Inilah 8 Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno6 5G

Oppo baru-baru ini memperbarui jajaran smartphone premium mereka di bawah seri Reno dengan meluncurkan Oppo Reno6 5G dan Oppo Reno6 Pro. Kedua ponsel pintar ini menawarkan berbagai fitur yang hampir serupa. Oppo Reno6 5G hadir dalam varian warna Aurora dan Stellar Black di Indonesia.

Oppo Reno6 5G
Spesifikasi Oppo Reno6 5G
  • Rilis : Agustus 2021
  • Layar : 6.42 inci AMOLED 90Hz ~409ppi
  • Chipset : MediaTek MT6877 Dimensity 900 5G (6nm)
  • GPU : Mali-G78 MC4
  • RAM : 8 GB
  • Memori Internal : 128 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan : 32 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 4300 mAh, Fast Charging 65W

Selengkapnya : Spesifikasi Oppo Reno6 5G dan Harganya

Meskipun sensor kamera yang dimiliki oleh Reno6 5G termasuk standar untuk segmen ini, ponsel ini menonjolkan fitur-fitur istimewa serta desain yang menarik. Dengan harga di bawah 8 juta, Reno6 5G menjadi pilihan yang layak untuk dibeli dalam kategori smartphone premium. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Oppo Reno6 5G.

Baca juga : Yuk, Cari Tahu 7 Kelebihan dan Kekurangan Nokia 5.4

Kelebihan Oppo Reno6 5G

Selain keunggulan jaringan 5G, Oppo Reno6 5G juga menawarkan sejumlah fitur menarik yang patut untuk diperhatikan. Desainnya yang menggugah mata dan terinspirasi dari keluarga Reno, bahkan disebut mirip dengan iPhone, menjadikan smartphone ini tampak stylish dan elegan. Tidak hanya itu, performanya yang cepat dan handal juga menjadi salah satu kelebihan utamanya. Nah, berikut ini adalah beberapa kelebihan Oppo Reno6 5G yang wajib kalian ketahui.

1. Layar AMOLED Full HD+ yang Memukau dengan Proteksi Corning Gorilla Glass 5

Layar Oppo Reno6 5G memiliki ukuran yang standar dengan diagonal 6,43 inci dan menggunakan panel AMOLED dengan resolusi FHD+. Rasio screen-to-body yang dimiliki sebesar 91,7% dengan rasio aspek 20:9 dan bezel yang tipis mengelilingi layar. Oppo mengklaim bahwa layar ini memiliki kecerahan yang baik bahkan di luar ruangan, dan juga dilengkapi dengan mode SGS Eye Care yang membantu menyaring emisi cahaya biru.

Selain itu, Oppo Reno6 5G juga mendukung streaming konten berkualitas dengan dukungan untuk HDR10, HLG, dan HD pada platform OTT yang dilindungi DRM. Agar lebih tahan terhadap benturan, Oppo telah menggunakan Corning Gorilla Glass 5 pada layar Reno6 5G, sehingga pengguna tidak perlu khawatir tentang keretakan layar akibat jatuh.

2. Performa Tangguh dengan Chipset Kencang

Oppo Reno6 5G menggunakan chipset Dimensity 900 berbasis 6 nm sebagai otaknya. Chipset ini memiliki dua inti utama Cortex A78 dengan kecepatan hingga 2,4GHz, dan enam inti efisiensi Cortex A55 dengan kecepatan hingga 2,0GHz. Kombinasi komponen ini memberikan performa yang kencang dan mumpuni. Selain itu, Reno6 5G dilengkapi dengan RAM LPDDR4x 8GB (dengan dukungan VRAM hingga 5GB) dan penyimpanan internal UFS 2.1 128GB.

Dengan konfigurasi tersebut, Reno6 5G dapat mengatasi penggunaan sehari-hari tanpa lag atau masalah. Meskipun ada pilihan prosesor yang lebih bertenaga, Oppo Reno6 5G tetap menjadi pilihan yang terjangkau tanpa mengorbankan performa. Hal ini memungkinkan pengguna untuk bermain game dan melakukan multi-tasking aplikasi dengan lancar.

