatan270 ppi
Proteksi
Fitur Lainnya

Hardware
ChipsetUNISOC Tiger T610
CPUOcta-core (2x2.0 GHz Cortex-A75 & 6x1.8 GHz Cortex-A55)
GPU Mali-G52

Memori
RAM3 GB, 4 GB
Memori Internal32 GB, 64 GB
Memori EksternalAda (Slot Khusus)

Kamera Belakang
Jumlah Kamera3
Konfigurasi 13 MP (wide), f/2.2 2 MP (macro), f/2.4 2 MP (depth), f/2.4
FiturPDAF, panorama, HDR, LED flash, Video: 1080p@30fps

Kamera Depan
Jumlah Kamera1
Konfigurasi5 MP (wide), f/2.2
FiturHDR, panorama, Video: 1080p@30fps

Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSGPS, A-GPS, GLONASS, BDS
InfraredTidak Ada
NFCTidak Ada
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go

Baterai
TipeLi-Po
Kapasitas5000 mAh
FiturReverse charging

Fitur
OS (Saat Rilis)Android 10, realme UI (Saat Rilis)
SensorFingerprint (rear), Accelerometer, Proximity, Compass
Jack 3.5mmAda
WarnaCross Black, Cross Blue
Fitur Lainnya

Benchmark
Antutu

Harga Realme C21Y

Harga
3/32 GB - Rp 1.439.900

Catatan: Informasi yang tercantum di atas mungkin tidak sepenuhnya akurat. Silakan hubungi kami jika anda menemukan kesalahan pada informasi di atas.

Selengkapnya Tentang Realme C21Y

realme C21Y keluaran tahun berapa?

realme C21Y merupakan ponsel yang diluncurkan pada tahun 2021. Di Indonesia, ponsel ini resmi dirilis dan sudah dapat dibeli mulai tanggal 21 Juli 2021 melalui platform penjualan resmi realme. Tersedia dua varian pilihan yang dihadirkan di Indonesia, yaitu 3 GB/32 GB dan 4 GB/64 GB.

Seperti apa desain HP realme C21Y?

Ponsel ini mengusung desain Geometric Art Design. Bodi bagian belakangnya menggunakan bahan polikarbonat dan menampilkan dua segitiga berhadapan, memberikan tampilan yang tidak standar untuk C21Y. Dari segi ukuran, seri C21Y ini memiliki dimensi 164,5 x 76 x 9,1 mm dan bobot seberat 200 gram.

Tekstur unik yang terlihat seperti huruf X dapat dirasakan pada bagian belakang ponsel, memberikan sentuhan modern dan membuatnya tidak licin, serta nyaman digenggam tanpa meninggalkan sidik jari. Pada bagian ujung kanan atas, terdapat tiga kamera belakang yang dapat membantu dalam merekam momen-momen tak terlupakan. Meskipun menggunakan material plastik polikarbonat, build quality dari realme C21Y terasa solid, meski termasuk dalam kategori smartphone murah.

Tak hanya itu, C21Y juga telah dilengkapi dengan sertifikasi TÜV Rheinland High Reliability, menunjukkan ketangguhan fisiknya saat terjatuh atau tergores. Untuk memperoleh sertifikasi ini, ponsel harus menjalani serangkaian tes, termasuk 10 skenario uji jatuh, 6 komponen uji reliabilitas, dan 7 skenario lingkungan yang ekstrem.

Apa saja pilihan warna HP realme C21Y?

realme C21Y semakin menarik dengan adanya dua opsi warna yang tersedia, yakni Cross Black dan Cross Blue. Kamu dapat memilih ponsel dengan warna terang seperti Cross Blue atau pilihan warna gelap seperti Cross Black sesuai dengan preferensimu.

Berapa ukuran layar realme C21Y?

realme C21Y semakin menarik dengan hadirnya dua pilihan warna, yaitu Cross Black dan Cross Blue. Kamu bisa memilih ponsel dengan warna cerah seperti Cross Blue atau opsi warna yang lebih gelap seperti Cross Black sesuai dengan preferensimu.

Berapa refresh rate realme C21Y?

Ponsel ini menyuguhkan refresh rate hingga 60Hz. Meskipun refresh rate ini termasuk standar, hal tersebut sesuai dengan kelas entry level yang ditempati oleh ponsel ini.

Seperti apa performa realme C21Y?

Smartphone ini ditenagai oleh chipset Unisoc T610 (12 nm) dengan prosesor Octa-core (2xX.X GHz Cortex-A75 & 6x1.8 GHz Cortex-A55) dan GPU Mali G52. Dari hasil uji, kombinasi dari prosesor Octa core, chipset, dan GPU tersebut menghasilkan performa yang handal. Ponsel ini mampu menjalankan multitasking dengan membuka berbagai aplikasi hingga melakukan panggilan video tanpa mengalami lag.

Berapa RAM realme C21Y?

Mendukung chipset Unisoc T610, ponsel ini dilengkapi dengan RAM 3 GB dan RAM 4 GB, serta memiliki penyimpanan internal sebesar 32 GB/64 GB. Jika dibandingkan dengan beberapa smartphone lainnya, kapasitas RAM 3 GB/4 GB memang tergolong tidak terlalu besar, mengingat ada beberapa ponsel yang menawarkan RAM hingga 6 GB atau 8 GB.

