Yuk Ketahui 9 Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno6 Pro 5G

Oppo kembali menghadirkan perangkat dalam seri Reno dengan Reno6 Pro 5G. Seri Reno dari Oppo telah lama dikenal sebagai jajaran smartphone yang menawarkan spesifikasi dan fitur tingkat unggulan dengan harga kelas menengah. Pada Reno5 Pro tahun lalu, Oppo memperkenalkan desain "Reno Glow" yang kini juga diadopsi oleh ponsel Reno6 Pro 5G.

Oppo Reno6 Pro 5G
Spesifikasi Oppo Reno6 Pro 5G
  • Rilis : Agustus 2021
  • Layar : 6.5 inci AMOLED 90Hz HDR10+ ~402ppi
  • Chipset : MediaTek MT6893 Dimensity 1200 5G (6nm)
  • GPU : Mali-G77 MC9
  • RAM : 12 GB
  • Memori Internal : 256 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro) 2 MP (depth)
  • Kamera Depan : 32 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 4500 mAh, Fast Charging 65W

Selengkapnya : Spesifikasi Oppo Reno6 Pro 5G dan Harganya

Secara keseluruhan, dari segi desain, Oppo Reno6 Pro 5G terlihat menarik, terutama dengan desain "Reno Glow" pada bagian belakangnya yang terbuat dari kombinasi kaca dan logam. Hal ini membuatnya tampak berbeda dari pesaing-pesaingnya di segmen yang sama.

Oppo Reno6 Pro 5G juga menawarkan sejumlah kelebihan yang tidak boleh dilewatkan. Meskipun tidak dapat disangkal bahwa perangkat ini memiliki beberapa kekurangan, namun setelah membaca informasi ini, kalian dapat mempertimbangkan kelebihan-kelebihannya sebelum membuat keputusan.

Baca juga : 8 Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno6 yang Perlu Diketahui

Kelebihan Oppo Reno6 Pro 5G

Oppo memiliki keinginan untuk tidak melewatkan kesempatan untuk menarik banyak penggemar dengan Reno6 Pro 5G. Meskipun memiliki perbedaan tipis dengan versi Reno6 5G, terdapat beberapa kelebihan pada sektor layar dan komponen internal. Selain itu, kamera Oppo Reno6 Pro 5G juga diklaim dapat diandalkan dalam berbagai situasi. Selain kelebihan jaringan 5G-nya, berikut ini adalah informasi mengenai kelebihan Oppo Reno6 Pro 5G:

1. Layar Berkualitas

Kelebihan pertama terletak pada kualitas layarnya. Reno6 Pro 5G memiliki layar Soft AMOLED 6.5 inci dengan kecepatan refresh 90Hz dan resolusi FHD+ yang dilengkapi dengan fitur Always-on display. Layarnya yang besar, cerah, dan menawarkan warna-warna solid dengan tingkat kecerahan yang cukup. Reno6 Pro 5G menawarkan kecerahan puncak hingga 1.100 nits dan kecerahan tipikal 500 nits, sehingga tetap cerah dalam berbagai kondisi pencahayaan.

Selain kecepatan refresh 90Hz, pengguna juga dapat menggunakan refresh rate 60Hz dan mengubahnya sesuai kebutuhan melalui pengaturan. User interface ColorOS juga menyediakan beberapa penyesuaian lain untuk tampilan, seperti mode kenyamanan mata, pengaturan suhu warna layar, mode warna layar, dan penambah warna video.

Layar Oppo Reno6 Pro 5G dilengkapi dengan sensor sidik jari di dalam layar berkat kualitas panel AMOLED yang dimilikinya. Panel ini juga memiliki touch sampling rate hingga 180Hz dan kerapatan piksel sebesar 402 ppi, sehingga memberikan responsivitas sentuhan yang baik.

2. Ditenagai oleh Chipset Unggulan

Performa yang tangguh menjadi salah satu hal yang penting bagi pengguna smartphone Android. Oppo Reno6 Pro 5G hadir dengan chipset Snapdragon 870 dan GPU Adreno 650 yang menawarkan performa andal. Dengan komponen ini, segala aktivitas berat dan multi-tasking akan terasa lancar, berkat clock speed chipset yang mencapai 3.2GHz.

3. Antarmuka Pengguna yang Cocok

Dari segi perangkat lunak dan antarmuka pengguna (UI), Reno6 Pro 5G dilengkapi dengan ColorOS 11.3 berbasis Android 11. Meskipun Oppo telah meluncurkan ColorOS 12 dengan Android 12, Reno6 Pro 5G juga akan mendapatkan pembaruan tersebut.