MediaTek Dimensity 900 adalah chipset 5G yang menjadi keunggulan perangkat ini dibandingkan dengan versi standar atau reguler. Tidak hanya menawarkan pemrosesan kinerja yang baik, Reno6 5G juga menyajikan kualitas tampilan grafis maksimal berkat GPU Mali-G78. Sebagai tambahan, terdapat fitur Game Focus Mode yang berguna bagi para pemain game mobile.

3. Kombinasi Kamera yang Mengesankan

Oppo Reno6 5G memiliki keunggulan dalam hal sistem kamera optik. Di bagian belakang, terdapat tiga kamera, termasuk kamera utama 64MP dengan aperture f/1.7, kamera ultrawide 8MP dengan aperture f/2.2 dan bidang pandang 119˚, serta kamera makro 2MP dengan aperture f/2.4. Sedangkan di bagian depan, terdapat kamera 32MP untuk selfie dan panggilan video.

Seperti halnya seri Oppo Reno sebelumnya, Reno6 5G juga menawarkan fitur upscaling hingga resolusi ekstra HD 108MP jika diinginkan. Selain itu, pengguna akan mendapatkan kualitas video Potret Flare Bokeh, AI video, dan berbagai fitur menarik lainnya.

Oppo Reno6 5G diklaim dapat merekam video dalam resolusi 4K pada 30 fps. Sedangkan untuk kamera depan, baik untuk selfie maupun panggilan video di Google Meet, pengguna dapat menggunakannya dengan bebas dan mendapatkan kualitas 1080p pada 30fps.

4. Baterai Solid dan Fast Charging Terkini

Pada saat yang sama, jaringan 5G yang sangat kuat ini juga berpotensi menguras daya baterai dengan cepat. Oppo Reno6 5G, dengan bobot yang hanya 182 gram, dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.300 mAh yang cukup untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Meskipun kapasitas ini tidak termasuk yang terbesar di kelasnya, namun mampu bertahan seharian penuh untuk mendukung penggunaan Anda.

Untuk pengaturan baterai, Oppo Reno6 5G menyediakan opsi seperti mode Super-power Saving yang mengoptimalkan penggunaan daya baterai, serta pengisian malam yang efisien. Untuk mendukung kapasitas baterai tersebut, Oppo telah melengkapi Reno6 5G dengan pengisi daya SuperVOOC 2.0 65 Watt.

Adaptor putih dan kabel tebal ini memungkinkan Anda mengisi daya ponsel dari nol hingga penuh hanya dalam waktu kurang dari 30 menit. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir tentang kehabisan daya selama perjalanan atau aktivitas sehari-hari Anda.

5. Fitur Konetivitas Lengkap

Pada era smartphone yang semakin canggih, penting bagi perangkat untuk memenuhi kebutuhan fitur konektivitas terkini. Oppo Reno6 5G adalah salah satu smartphone yang menawarkan berbagai fitur unggulan tersebut, sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Reno6 5G dilengkapi dengan fitur NFC yang memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi nirkontak dan berbagi data dengan mudah.Selain itu, Reno6 5G juga dilengkapi dengan sensor lengkap, termasuk sensor sidik jari dalam layar, yang memberikan keamanan tambahan saat mengakses perangkat Anda.

Salah satu keunggulan lain dari Oppo Reno6 5G adalah kemampuannya untuk mendukung dual stand-by. Fitur ini memungkinkan Anda menggunakan dua kartu SIM secara bersamaan, sehingga Anda dapat mengelola panggilan dan pesan dari dua nomor yang berbeda pada satu perangkat. Hal ini sanga efisien bagi mereka yang ingin memisahkan kebutuhan pribadi dan pekerjaan dalam satu perangkat.

