8 Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno6 yang Perlu Diketahui

Oppo Reno adalah salah satu seri perangkat kelas atas yang fokus pada kamera. Ponsel ini memiliki desain estetis yang menarik dan spesifikasi yang di atas rata-rata, dengan harga yang berada di kisaran menengah ke atas.

Oppo Reno6
Spesifikasi Oppo Reno6
  • Rilis : Juli 2021
  • Layar : 6.4 inci AMOLED 90Hz ~411ppi
  • Chipset : Qualcomm Snapdragon 720G (8nm)
  • GPU : Adreno 618
  • RAM : 8 GB
  • Memori Internal : 128 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan : 44 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 4310 mAh, Fast Charging 50W

Selengkapnya : Spesifikasi Oppo Reno6 dan Harganya

Reno6 dapat dianggap sebagai pembaruan dari Reno5 5G, karena sebagian besar spesifikasinya dan faktor bentuknya hampir identik. Seri Reno dari Oppo selalu menjadi topik hangat dalam percakapan teknologi. Pada bulan Juli, Oppo meluncurkan Reno6, diikuti oleh Reno6 5G dan Reno6 Pro 5G dengan peningkatan spesifikasi.

Dengan harga sekitar 5 juta, Oppo Reno6 menghadapi persaingan ketat dari perangkat terbaru seperti Xiaomi 11T dan lainnya. Dengan mengeluarkan sejumlah uang yang cukup besar, apa saja kelebihan dan kekurangan Oppo Reno6 yang dapat kalian dapatkan? Berikut adalah informasinya dalam tulisan ini.

Baca juga : Inilah 8 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Vivo Y22

Kelebihan Oppo Reno6

Oppo Reno6 menghadirkan desain yang menawan dengan tampilan yang disebut sebagai Reno Glow. Desain ini menghasilkan cover belakang yang unik dengan efek sprektum berlian. Ketika terkena cahaya, cover belakangnya menghadirkan aksen yang berbeda dan memikat. Tidak hanya itu, berikut adalah beberapa kelebihan Oppo Reno6:

1. Desain Slim dan Ringan

Oppo Reno6 terkenal sebagai smartphone yang stylish dan modern. Perangkat ini memiliki ketebalan hanya 7.8 mm dan bobot keseluruhan sekitar 173 gram. Desainnya yang slim dan ringan membuat Oppo Reno6 nyaman digunakan. Oppo berhasil menghadirkan keunggulan ini, sedangkan beberapa pesaingnya cenderung memiliki ketebalan dan bobot yang lebih besar.

2. Layar AMOLED Full HD+

Layar Oppo Reno6 juga menarik sebagaimana desainnya. Perangkat ini dilengkapi dengan panel AMOLED berukuran 6.4 inci dan resolusi Full HD+. Oppo menggunakan desain layar punch hole yang memungkinkan pengguna menikmati tampilan layar yang luas saat menggulir media sosial atau menonton film.

Dibandingkan dengan layar HD+ alias 720p, layar Full HD+ memberikan keuntungan dalam melihat konten dengan resolusi 1920 x 1080 piksel tanpa khawatir tentang masalah penskalaan. Jika Anda menyukai kualitas tinggi saat bermain game atau menonton film, layar dengan resolusi Full HD+ tentu akan lebih menarik.

Meskipun ukurannya sedikit berbeda dengan versi 5G, Oppo Reno6 tetap memiliki tampilan yang sama. Layar ini juga dilengkapi dengan kecerahan 750 nits yang memungkinkan Anda melihat isi layar dengan mudah di bawah sinar matahari. Resolusi 1080p pada panel AMOLED-nya menjanjikan tampilan film yang tajam dan memuaskan.

3. Ruang Penyimpanan Besar dengan Dukungan Ekspansi MicroSD

Oppo Reno6 menawarkan kapasitas penyimpanan yang luas untuk menyimpan banyak file dan aplikasi. Perangkat ini memiliki kombinasi RAM 8GB dan memori internal 128GB yang masih dapat diperluas menggunakan kartu microSD.

