Kenali 8 Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y16

Vivo Y16 adalah salah satu pesaing berat dalam kategori smartphone sejutaan dari vendor besar seperti Xiaomi, Infinix, Samsung, dan Oppo. Dengan harga yang terjangkau, Vivo Y16 menawarkan sejumlah kelebihan yang menarik bagi pengguna Android.

Vivo Y16
Spesifikasi Vivo Y16
  • Rilis : September 2022
  • Layar : 6.51 inci IPS LCD
  • Chipset : MediaTek Helio P35 (12nm)
  • GPU : PowerVR GE8320
  • RAM : 3 GB
  • Memori Internal : 32 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 13 MP (wide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan : 5 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh

Selengkapnya : Spesifikasi Vivo Y16 dan harganya

Mari kita lihat secara detail kelebihan dan kekurangan dari Vivo Y16.

Baca juga : Yuk, Intip 11 Kelebihan dan Kekurangan Vivo V25e

Kelebihan Vivo Y16

Jangan remehkan Vivo Y16 meski dibanderol dengan harga murah. Serangkaian spesifikasinya menawarkan kelebihan-kelebihan yang cukup menggoda berikut ini.

1. Desain Stylish dan Elegan

Vivo tidak pernah mengesampingkan aspek desain pada smartphone-nya, dan hal itu terbukti pada Vivo Y16. Dengan konsep desain 2.5D Flat Frame, ponsel ini menonjolkan kesan elegan dan premium. Teknologi Vivo Dynamic Design dan Crystalline AG Matte Dynamic Color memberikan tampilan yang stylish dan sesuai dengan tren terkini.

Tersedia dalam warna Stellar Black dan Drizzling Gold, kedua varian menawarkan gaya yang menggoda. Dengan bodi yang ramping dan bobot ringan, Vivo Y16 nyaman digenggam dengan satu tangan.

2. Perlindungan Terhadap Air dan Debu

Satu kelebihan menarik lainnya adalah Vivo Y16 mengantongi sertifikasi rating IP53. Artinya, ponsel ini tahan terhadap semburan air dan debu, memberikan perlindungan ekstra pada perangkat tersebut. Kelebihan ini tidak banyak ditemui pada smartphone dengan harga serupa, sehingga Vivo Y16 unggul dalam hal ini.

3. Layar Luas dan Imersif

Layar IPS LCD berukuran 6.51 inci di Vivo Y16 menawarkan tampilan luas dan imersif. Dengan resolusi HD Plus (720 x 1600 piksel) dan rasio layar ke body sebesar 82.5%, ponsel ini cocok untuk menonton film dan bermain game. Layar tersebut juga dilengkapi dengan fitur Eye Protection untuk kenyamanan pengguna dalam penggunaan jangka panjang.

4. Keamanan Sidik Jari Samping

Berbeda dari smartphone murah lainnya, Vivo Y16 menyajikan kemudahan dengan fingerprint sensor yang diletakkan di samping ponsel. Sensor sidik jari ini sangat responsif, membuka kunci ponsel hanya dalam waktu 0.2 detik saja. Penempatan sensor di samping memungkinkan akses yang mudah dan cepat.

5. Baterai Tahan Lama

Vivo Y16 menawarkan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang dapat bertahan hingga berjam-jam. Dengan kapasitas baterai yang besar, Vivo Y16 dapat digunakan untuk bermain game tanpa henti selama 7 jam dan streaming video HD selama 18 jam.

Bahkan untuk pemutaran musik, ponsel ini dapat bertahan hingga 22 jam. Fitur Vivo Energy Guardian (VEG) juga hadir untuk meningkatkan daya tahan baterai. Selain itu, Vivo Y16 juga mendukung reverse charging, memungkinkan ponsel berfungsi sebagai power bank.

6. Kamera yang Layak

Vivo Y16 tidak mengabaikan sektor fotografi. Dengan kamera utama 13 MP dan kamera makro 2 MP, ponsel ini mampu menghasilkan foto dan video yang memuaskan. Kamera selfie 5 MP juga cukup untuk swafoto dan panggilan video berkualitas.

Baca juga : Yuk Simak 9 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M52 5G

Kekurangan Vivo Y16

Harus diakui bahwa 6 kelebihan Vivo Y16 di atas terlihat sangat menjanjikan. Namun jangan lupa untuk mempertimbangkan kembali 2 kekurangannya berikut ini.

1. Performa Terbatas

Vivo Y16 memiliki performa terbatas dengan chipset MediaTek Helio P35 yang relatif lesu. Performa multitasking berat atau bermain game mungkin tidak optimal dengan chipset ini. Selain itu, konfigurasi penyimpanan yang tersedia hanya dalam RAM 3 GB dan memori internal 32 GB juga dapat membatasi penggunaan ponsel.

2. Refresh Rate Layar Terbatas

Vivo Y16 memiliki refresh rate layar yang terbatas hanya 60 Hz. Hal ini dapat menyebabkan lag saat menavigasi layar, mengingat banyak pesaingnya yang sudah memiliki refresh rate lebih tinggi.

Meskipun demikian, Vivo Y16 tetap menawarkan sejumlah kelebihan yang menggoda dengan harga yang terjangkau. Desain stylish, baterai jumbo, dan sensor kamera yang dapat diandalkan menjadikan ponsel ini pilihan yang tepat bagi pengguna Android yang mencari kombinasi spesifikasi dasar dan tampilan stylish.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.