Ini Dia 8 Kelebihan dan Kekurangan Realme 8

 Realme telah melemparkan kejutan dengan merilis enam smartphone baru dalam tiga bulan pertama tahun 2021, termasuk seri yang ditunggu-tunggu, Realme 8. Perusahaan ini terus berinovasi dengan cepat untuk memenuhi kebutuhan pengguna dengan menawarkan fitur-fitur terbaru yang sedang tren, dengan berbagai pilihan harga yang sesuai.

Realme 8
Spesifikasi Realme 8
  • Rilis : April 2021
  • Layar : 6.4 inci Super AMOLED ~411ppi
  • Chipset : MediaTek Helio G95 (12nm)
  • GPU : Mali-G76 MC4
  • RAM : 8 GB
  • Memori Internal : 128 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (depth), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan : 16 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Chargign 30W

Selengkapnya : Spesifikasi Realme 8 dan Harganya

Realme 8 hadir dengan spesifikasi yang mirip dengan pendahulunya, Realme 7. Namun, ponsel baru ini dibanderol dengan harga sedikit lebih tinggi mulai dari 3 jutaan. Meskipun ada beberapa pengguna yang mungkin tidak begitu menyukai tagline besar yang terlihat mencolok di bagian belakang perangkat, Realme tetap memasangnya sebagai ciri khas pada seri ini.

Selain desain yang mencuri perhatian, Realme 8 menawarkan lebih dari itu. Ponsel ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang menarik dan menjanjikan. Performanya tetap tangguh dengan menggunakan chipset yang handal, menjadikan Realme 8 cocok untuk penggunaan sehari-hari maupun untuk bermain game.

Layarnya yang menggunakan teknologi Super AMOLED memberikan pengalaman visual yang memukau dengan warna yang kaya dan kontras yang tinggi. Selain itu, kehadiran pemindai sidik jari di dalam layar memberikan keamanan ekstra dan kemudahan saat membuka kunci perangkat.

Realme 8, dengan kombinasi desain yang menarik, performa yang handal, dan fitur-fitur yang menjanjikan, menawarkan pengalaman yang memikat bagi para pengguna. Selain keunggulan tersebut, ada beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum membeli ponsel tersebut. Mari kita membahasnya dengan lebih detail pada tulisan di bawah ini.

Baca juga : Ketahui 9 Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y21T Berikut Ini!

Kelebihan Realme 8

Realme 8 menawarkan sejumlah kelebihan yang menarik dengan harga yang terjangkau. Brand ini terkenal dengan inovasinya yang unik dan kali ini tidak mengecewakan. Berikut adalah beberapa kelebihan yang dapat Anda dapatkan dari Realme 8.

1. Desain Berani dan Bodi Ramping

Sebagian besar perubahan pada Realme 8 terjadi pada bagian eksterior. Realme telah memilih desain baru dan sentuhan akhir yang berani untuk Realme 8. Tersedia dalam skema warna Cyber Black atau Cyber Silver, merek "Dare To Leap" terlihat di seluruh bagian belakang yang tidak biasa ditemui pada perangkat lain.

Masing-masing varian juga menawarkan hasil akhir yang berbeda. Anda akan menemukan lapisan perak yang memiliki tampilan lebih edgy, sementara warna hitam terlihat lebih halus. Jika Anda menyukai hal-hal yang unik dan menarik perhatian, Realme 8 adalah pilihan yang tepat.

Dengan ketebalan 7,99mm dan berat 177 gram, Realme 8 termasuk dalam kategori smartphone yang ramping dan ringan dengan harga sekitar 3 jutaan.

2. Layar AMOLED Full HD+

Realme 8 dilengkapi dengan layar Super AMOLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi Full HD+. Layar ini menawarkan rasio aspek 20:9 yang tinggi dan kecepatan pengambilan sampel sentuh 180Hz yang diklaim oleh Realme.

Ini merupakan peningkatan teknologi layar yang menarik dibandingkan dengan panel LCD biasa. Layar ini juga lebih cerah saat digunakan di luar ruangan dengan kecerahan puncak 1000 nits. Anda masih dapat membaca pesan teks dan melakukan scroll di media sosial bahkan di bawah sinar matahari terik.

Berkat panel AMOLED-nya, Realme 8 juga menghadirkan warna cerah dan hitam pekat yang membuat mode gelap dan membaca di malam hari lebih baik dan tidak terlalu melelahkan mata. Selain itu, Realme telah melengkapi layar perangkat ini dengan kepadatan 409 ppi, yang berarti detail konten tidak akan menjadi masalah.

Selain itu, kehadiran panel AMOLED yang cantik pada Realme 8 juga memungkinkan penggunaan sistem biometrik terkini. Cukup letakkan jari Anda sejenak di layar, maka sensor sidik jari in-display akan dapat membacanya dengan akurat.