Sementara versi Reno6 5G memiliki opsi RAM 8/12GB dan penyimpanan internal 128/256GB yang lebih menguntungkan. Sayangnya, versi 5G tidak memiliki opsi untuk memperluas penyimpanan karena tidak ada slot kartu microSD. Jadi, jika Anda adalah penggemar smartphone dengan kapasitas penyimpanan besar, memilih Oppo Reno6 versi reguler bisa menjadi pilihan yang tepat.

4. Kemampuan Fotografi Menawan

Oppo Reno6 menawarkan kemampuan fotografi yang menakjubkan. Perbedaan mengejutkan antara Oppo Reno6 dan Reno6 5G dapat dilihat pada konfigurasi kamera. Oppo Reno6 5G memiliki tiga kamera dengan kamera utama 64 MP.

Sementara Oppo Reno6 versi 4G memiliki kamera utama dengan resolusi yang sama, tetapi dilengkapi dengan pengaturan quad kamera. Terdapat lensa ultra-wide 8MP, sensor kedalaman 2MP, dan sensor monokrom 2MP. Dengan konfigurasi ini, Oppo Reno6 memberikan kebebasan dalam merekam video 4K dan menghasilkan potret yang indah sesuai harapan Anda.

Oppo Reno6 mengusung tagline "Every Emotion, In Potrait" untuk menunjukkan kemampuan fotografi yang menggugah. Fitur unggulannya termasuk Bokeh Flare Portrait dan AI Video dengan mode Daytime dan Nighttime. Oppo juga menonjolkan fitur Live HDR dan Ultra Night Video untuk merekam dengan kualitas cahaya yang disesuaikan secara otomatis.

5. Baterai Besar dengan 50W Flash Charge

Oppo Reno6 dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar, yaitu 4.310 mAh, yang cukup untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Baterai ini didukung oleh fitur 50W Flash Charge yang dapat mengisi daya dengan cepat. Oppo mengklaim bahwa hanya dalam waktu 5 menit pengisian daya, Anda bisa menggunakan perangkat selama 3 jam untuk menonton video.

6. Performa yang Handal

Meskipun Oppo Reno6 tidak mendukung jaringan 5G seperti versi 5G-nya, perangkat ini tetap menawarkan performa yang handal. Oppo Reno6 ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 720G yang dapat diandalkan untuk penggunaan ringan hingga sedang. Snapdragon 720G (8nm) adalah SoC berbasis ARM yang memiliki delapan inti (octa-core) dengan kecepatan clock hingga 2.3 GHz. Performanya sangat cocok untuk smartphone dengan harga di kisaran 5 jutaan.

Itulah beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan dengan memilih Oppo Reno6. Desain menawan, layar AMOLED Full HD+, ruang penyimpanan besar dengan dukungan ekspansi microSD, kemampuan fotografi menawan, baterai besar dengan 50W Flash Charge, dan performa yang bisa diandalkan menjadikan Oppo Reno6 sebagai pilihan menarik dalam kategori harga tersebut.

Baca juga : Sebelum Beli, Ketahui Dulu Kelebihan dan Kekurangan Oppo A16

Kekurangan Oppo Reno6

Meskipun Oppo Reno6 menawarkan banyak kelebihan menarik, perlu diingat bahwa ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Berikut adalah kekurangan yang perlu diketahui tentang Oppo Reno6:

1. Refresh Rate Hanya 90Hz

Dalam kisaran harga yang sama, beberapa merek terkenal seperti Xiaomi menawarkan kecepatan refresh rate yang lebih tinggi. Pada umumnya, dalam kisaran harga tersebut, banyak perangkat yang menawarkan refresh rate 120Hz untuk tampilan yang sangat smooth saat digunakan.

2. Speaker Tidak Stereo

Salah satu kekurangan Oppo Reno6 adalah kurangnya dukungan speaker stereo. Hal ini disayangkan karena kebanyakan penggemar game menginginkan pengalaman audio yang lebih baik. Meskipun Oppo Reno6 memiliki performa yang mendukung untuk game dengan grafis intens dan pemutaran streaming resolusi tinggi, kurangnya speaker stereo dapat menjadi kekurangan.

Itulah beberapa informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo Reno6 yang perlu dipertimbangkan lebih lanjut. Meskipun memiliki kekurangan, Oppo Reno6 cocok untuk mereka yang mencari smartphone serbaguna yang stylish.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.