Harga Vivo Y16 Terbaru 2024 dan Spesifikasi

Vivo Y16

Fitur Unggulan


  • Fitur keamanan peminda muka dan sidik jari
  • Dukungan WiFi 5 GHz dan port USB C
  • Layar IPS LCD yang luas
  • Desain cantik dan tahan percikan air
  • Triple slot, dua kartu SIM dan satu kartu microSD

Selengkapnya : Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y16

Spesifikasi Vivo Y16

Umum
Rilis2022
Jaringan2G, 3G, 4G
SIM CardDual SIM (Slot Khusus)
eSIMTidak

Body
Berat184 gram
Dimensi163.95 x 75.55 x 8.19 mm
KetahananIP53
Fitur LainnyaTahan debu dan percikan air

Layar
TipeIPS LCD
Ukuran6.51 inci
Refresh Rate60 Hz
Resolusi720 x 1600 piksel
Rasio20:9
Kerapatan~270 ppi
Proteksi
Fitur Lainnya

Hardware
ChipsetMediaTek Helio P35
CPUOcta-core (4x2.35 GHz Cortex-A53 & 4x1.8 GHz Cortex-A53)
GPUPowerVR GE8320

Memori
RAM3 GB
Memori Internal32 GB
Memori EksternalAda (Slot Khusus)

Kamera Belakang
Jumlah Kamera2
Konfigurasi 13 MP (wide), f/2.2 2 MP (), f/2.4
FiturPDAF, LED flash, HDR, panorama, Video: Hingga 1080p@30fps

Kamera Depan
Jumlah Kamera1
Konfigurasi5 MP (wide), f/2.2
Fitur

Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSGPS, A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO
InfraredTidak Ada
NFCTidak Ada
USB Tipe-C 2.0

Baterai
TipeLi-Po
Kapasitas5000 mAh
FiturPengisian 10W

Fitur
OS (Saat Rilis)Android 12, Funtouch OS 12
SensorFingerprint (samping), akselerometer, cahaya, giroskop (virtual), proksimitas, kompas
Jack 3.5mmAda
WarnaStellar Black, Drizzling Gold
Fitur LainnyaDukungan microSD hingga 1 TB Radio FM

Benchmark
Antutu

Harga Vivo Y16

Harga
3/32 GB - Rp 1.635.000

Catatan: Informasi yang tercantum di atas mungkin tidak sepenuhnya akurat. Silakan hubungi kami jika anda menemukan kesalahan pada informasi di atas.

Selengkapnya Tentang Vivo Y16

vivo Y16 keluaran tahun berapa?

vivo Y16 pertama kali diperkenalkan pada bulan September 2022 dan mulai tersedia di Indonesia pada bulan yang sama. Ketika diluncurkan, harga vivo Y16 dianggap terjangkau dan tergolong dalam kategori ponsel dengan harga murah. Mari kita simak informasi lebih lanjut tentang ponsel ini!

Bagaimana desain HP vivo Y16?

vivo Y16 tampil dengan desain yang premium, dengan bagian depan terbuat dari kaca dan bodi belakang dilapisi plastik yang tahan gores dan tidak mudah meninggalkan sidik jari. Tekstur material tersebut menyatu dengan pilihan warna, memberikan kesan elegan.

Dengan dimensi 164 x 75.6 x 8.2 mm dan berat 184 gram, ponsel ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Dengan tambahan frame 2.5D yang melengkung, vivo Y16 nyaman digenggam dan mudah dibawa ke mana-mana.

Di sisi kanan ponsel, terdapat tombol power yang berfungsi sebagai pemindai sidik jari yang tergabung, serta tombol volume. Slot kartu SIM berada di bagian atas, sedangkan port USB-C, jack audio 3.5 mm, dan speaker berada di bagian bawah.

Selain memiliki desain yang menarik, smartphone ini juga terbukti kokoh. vivo telah melakukan uji ketahanan pada vivo Y16 untuk memastikan dapat menangani kehidupan sehari-hari yang sibuk. Ponsel ini terbukti tetap tangguh setelah tombol volumenya ditekan 70 ribu kali dan tombol power 150 ribu kali dalam uji ketahanan tersebut.

Apa saja varian warna HP vivo Y16?

HP vivo Y16 tersedia dalam dua pilihan warna, yakni Drizzling Gold dan Stellar Black. Varian Drizzling Gold menampilkan warna dasar emas dengan efek berkilau yang mencerminkan kehangatan sinar matahari. Pilihan warna ini dipilih untuk memberikan tampilan yang cerah dan ceria, mencerminkan semangat dan gaya hidup generasi muda.

Sementara itu, sesuai dengan namanya, Stellar Black hadir dengan warna hitam yang misterius dan elegan. Namun, warna hitamnya tidak biasa. vivo melengkapi dengan tekstur fluorite yang memberikan efek mengkilap. Terdapat juga pola bintang jatuh yang menambah sentuhan mewah pada tampilan bodi ponsel.

