Yuk Cari Tahu 9 Kelebihan dan Kekurangan Realme 8 5G!

Sama seperti Seri Realme 7 tahun 2020, Realme 8 5G sebagai varian 5G dari lini Realme 8, membuat debutnya beberapa waktu setelah peluncuran saudara kandungnya. Perangkat ini resmi diluncurkan di Indonesia pada pertengahan 2021 dengan harga sekitar 3 jutaan, menjadikannya salah satu smartphone 5G termurah yang tersedia di Indonesia.

Realme 8 5G
Spesifikasi Realme 8 5G
  • Rilis : April 2021
  • Layar : 6.5 inci IPS LCD 90Hz ~405ppi
  • Chipset : MediaTek Dimensity 700 5G (7nm)
  • GPU : Mali-G57 MC2
  • RAM : 8 GB
  • Memori Internal : 128 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 48 MP (wide), 2 MP (depth), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan : 16 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 18W

Selengkapnya : Spesifikasi Realme 8 5G dan Harganya

Secara desain, Realme 8 5G tampak cukup familiar karena Realme cenderung menggunakan desain serupa untuk seri-seri yang terjangkau. Namun, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan pada Realme 8 5G. Mari kita bahas secara lebih rinci dalam tulisan ini.

Baca juga : Ini Dia 8 Kelebihan dan Kekurangan Realme 8

Kelebihan Realme 8 5G

Ponsel Android yang terjangkau ini menawarkan beberapa spesifikasi mengesankan dengan konektivitas generasi berikutnya sebagai salah satu fitur menariknya. Mulai dari layar hingga daya tahan baterai, performanya akan membuat Anda terkesan.

1. Ringan dan Kompak

Realme 8 5G mengikuti tren smartphone dengan desain ringan dan kompak. Dengan dimensi 162,5 x 74,8 x 8,5 mm, perangkat ini tidak terlalu tebal atau tipis. Bobotnya yang hanya 185 gram membuatnya nyaman digunakan sebagai ponsel yang ringan.

2. Layar Besar Full HD+

Realme 8 5G cocok untuk menonton streaming, film, dan bermain game. Layarnya berukuran 6,5 inci dan mampu bersaing dengan ponsel Android terbaru. Sebagai kejutan, Realme 8 5G menawarkan kecepatan refresh 90Hz yang cukup cepat untuk kelasnya.

Realme 8 5G juga memiliki rasio screen-to-body sebesar 90,5% dan kerapatan layar 405 ppi, yang membuat tampilannya sangat menarik. Keberadaan kecerahan tertinggi 600 nits memungkinkan Anda melihat visual dengan jelas di luar ruangan.

3. Performa Unggul

Realme 8 5G dilengkapi dengan MediaTek Dimensity 700 5G SoC, dengan prosesor Octa-core clock 2,2 GHz. Meskipun ini adalah langkah kecil dari chipset 800U 5G di Realme 7 5G, Anda tidak perlu khawatir tentang kinerja maksimalnya. Ponsel ini juga dilengkapi dengan GPU ARM Mali G57 untuk pemrosesan grafis.

Dibandingkan dengan perangkat sekelas dengan harga yang sama, Realme 8 5G memiliki performa yang mampu bersaing dalam hal gaming mobile. MediaTek Dimensity 700 adalah SoC kelas menengah yang cepat dengan modem 5G terintegrasi. Ia terdiri dari dua core ARM Cortex-A76 dengan kecepatan hingga 2,2 GHz dan enam core Cortex-A55 hemat daya hingga 2 GHz (Octa-Core dengan Heterogeneous Multi-Processing).

Dengan embel-embel 5G dalam namanya, Realme 8 5G menawarkan kecepatan pemrosesan yang lebih maju dibandingkan dengan smartphone 4G.

4. Kapasitas Penyimpanan Besar

Selain performa yang menjanjikan, Realme 8 5G hadir dengan kapasitas penyimpanan yang besar untuk mendukung produktivitas pengguna. Namun, di pasar Indonesia, Realme hanya menawarkan konfigurasi penyimpanan tunggal dengan RAM LPDDR4X sebesar 8GB dan memori internal UFS 2.1 sebesar 128GB.