Selain itu, Reno6 5G juga menawarkan kualitas suara yang baik dengan dukungan Dolby Atmos. Fitur ini memberikan pengalaman audio yang imersif saat menonton film, mendengarkan musik, atau bermain game. Anda akan merasakan suara yang jernih dan detail, dengan efek surround yang kaya.

Tidak hanya itu, Oppo Reno6 5G juga memiliki fitur konektivitas yang lengkap, termasuk Bluetooth 5.2, Wi-Fi 6, dan USB Type-C. Dengan konektivitas yang cepat dan stabil, Anda dapat mengirim dan menerima data dengan mudah, menjelajahi internet dengan kecepatan tinggi, dan mengisi daya perangkat dengan cepat.

Oppo Reno6 5G memahami pentingnya konektivitas yang handal dan fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dengan dukungan NFC, sensor lengkap, kemampuan dual stand-by, dan fitur suara Dolby Atmos, Reno6 5G menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang menginginkan smartphone dengan fitur konektivitas terbaik.

Dalam hal ini, Oppo Reno6 5G memenuhi harapan dengan menyediakan berbagai fitur unggulan yang menjadikan pengalaman pengguna lebih lengkap dan memuaskan.

Baca juga : Yuk, Ketahui 9 Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno6 Pro 5G

Kekurangan Oppo Reno6 5G

Setelah kita membahas mengenai kelebihan dari Oppo Reno6 5G, tidak lengkap rasanya jika kita tidak menjelaskan beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Walaupun Reno6 5G hadir dengan harga yang relatif tinggi dan spesifikasi yang mumpuni, namun ada beberapa kekurangan yang perlu kalian pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membelinya. Mari kita simak kekurangan Oppo Reno6 5G di bawah ini.

1. Tidak Dilengkapi dengan Audio Jack

Bagi sebagian besar pengguna smartphone, audio jack merupakan salah satu komponen yang sangat penting. Kehadirannya memungkinkan pengguna untuk menggunakan earphone atau headphone dengan 3.5mm jack yang lebih umum digunakan.

Namun, sayangnya Oppo Reno6 5G telah menghilangkan audio jack untuk menciptakan desain yang lebih ramping. Hal ini mungkin menjadi kendala bagi mereka yang masih mengandalkan penggunaan earphone atau headphone dengan koneksi kabel.

2. Tidak Mendukung Ekspansi MicroSD

Oppo Reno6 5G memang menawarkan ruang penyimpanan internal yang besar. Namun, jika suatu saat kalian kehabisan ruang penyimpanan, tidak ada opsi untuk menggunakan kartu memori eksternal seperti microSD.

Hal ini berarti kalian harus menghapus beberapa file atau memindahkan data penting ke perangkat lain untuk memberikan ruang tambahan. Keberadaan slot microSD sangat penting bagi mereka yang membutuhkan ruang penyimpanan ekstra dan fleksibilitas dalam mengelola data.

3. Tidak Dilengkapi dengan OIS pada Perekaman Video

Bagi para pengguna yang sering merekam video, penting untuk diketahui bahwa Oppo Reno6 5G tidak dilengkapi dengan Optical Image Stabilization (OIS) untuk perekaman video. 

Artinya, ketika merekam video dengan gerakan yang banyak atau guncangan, hasil rekaman tidak akan sestabil yang diharapkan. Untuk mendapatkan video yang lebih stabil, disarankan untuk menggunakan tripod atau peralatan lainnya agar perangkat tetap stabil selama proses perekaman.

Demikianlah beberapa kekurangan dari Oppo Reno6 5G yang perlu kalian pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membelinya. Secara keseluruhan, Oppo Reno6 5G menawarkan spesifikasi yang mengesankan dalam segmen perangkat ini.

Namun, jika kalian menginginkan smartphone dengan opsi penyimpanan eksternal dan kemampuan perekaman video yang lebih mumpuni, maka Reno6 5G mungkin tidak memenuhi ekspektasi tersebut. Jadi, pastikan untuk mempertimbangkan dengan cermat sebelum membuat keputusan pembelian.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.