Apakah HP vivo Y16 tahan air?

Tentu, vivo Y16 telah mendapatkan sertifikasi IP53. Hal ini menandakan bahwa smartphone ini tahan terhadap cipratan air dan debu, sehingga aman digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti tampilan layar vivo Y16?

vivo Y16 hadir dengan layar berukuran 6,5 inci dan desain waterdrop notch. Desain layarnya standar, hampir serupa dengan ponsel lain di kelas harganya. Walaupun begitu, layar HP ini masih cukup lega, memberikan kenyamanan dalam penggunaan untuk aktivitas seperti browsing dan menonton film. Rasio layar-ke-bodi mencapai 82,5%.

Panel layar menggunakan IPS LCD dengan resolusi 720 x 1600 piksel. Meskipun layar IPS LCD ini tidak begitu cerah dan warnanya kurang dinamis, namun pengguna masih dapat menikmati kenyamanan saat menonton video di ponsel ini.

Layar secara otomatis akan menyesuaikan kecerahan sesuai dengan lingkungan sekitar dan menyaring cahaya biru untuk mengurangi kelelahan mata. Secara keseluruhan, layarnya mungkin tidak memiliki fitur khusus yang istimewa, namun masih cocok untuk penggunaan sehari-hari, terutama untuk penggunaan dasar dan kasual.

Perlu diperhatikan, mengingat harga yang cukup terjangkau, seri Y16 tidak dilengkapi dengan perlindungan Corning Gorilla Glass. Untuk perlindungan layar yang lebih baik, disarankan untuk menggunakan screen protector tambahan.

Berapa refresh rate HP vivo Y16?

Ponsel ini memiliki refresh rate 60Hz, yang dianggap standar mengingat kelasnya yang berada di tingkat pemula.

HP vivo Y16 RAM berapa?

HP ini memiliki RAM dengan opsi kapasitas 3GB dan 4GB. Meskipun kapasitasnya tidak terlalu besar, namun juga tidak terlalu kecil. Namun, untuk menghindari lag, disarankan untuk memilih vivo Y16 dengan RAM 4GB.

Sementara itu, untuk memori internal, tersedia pilihan 32GB, 64GB, dan 128GB. Dengan pilihan ini, kamu dapat dengan mudah menyimpan foto, video, lagu, dan film di ponselmu. Jika kamu memiliki banyak file multimedia, disarankan untuk memilih varian 128GB.

Apakah vivo Y16 ada fitur penambahan RAM?

Iya, smartphone vivo ini hadir dengan RAM 4GB serta fitur 4GB Extended RAM, yang menggunakan kapasitas memori internal yang tidak terpakai.

Bagaimana performa dapur pacu HP vivo Y16?

Dengan menggunakan chipset Mediatek MT6765 Helio P35 (12nm), CPU Octa-core (4x2.3 GHz Cortex-A53 & 4x1.8 GHz Cortex-A53), dan GPU PowerVR GE8320, performa dan spesifikasi vivo Y16 melebihi ekspektasi. Ponsel ini menawarkan kinerja yang cepat, minim lag, dan mampu menikmati file multimedia tanpa hambatan.

HP ini bahkan memberikan pengalaman yang menyenangkan saat digunakan untuk bermain game seperti Call of Duty: Mobile, League of Legends: Wild Rift, Asphalt 9, dan Crash on the Run. vivo Y16 dilengkapi dengan fitur Multi-Turbo 5.5 yang membantu memaksimalkan kinerja ponsel saat bermain game, mengurangi kemungkinan stutter sehingga pengguna dapat bermain game dengan lancar.

Meskipun ada beberapa lag yang mungkin terjadi saat bermain game yang lebih berat, namun hal tersebut cukup minor. Ponsel ini juga tidak cenderung cepat panas saat digunakan dalam waktu lama. Secara keseluruhan, performa vivo Y16 tergolong solid untuk kelas ponsel dengan budget terjangkau.

vivo Y16 pakai Android versi berapa?

Selain menggunakan chipset Mediatek MT6765 Helio P35, CPU Octa-core, dan GPU PowerVR GE8320, HP ini beroperasi dengan sistem operasi Android 12, Funtouch 12. Sistem operasi ini menyuguhkan antarmuka yang sederhana dan familiar, namun dengan beragam ikon yang berwarna-warni. Selain itu, terdapat juga App Drawer yang memudahkan navigasi aplikasi di ponsel.

Sistem operasi Android 12 Funtouch 12 membawa fitur Ultra Game Mode sebagai salah satu keunggulan smartphone ini. Pengguna dapat mengaktifkannya melalui menu drop down, atau secara otomatis saat memulai permainan.

Dengan Ultra Game Mode, HP akan mengoptimalkan kinerjanya dengan membersihkan memori dan mencegah gangguan notifikasi untuk memastikan kelancaran permainan. Untuk merekam momen bermain game, pengguna juga dapat menggunakan fitur screen recording.