Meskipun begitu, kapasitas ini masih dianggap cukup baik untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Jika menginginkan kinerja yang lebih cepat, pengguna bisa memilih varian RAM 4 GB.

realme C21Y pakai Android berapa?

realme C21Y telah dipasangkan dengan Android 10, versi realme UI R edition yang dapat ditingkatkan ke Android 11. realme UI R edition ini merupakan varian yang lebih sederhana dari realme UI, dikembangkan khusus berdasarkan OS Android 11 dengan berbagai peningkatan pada fungsi dasarnya.

Apakah realme C21Y bagus untuk gaming?

Ponsel ini menawarkan performa yang cukup baik untuk bermain game. Hal ini dikarenakan keberadaan chipset Unisoc Tiger T610 yang mumpuni dalam menjalankan berbagai game, mulai dari PUBG Mobile hingga Mobile Legends: Bang Bang. Bahkan untuk para penggemar game Genshin Impact, mereka masih dapat memainkannya dengan pengaturan terendah. Selain itu, untuk memaksimalkan pengalaman bermain game, realme telah melengkapi ponsel ini dengan fitur Game Space yang membantu meningkatkan efisiensi perangkat saat digunakan untuk bermain game.

Bagaimana kualitas kamera realme C21Y?

Hasil jepretan kamera pada ponsel ini dapat dianggap bagus. Triple kamera dengan resolusi 13 MP + 2 MP + 2 MP-nya didukung oleh mode Pro yang memungkinkan pengaturan rana (shutter speed), titik fokus, ISO, white balance, kontras, serta saturasi, serupa dengan kamera profesional. Kamera selfie pada ponsel ini juga dapat memotret dengan sudut pengambilan yang luas. Kehadiran fitur HDR dan panorama dalam spesifikasinya juga dapat memaksimalkan fungsi kamera untuk mengambil berbagai mode yang diperlukan.

Fitur-fitur lainnya pada kamera HP realme C21Y juga dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Super Nightscape, sebagai contoh, memungkinkan pengambilan gambar pemandangan malam dengan lebih terang dan detail. Dengan kata lain, kamera dapat menghasilkan foto yang baik meskipun dalam kondisi cahaya minim.

Chroma Boost dengan fitur AI-nya membantu menghasilkan foto dengan warna yang lebih cerah. Perpaduan warna dalam hasil foto juga terlihat lebih seimbang dan sempurna.

Tidak ketinggalan, baik kamera belakang maupun depannya mampu merekam video dengan kualitas 1080p pada 30fps. Kemampuan perekaman video ini cukup memuaskan untuk ponsel entry level.

Berapa mAh baterai realme C21Y?

Ponsel ini ditenagai oleh baterai berkapasitas 5000 mAh, cukup besar untuk mendukung aktivitas harian pengguna. Dengan kapasitas baterai sebesar itu, ponsel dapat bertahan lebih lama, terutama dengan hadirnya fitur Super Power Saving Mode yang dapat mengoptimalkan penggunaan daya.

Kapasitas baterai 5000 mAh tersebut memungkinkan ponsel untuk bertahan lebih dari 2 hari jika digunakan untuk kegiatan seperti mengambil foto, merekam video, dan menjelajahi media sosial. Namun, ketahanan baterai dapat bervariasi tergantung pada jenis aktivitas pengguna.

Pada penggunaan untuk menelepon, ponsel dapat bertahan hingga 29 jam 27 menit. Sementara itu, jika digunakan untuk menjelajahi media sosial secara terus menerus, ponsel dapat bertahan hingga 17 jam 5 menit.

Apakah realme C21Y sudah fast charging?

Sayangnya, meskipun memiliki kapasitas baterai yang besar, ponsel ini tidak dilengkapi dengan teknologi fast charging. Kecepatan pengisian dayanya terbatas pada 10W saja, sehingga memperpanjang waktu proses pengisian. Diperlukan sekitar 2.5 jam untuk mengisi penuh baterai berkapasitas 5000 mAh ini. Meskipun memakan waktu cukup lama, kamu dapat mengisi daya setelah menjalani aktivitas seharian!

realme C21Y pakai charger tipe apa?

realme C21Y ini masih mengadopsi port microUSB 2.0 yang dapat digunakan untuk fitur USB On the Go sekaligus. Fungsi dari USB On the Go ini adalah untuk mempermudah proses transfer data antara ponsel dan media penyimpanan eksternal seperti flashdisk.

Apakah realme C21Y bisa dual SIM?

Ya, realme C21Y dilengkapi dengan Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by). Kamu dapat menggunakan dua nomor sekaligus dalam satu ponsel.

Apakah realme C21Y dilengkapi sensor fingerprint?

Ya, HP realme C21Y telah dilengkapi dengan sensor sidik jari yang terletak di bagian belakangnya. Sensor ini memiliki respons cepat dan kemudahan penggunaan, sehingga kamu dapat membuka HP dengan cepat tanpa menunggu lama.

Apa saja konektivitas realme C21Y?

realme telah menyediakan berbagai fitur konektivitas pada ponsel ini, termasuk Wi-Fi 802.11 b/g/n dan Bluetooth 5.0, A2DP, LE. Selain itu, realme C21Y juga dilengkapi dengan sensor sidik jari atau fingerprint di bagian belakang, accelerometer, proximity, dan compass.

Namun, perlu diperhatikan bahwa ponsel ini tidak mendukung fitur NFC.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.