Inilah 8 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Vivo Y22

Siapa bilang perangkat kelas mid-range tak bisa memukau? Vivo Y22 hadir sebagai jawaban yang memesona bagi para pecinta teknologi muda. Dengan harga terjangkau di kisaran 2 jutaan, ponsel ini telah mencuri perhatian di pasaran. Desainnya yang eye-catching membuatnya menjadi andalan Vivo untuk generasi muda yang mencari smartphone dengan spesifikasi unggulan.

Vivo Y22
Spesifikasi Vivo Y22
  • Rilis : September 2022
  • Layar : 6.55 inci IPS LCD
  • Chipset : MediaTek Helio G85 (12nm)
  • GPU : Mali-G52 MC2
  • RAM : 4 GB
  • Memori Internal :  64 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 50 MP (wide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan : 8 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 18W

Selengkapnya : Spesifikasi Vivo Y22 dan Harganya

Mari kita jelajahi bersama kelebihan dan kekurangan Vivo Y22 yang menarik ini!

Baca juga : 8 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S21 FE 5G!

Kelebihan Vivo Y22

Vivo Y22 membuat penggunanya dejavu karena mengemas tampilan yang kurang lebih sama dengan Vivo Y35. Yuk, ketahui kelebihan Vivo Y22 berikut ini.

1. Bodi Cantik dan Kokoh

Vivo Y22 hadir dengan desain yang memukau, memadukan kecantikan dan kekokohan dalam satu rangkaian. Bodi perangkat ini tampil elegan dengan modul kamera besar yang tertata rapi di bagian belakang. Vivo menggunakan teknik Dynamic Color yang dipadukan dengan Crystalline Matte, memberikan lapisan tahan gores dan sidik jari.

Tersedia dalam tiga varian warna yang menawan: Starlit Blue, Metaverse Green, dan Cyan. Selain itu, perangkat ini juga didukung oleh sertifikasi IP5X untuk ketahanan dari debu dan IPX4 untuk perlindungan dari cipratan air, menjadikannya siap menemani segala petualangan.

2. Performa Kuat

Ditenagai oleh prosesor gaming MediaTek, Helio G85, Vivo Y22 memberikan performa tangguh di kelas entry-level. Kecepatan CPU mencapai 2.0 GHz dan komponen kartu grafis GPU Mali G52 yang berlari pada frekuensi 1 GHz memberikan kinerja ciamik, mampu menghadapi rendering grafis dan beban aplikasi berat dengan lancar.

Keuntungan lainnya adalah adanya fitur Ultra Game Mode dan Multi Turbo 5.5 yang menambahkan kesan lancar saat bermain game. Siap menghadapi tantangan gaming?

3. Didukung Fitur RAM Extended

Vivo Y22 memiliki ruang penyimpanan yang lapang, dengan varian RAM 4 GB berpadu memori internal 64 GB atau varian lebih tinggi RAM 6 GB dan penyimpanan internal 128 GB. Selain itu, perangkat ini unggul dengan fitur RAM Extended hingga 2 GB, jarang ditemui pada smartphone kelas 2 jutaan lainnya. Fitur ini memungkinkan meningkatkan kinerja multitasking dengan lebih lancar dan efisien.

4. Triple Slot

Dengan kemampuan triple slot, Vivo Y22 memberikan kebebasan lebih dalam mengatur kartu SIM dan eksternal. Kalian dapat menggunakan dual SIM dan menyisipkan kartu microSD secara bersamaan, menghadirkan fleksibilitas dalam mengatur kapasitas penyimpanan hingga mencapai 1 Terabyte. Liburan atau pesta foto tidak pernah seasyik ini!

5. 50 MP Night Camera

Taklukkan malam dengan Vivo Y22 yang dilengkapi AI Triple Mode Camera. Kamera utama beresolusi 50 MP dengan tambahan kamera makro 2 MP, serta fitur Super Night Mode untuk mengabadikan momen di malam hari dengan jelas dan detail. Kamera depan dengan resolusi 8 MP juga siap memukau dengan fitur Eye Autofocus, Portrait, Time-lapse, dan Mode Bokeh, memberikan hasil foto berkualitas tinggi.

6. Baterai Besar

Baterai jumbo 5.000 mAh di Vivo Y22 memastikan pengalaman browsing dan bermain game tanpa henti. Ponsel ini dapat bertahan hingga 20 jam untuk pemutaran video YouTube dan bisa digunakan selama 2 hari lamanya. Pengisian daya juga lebih cepat berkat teknologi fast charging 18 watt yang disediakan oleh Vivo.

Tambah lagi, keberlangsungan daya lebih efisien berkat kehadiran Vivo Energi Guardian yang berpadu dengan AI Power Saving. Dan tak ketinggalan, Vivo Y22 juga dapat berfungsi sebagai sumber pengisi daya berkat dukungan fitur reverse charging.

Baca juga : Kenali 8 Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y16

Kekurangan Vivo Y22

Meskipun Vivo Y22 memiliki sejumlah kelebihan, ada beberapa poin kekurangan yang harus dipertimbangkan:

1. Layar Masih HD Plus

Layar Vivo Y22 mengusung teknologi LCD IPS dengan ukuran 6.55 inci dan kecerahan hingga 530 nits. Namun, resolusi layar masih sebatas HD Plus (720 x 1612 piksel), kalah bersaing dengan beberapa rivalnya yang sudah mengadopsi resolusi Full HD Plus. Meskipun demikian, rasio aspek yang cukup tinggi 20.1:9 dengan bezel tipis memberikan tampilan yang luas dan menarik.

2. Speaker Mono

Perangkat ini masih menggunakan speaker mono sehingga kualitas output suara tidak seoptimal speaker stereo. Namun, kualitas suara tetap menghadirkan pengalaman yang memuaskan.

3. Setup Kamera Kurang Lengkap

Meskipun memiliki kamera utama dengan resolusi tinggi, Vivo Y22 tidak menyertakan lensa ultrawide atau depth sensor dalam konfigurasi kamera. Keberadaan lensa ultrawide bisa menjadi nilai tambah dalam memotret pemandangan luas, sementara depth sensor membantu menghasilkan efek bokeh yang menawan. Meskipun begitu, kamera utama dan fitur-fitur lain yang disediakan tetap memberikan hasil foto berkualitas.

Demikianlah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Vivo Y22 yang perlu kalian ketahui. Semoga ulasan ini membantu dalam menentukan pilihan smartphone baru di tahun ini. Dengan desain menawan, performa tangguh, dan fitur-fitur unggulan yang ditawarkan, Vivo Y22 menjadi salah satu opsi menarik di kelas mid-range. Selamat berbelanja dan menemukan smartphone yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kalian!

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.