Inilah 9 Kelebihan dan Kekurangan Realme 8 Pro

Realme, sebagai sub-brand dari Oppo, memulai perjalanan mereka dengan ambisi untuk mencapai kesuksesan yang sama seperti Xiaomi dan sub-brand Redmi. Dalam tiga tahun terakhir, Realme berhasil masuk ke dalam daftar 10 merek smartphone teratas secara global melalui berbagai produk dan peluncuran yang dilakukan secara berulang.

Realme 8 Pro
Spesifikasi Realme 8 Pro
  • Rilis : April 2021
  • Layar : 6.4 inci Super AMOLED ~411ppi
  • Chipset : Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8nm)
  • GPU : Adreno 618
  • RAM : 8 GB
  • Memori Internal : 128 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang : 108 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan : 16 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 4500 mAh, Fast Charging 50W

Selengkapnya : Spesifikasi Realme 8 Pro dan Harganya

Setelah merilis seri Realme 7, vendor yang sedang berkembang ini kembali meluncurkan Realme 8 dan varian kelas menengahnya, Realme 8 Pro, secara global. Seperti halnya varian Realme 8 lainnya, desain Realme 8 Pro juga tidak jauh berbeda.

Sebelumnya, smartphone Realme memiliki bagian belakang yang mengkilap dengan tampilan yang berkilau. Namun, baru-baru ini, Realme telah mengubah gaya tersebut dengan memberikan sentuhan akhir yang berbeda pada ponsel terbarunya. Dengan Realme 8 Pro, pengguna akan mendapatkan sentuhan akhir bertekstur yang unik.

Meskipun demikian, ada sejumlah spesifikasi menarik yang menanti untuk dijelajahi pada Realme 8 Pro. Dalam tulisan ini, kita akan membahas secara keseluruhan mengenai kelebihan dan kekurangan Realme 8 Pro.

Baca juga : Mari Simak 8 Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo 30A

Kelebihan Realme 8 Pro

Realme 8 Pro telah menjadi perbincangan banyak orang sejak pertama kali diluncurkan, terutama karena keunggulan sensor kameranya. Selain itu, ada juga peningkatan lain dari pendahulunya dengan beberapa kompromi.

1. Layar AMOLED dengan Resolusi Full HD+

Realme 8 Pro memiliki layar AMOLED Full HD+ 6,4 inci yang cukup besar. Meskipun tidak memiliki resolusi QHD seperti flagship lainnya, penggunaan panel AMOLED oleh Realme adalah keputusan yang tepat. Teknologi OLED memberikan keunggulan seperti warna hitam pekat dan rasio kontras yang tinggi.

Fitur dan dukungan layar Realme 8 Pro tidak banyak berubah dari versi sebelumnya, dengan resolusi screen-to-body 90,8% dan kerapatan piksel 409 ppi. Realme tetap menjamin kenyamanan visual sehari-hari dengan kecerahan hingga 1.000 nits, sehingga dapat digunakan dengan nyaman di luar ruangan.

2. Kamera Utama 108MP dengan Banyak Fitur

Realme 8 Pro menawarkan keunggulan pada sensor kameranya. Ditenagai oleh sensor Samsung 108MP HM2, Realme 8 Pro menggunakan teknik binning piksel 9:1 untuk menghasilkan foto 12MP yang detail. Kalian juga dapat memotret dalam resolusi 108MP, meskipun ukuran file akan lebih besar.

Kamera utama ini didampingi oleh kamera ultra-wide 8MP, kamera makro 2MP, dan kamera monokrom 2MP. Meskipun sensor pendukungnya tetap sama dengan model sebelumnya, Realme 8 Pro memiliki peningkatan dalam kualitas rekaman video dengan fitur Starry Mode dan Starry Time-lapse Video.

3. Performa Kencang untuk Bermain Game

Realme 8 Pro menggunakan chipset andalan dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 720G. Dengan harga sekitar 4 jutaan, Realme memilih chipset yang tepat untuk memberikan performa yang baik.

Snapdragon 720G didasarkan pada proses 8nm yang hemat daya dan dilengkapi dengan CPU octa-core yang memberikan peningkatan kinerja hingga 60% dibandingkan dengan chipset generasi sebelumnya. GPU Adreno 618 pada chipset ini juga memberikan peningkatan kinerja hingga 75% untuk API game baru.

4. Penyimpanan Besar

Realme 8 Pro hadir dengan kapasitas penyimpanan yang besar dan dapat diandalkan, yaitu RAM 8GB dan memori internal 128GB. Kapasitas penyimpanan ini cukup untuk menyimpan banyak aplikasi, foto, video, dan file lainnya dengan lancar.

5. Kapasitas Baterai Tinggi dengan SuperDart Charge 50W

Realme 8 Pro dilengkapi dengan baterai 4.500 mAh yang didukung oleh teknologi pengisian daya SuperDart Charge 50W. Dengan teknologi ini, baterai dapat diisi penuh dalam waktu 47 menit saja. Realme juga menyediakan Mode Hemat Daya untuk memperpanjang masa pakai baterai.

6. Bodi Tipis dan Ringan

Realme 8 Pro mengikuti tren smartphone tipis dan ringan yang populer, dengan bobot hanya 176 gram dan ketebalan 8,1 mm. Ini membuatnya nyaman digunakan, terutama oleh para gamer dan generasi Z yang sering menghabiskan waktu lama dengan smartphone mereka.

7. Sensor Fingerprint In-display

Realme 8 Pro dilengkapi dengan sensor sidik jari In-display, yang lebih efisien dan akurat dibandingkan dengan sensor sidik jari rear-mounted atau side-fingerprint. Pengguna dapat dengan mudah membuka kunci perangkat dengan cepat dan aman menggunakan sensor ini.

Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, Realme 8 Pro menawarkan pengalaman smartphone yang menarik di berbagai aspek, termasuk layar, kamera, performa, penyimpanan, daya tahan baterai, desain tipis dan ringan, serta fitur sensor sidik jari In-display yang canggih.

Baca juga : Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Vivo V23e

Kekurangan Realme 8 Pro

Meskipun Realme 8 Pro memiliki banyak kelebihan yang menjanjikan, ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa kekurangan tersebut:

1. Kecepatan Refresh Masih 60Hz

Realme 8 Pro tidak meningkatkan kecepatan refresh layarnya pada versi Pro ini. Meskipun memiliki touch sampling rate 180Hz, hal ini belum menjamin kelancaran dan kepuasan pengguna terhadap layarnya.

Terlebih lagi, dengan adanya chipset gaming dan penyimpanan besar yang cocok untuk performa yang baik, kecepatan refresh layar yang tetap pada 60Hz ini mungkin dapat menjadi kekurangan bagi sebagian pengguna. Namun, jika kecepatan refresh bukanlah prioritas utama, maka hal ini mungkin bukan masalah besar.

2. Tidak Memiliki IP Rating dan Proteksi Layar

Realme 8 Pro tidak dilengkapi dengan IP Rating atau proteksi layar yang maksimal. Ini menjadi kekurangan karena dengan harga sekitar 4 jutaan, pengguna mungkin mengharapkan smartphone baru dengan tingkat perlindungan yang lebih baik.

Saat ini, pesaing-pesaingnya sedang fokus untuk memberikan keunggulan dalam perlindungan layar dan bodi, yang dapat menarik minat pasar. Namun, Realme 8 Pro tidak menyediakan fitur tersebut.

Demikianlah beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan pada Realme 8 Pro. Informasi ini diharapkan dapat membantu dalam menentukan pilihan smartphone terbaru yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.