Jika kombinasi tersebut masih belum cukup, Realme juga menyediakan dukungan ekspansi microSD dengan kapasitas hingga 1TB.

5. Kamera yang Bagus

Realme 8 5G dilengkapi dengan kamera selfie 16MP di bagian depan dan tiga lensa di bagian belakang. Konfigurasi ini terdiri dari kamera utama 48MP, kamera makro 2MP, dan sensor kedalaman 2MP. Meskipun konfigurasi ini dianggap sebagai 'penurunan' dari model sebelumnya, tetapi tetap memberikan hasil yang bagus di kelasnya.

Realme juga menyediakan berbagai dukungan dan fitur pada kamera, termasuk Super Nightscape, Panorama, Mode Pro, Timelapse, Mode Potret, HDR, Ultra Makro, dan Al Scene Recognition.

Meskipun kemampuan merekam video masih 1080p pada 30fps, Realme 8 5G dilengkapi dengan stabilisasi video UIS untuk menghasilkan video yang stabil dan menarik.

6. Kapasitas Baterai Tinggi

Semua fitur menarik pada Realme 8 5G didukung oleh baterai berkapasitas tinggi. Dengan kapasitas 5.000 mAh, ponsel ini dapat bertahan seharian penuh. Beberapa fitur seperti Smart 5G dan Super Power Saving Mode hadir untuk mengoptimalkan masa pakai baterai.

Dengan fitur Smart 5G, Realme mengklaim bahwa konsumsi daya dapat dikurangi hingga 30%. Sementara Super Power Saving Mode memperpanjang masa pakai baterai hingga berjam-jam, bahkan saat baterai tersisa hanya 5%.

Realme 8 5G adalah pilihan yang menarik bagi mereka yang mencari ponsel Android terjangkau dengan performa maksimal.

Baca juga : Yuk, Intip 8 Kelebihan dan Kekurangan Vivo V23 5G

Kekurangan Realme 8 5G

Di balik keunggulan ponsel 5G terjangkau dari Realme ini, ada beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Berikut adalah informasi mengenai kekurangan Realme 8 5G:

1. Layar masih menggunakan panel IPS LCD

Meskipun memiliki layar lebar dengan resolusi Full HD+, Realme 8 5G masih menggunakan panel LCD. Hal ini sedikit mengecewakan karena panel AMOLED menawarkan fitur-fitur kelas atas yang lebih baik.

Pilihan ini mungkin dilakukan oleh Realme untuk mengakomodasi kecepatan refresh layar yang lebih tinggi. Jika Anda menginginkan tampilan yang lebih tajam dengan panel AMOLED, Anda dapat mempertimbangkan varian dasar Realme 8 atau 8 Pro yang memiliki kecepatan refresh 60Hz.

2. Tidak ada kamera ultra-wide

Salah satu kekurangan Realme 8 5G adalah tidak adanya kamera ultra-wide. Ini memang disayangkan karena pada harga sekitar 3 jutaan, banyak merek lain yang sudah menyematkan kamera quad atau bahkan lebih, termasuk kamera ultra-wide.

Kamera ultra-wide sangat berguna untuk fotografi dengan bidang pandang luas seperti pemandangan alam. Jika Anda memiliki kebutuhan fotografi semacam itu, Realme 8 5G mungkin bukan pilihan yang ideal dan kurang dapat diandalkan.

3. Pengisian daya cepat hanya 18W

Realme 8 5G hanya mendukung pengisian daya cepat 18W, yang tergolong lambat untuk segmennya. Dalam kisaran harga 3 jutaan, Anda dapat menemukan ponsel lain yang menawarkan pengisian daya cepat 33W, yang akan menghemat waktu saat mengisi ulang daya baterai.

Itulah beberapa informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Realme 8 5G yang perlu diketahui. Semakin banyak fitur terbaru yang ditawarkan oleh ponsel pintar masa kini, semakin banyak juga kompromi yang harus dilakukan oleh produsen untuk menjaga harga terjangkau. Setelah membaca informasi di atas, apakah Realme 8 5G masih menjadi pilihan Anda?

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.