3. Sensor Kamera yang Bagus

Realme 8 dilengkapi dengan pengaturan kamera quad di bagian belakang. Terdiri dari kamera utama 64MP, kamera ultra-wide 8MP, kamera makro 2MP, dan sensor depth monokrom 2MP. Seperti kebanyakan smartphone lainnya, dalam mode pemotretan default, kamera 64MP pada perangkat ini menggunakan teknologi pixel binning untuk menghasilkan gambar 16MP.

Bagi Anda yang suka memotret banyak objek, Anda dapat memanfaatkan berbagai sensor ini yang dikendalikan melalui aplikasi kamera Realme dengan tata letak yang intuitif. Ada banyak mode yang berbeda yang mudah diakses, seperti Mode Malam, Mode Starry, Mode Slowmo, Mode Film, Mode Pro, dan banyak lagi.

Untuk memaksimalkan kinerja aplikasi kamera, Realme 8 juga menyediakan dukungan perekaman video berkualitas tinggi dengan stabilisasi UIS. Anda dapat merekam video hingga resolusi 4K pada 30fps menggunakan kamera belakang, sementara kamera depan Realme mendukung perekaman 1080p pada 30fps.

4. Baterai Besar dengan DartCharge 30W

Kelebihan berikutnya yang dimiliki oleh Realme 8 adalah baterai berkapasitas besar. Mengingat layar dan performanya yang menguras daya, Realme telah melengkapi perangkat ini dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Ini dapat menemani aktivitas Anda sepanjang hari dengan penggunaan standar. Jika baterai habis, Anda tidak perlu menunggu lama untuk mengisi daya karena tersedia charger cepat 30W.

5. Dukungan NFC

Untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman, Realme telah menyertakan dukungan NFC pada Realme 8. Anda dapat berbagi data dan melakukan pembayaran digital dengan mudah dan tanpa harus menyentuh fisik.

6. Penyimpanan Besar

Kelebihan terakhir yang tidak boleh dilewatkan adalah kapasitas penyimpanan yang besar. Realme 8 hadir dengan RAM tunggal berkapasitas besar hingga 8GB dan ruang penyimpanan internal 128GB. Selain itu, Anda juga dapat menambah kapasitas penyimpanan melalui slot microSD karena Realme 8 dilengkapi dengan 3 slot yang dapat dimanfaatkan.

Baca juga : Inilah 9 Kelebihan dan Kekurangan Realme 8 Pro

Kekurangan Realme 8

Setelah mengetahui kelebihan Realme 8, mungkin banyak dari kalian yang setuju bahwa smartphone ini sangat layak untuk dibeli. Namun, jangan lupa bahwa Realme 8 juga memiliki beberapa kekurangan berikut ini.

1. Chipset Masih Kalah Bersaing di Kelasnya

Chipset MediaTek seri G telah mendominasi pasar kelas menengah dengan kinerja GPU yang tinggi. Realme tetap menggunakan chipset tersebut, terutama dalam seri Realme 8, dengan hadirnya Helio G95. Helio G95 merupakan chipset populer di pasar kelas menengah yang menawarkan performa yang baik untuk smartphone.

Prosesor ini didasarkan pada proses FinFET 12 nm dan memiliki 2 inti besar ARM Cortex-A76 dengan kecepatan hingga 2,05 GHz, serta 6 inti kecil dan hemat daya ARM Cortex-A55 dalam dua kelompok. Meskipun kinerjanya cukup baik dalam hal inti, namun arsitektur fabrikasi 12 nm dianggap sudah ketinggalan zaman.

Jika dibandingkan dengan pesaing utamanya, Snapdragon 732G, dapat diketahui bahwa chipset tersebut didasarkan pada proses 8 nm Samsung yang lebih canggih. Oleh karena itu, teknologi fabrikasi 12 nm menjadi salah satu kelemahan utama dari prosesor di Realme 8. Akibatnya, chipset cenderung menjadi panas dan daya tahan baterai juga hanya standar alias kurang efisien.

2. Kecepatan Refresh Hanya 60Hz

Realme melakukan kesalahan besar dengan mengecewakan pengguna setianya dalam hal layar. Sayangnya, panel AMOLED di Realme 8 hanya dilengkapi dengan kecepatan refresh standar 60Hz. Ini merupakan langkah mundur dari pesaing-pesaingnya dan menjadi pertimbangan penting jika Anda menginginkan smartphone baru dengan kinerja layar yang maksimal.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Realme 8 yang dapat Anda dapatkan dengan budget sekitar 3 jutaan. Apakah Anda tertarik untuk memilikinya atau Anda telah menargetkan merek lain?

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.