Berapa resolusi kamera HP vivo Y16?

vivo Y16 dilengkapi dengan spesifikasi dual kamera di bagian belakangnya. Kamera utama memiliki resolusi 13 MP, f/2.2 (wide), PDAF, dan kamera kedua sebesar 2 MP, f/2.4 (macro). Kamera utama ini mampu merekam video dengan kualitas hingga 1080p@30fps.

Sementara itu, kamera depannya memiliki resolusi 5 MP, f/2.2.

Apakah vivo Y16 ada kamera ultra wide?

Sayangnya, seri Y16 belum dilengkapi dengan lensa ultra wide dan hanya mempunyai lensa macro 2 MP. Kekurangan lensa ultra wide ini mungkin akan mempersulit pengguna dalam mengambil foto dengan perspektif yang lebih luas, seperti pemandangan alam atau objek yang besar dan tinggi.

Apakah kualitas kamera vivo Y16 bagus?

Spesifikasi kamera vivo Y16 tergolong cukup baik. Dengan kamera utama 13 MP dan depth sensor 2 MP, warna yang dihasilkan cukup memuaskan. Meskipun kurang mendetail dan cerah seperti pada ponsel flagship, kamera vivo Y16 masih cukup untuk mengambil foto sehari-hari yang ingin diunggah ke media sosial.

Ketika diambil dalam kondisi cahaya terang, saturasi dan kecerahan terasa alami. Namun, mungkin akan ada beberapa masalah ketika mengambil foto di malam hari atau dalam kondisi gelap, di mana hasil gambarnya dapat terlihat agak buram.

Untuk kamera depan, foto selfie terlihat standar. Kemungkinan perlu dilakukan pengeditan lebih lanjut di aplikasi lain karena hasilnya kurang mendetail dan warnanya terlihat pucat.

Seperti apa kualitas perekaman video vivo Y16?

Kualitas perekaman video yang dihasilkan oleh vivo Y16 tergolong standar, dengan resolusi maksimal 1080p@30fps. Meskipun demikian, ketiadaan fitur OIS atau EIS untuk stabilisasi gambar saat merekam dapat membuat hasil video terlihat goyang. Meskipun begitu, kualitas yang dihasilkan masih cukup baik untuk diunggah ke media sosial.

Berapa kapasitas baterai vivo Y16?

HP ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh, yang merupakan kapasitas baterai yang besar untuk kelas harganya. Menurut informasi dari vivo, ponsel ini dapat digunakan selama 18 jam untuk menonton streaming online, 7 jam bermain game, dan 22 jam mendengarkan musik.

Dalam pengujian, ponsel memang mampu bertahan seharian, kira-kira hingga 19 jam. Hal ini membuat pengguna tidak perlu khawatir harus melakukan pengisian ulang baterai berulang kali dalam satu hari. Ponsel dapat digunakan dari menelepon hingga bermain game sepanjang hari dengan aman.

Apakah HP vivo Y16 mendukung fast charging?

Sayangnya, vivo Y16 tidak mendukung fast charging, yang merupakan hal yang disayangkan mengingat kapasitas baterainya yang besar. Daya pengecasannya juga terbatas pada 10W, yang masih dianggap rendah mengingat sebagian besar ponsel kini dilengkapi dengan charger minimal 18W.

Namun, perlu diingat bahwa hal ini masih dapat dimaklumi mengingat harga yang terjangkau dari vivo Y16. Untuk mengisi baterai hingga penuh, diperlukan waktu sekitar dua jam.

vivo Y16 pakai charger type apa?

Adaptor charger yang dimiliki oleh seri Y16 memiliki output maksimum 10W. Meskipun disayangkan bahwa ponsel dengan kapasitas baterai besar ini tidak dilengkapi dengan fitur fast charging, namun hal ini dapat dimaklumi mengingat harganya yang terjangkau.

Apakah vivo Y16 ada sensor sidik jari?

Iya, ponsel ini sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari. Sensor sidik jari tersebut terletak di sisi ponsel yang terintegrasi dengan tombol power, sehingga mudah diakses. vivo mengklaim bahwa hanya memerlukan waktu 0,232 detik untuk membuka ponsel menggunakan sensor sidik jari tersebut.

Apakah jaringan HP vivo Y16 sudah 5G?

Belum, ponsel ini hanya mendukung jaringan GSM, HSPA, dan 4G LTE.

vivo Y16 apakah bisa pakai dual SIM?

Iya. Ponsel ini memiliki dua slot kartu SIM dan satu slot untuk memori eksternal.

Apakah vivo Y16 sudah dilengkapi NFC?

Tidak, vivo Y16 belum dilengkapi dengan fitur NFC. Meskipun demikian, hal ini masih dapat dimaklumi karena ponsel ini masuk dalam kategori entry level, dan harga vivo Y16 juga tidak terlalu tinggi.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.