Antarmuka pengguna ColorOS memiliki fitur-fitur kaya yang tak kalah dengan versi terbaru. Beberapa fitur baru yang ditawarkan antara lain Freeform Screenshot, Private Safe, aplikasi O-Relax, dan Game Focus Mode.

4. Penyimpanan Besar

Untuk menjalankan banyak aplikasi media sosial dan game, smartphone membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup. Oppo Reno6 Pro 5G hadir dengan satu konfigurasi ruang penyimpanan di Indonesia, yaitu RAM LPDDR4X 12GB yang dipadukan dengan penyimpanan internal UFS 3.1 sebesar 256GB.

Kombinasi ini cocok bagi pengguna yang ingin menyimpan banyak file dan aplikasi, serta memungkinkan multi-tasking yang lancar. Selain itu, kapasitas penyimpanan yang besar juga menghadirkan kenyamanan saat menjalankan game dengan grafis intensif.

5. Kamera Quad Mengesankan dan Kamera Selfie yang Menarik

Oppo Reno6 Pro 5G menawarkan susunan kamera quad di bagian belakang yang mengesankan. Kamera utamanya menggunakan sensor wide 50MP dengan aperture f/1.8 dan bidang pandang 84°. Kamera ini dilengkapi dengan lensa 6P, dukungan autofokus (AF), dan Optical Image Stabilization (OIS).

Kamera kedua adalah kamera ultra-wide 16MP dengan aperture f/2.2 dan bidang pandang 123°. Terdapat juga kamera telefoto 13MP (aperture f/2.4) dan kamera makro 2MP (aperture f/2.4). Oppo mengklaim bahwa kamera belakang Reno6 Pro 5G mampu merekam video hingga kualitas 4K pada 60/30 fps.

Untuk kamera depannya, terdapat kamera selfie 32MP (aperture f/2.4) dengan bidang pandang 80°. Kamera depan ini mampu merekam video hingga resolusi 1080 piksel pada 30fps.

6. Baterai Besar dan Pengisian Daya Cepat yang Mengesankan

Oppo Reno6 Pro 5G dilengkapi dengan dua sel baterai seri 2250mAh, memberikan total kapasitas baterai sebesar 4500mAh. Pengisian daya ponsel dilakukan dengan cepat dan efisien berkat teknologi SuperVOOC 2.0 dan dukungan fast charging 65 Watt. Oppo mengklaim bahwa dengan teknologi pengisian daya cepat ini, ponsel dapat diisi daya hingga 100% dalam waktu 31 menit.

Itulah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Oppo Reno6 Pro 5G. Dari tampilan layar berkualitas hingga performa tangguh, serta fitur-fitur kamera yang mengesankan dan pengisian daya cepat yang efisien, ponsel ini menawarkan paket yang menarik bagi pengguna yang mencari smartphone dengan spesifikasi tinggi.

Baca juga : Ini Dia 8 Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y35

Kekurangan Oppo Reno6 Pro 5G

Meskipun Oppo Reno6 Pro 5G memiliki segudang kelebihan, tidak dapat dipungkiri bahwa perangkat ini juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan dari Oppo Reno6 Pro 5G:

1. Tidak ada perlindungan tambahan dan IP Rating

Oppo Reno6 Pro 5G tidak dilengkapi dengan perlindungan tambahan seperti Corning Gorilla Glass. Hal ini membuat pengguna harus lebih berhati-hati dalam menggunakan ponsel ini agar tidak terjadi kerusakan saat terjatuh. Selain itu, karena tidak memiliki IP rating, perangkat ini tidak tahan terhadap air dan debu.

2. Tidak mendukung penyimpanan eksternal MicroSD

Meskipun Reno6 Pro 5G memiliki ruang penyimpanan yang besar, ada beberapa situasi di mana pengguna mungkin memerlukan kartu MicroSD untuk menyimpan file seperti dokumen, musik, dan video. Namun, perangkat ini tidak mendukung penyimpanan eksternal MicroSD, sehingga pengguna terbatas pada ruang penyimpanan internal yang ada.

3. Tidak memiliki speaker stereo dan jack audio 3.5mm

Oppo Reno6 Pro 5G tidak dilengkapi dengan fitur speaker stereo, hanya memiliki mono-speaker. Hal ini dapat mempengaruhi kualitas audio saat mendengarkan musik atau menonton video. Selain itu, perangkat ini juga tidak memiliki jack audio 3.5mm, yang merupakan fitur penting bagi sebagian pengguna yang masih menggunakan headphone dengan konektor tersebut.

Itulah beberapa kekurangan dari Oppo Reno6 Pro 5G. Meskipun memiliki kelebihan yang signifikan, faktor-faktor ini mungkin menjadi pertimbangan bagi beberapa pengguna dalam memilih smartphone.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.