8 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S21 FE 5G!

Samsung meluncurkan Galaxy S21 FE 5G di Indonesia sebagai penerus kesuksesan Galaxy S20 FE, sebagai perangkat paling terjangkau dalam jajaran Galaxy S20. Namun, sebelum Galaxy S22 hadir, Samsung memperkenalkan Galaxy S21 FE 5G sebagai pilihan di segmen kelas menengah atas, menawarkan perangkat premium dengan fitur unggulan namun dengan harga yang relatif terjangkau.

Samsung Galaxy S21 FE 5G
Spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE 5G
  • Rilis : Januari 2022
  • Layar : 6.4 inci Dynamic AMOLED 2X 120Hz HDR10+
  • Chipset : Exynos 2100 (5nm)
  • GPU : Mali-G78 MP14
  • RAM : 8 GB
  • Memori Internal : 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal : Tidak tersedia
  • Kamera Belakang : 12 MP (wide), 8 MP (telephoto), 12 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan : 32 MP (wide)
  • Baterai : Li-Ion 4500 mAh, Fast Charging 25W

Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE 5G dan Harganya

Galaxy S21 FE hadir dengan beragam warna yang mencuri perhatian, dirancang untuk menarik generasi muda. Dengan mulai dari harga sekitar 8 jutaan, perangkat ini dapat kamu miliki dengan mudah. Sebelum memutuskan, tentunya penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S21 FE 5G. Mari kita bahas.

Baca juga : 8 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A23

Kelebihan Samsung S21 FE 5G

Setelah merilis serangkaian ponsel S22 yang menarik, Samsung kembali memperkenalkan Galaxy S21 FE 5G sebagai pelengkap seri sebelumnya yang tetap menarik minat para pengguna setia. Selain desain baru dan bodi rampingnya, mari kita lihat kelebihan menarik dari Samsung Galaxy S21 FE 5G.

1. Desain Sederhana dengan Pilihan Warna Menawan

Samsung Galaxy S21 FE 5G mengadopsi desain yang sama dengan model sebelumnya, dengan Contour Cut di bagian belakangnya. Meskipun menggunakan kerangka plastik, perangkat ini tetap terlihat premium berkat finishing matte yang disukai banyak pengguna smartphone Android.

Galaxy S21 FE 5G juga memiliki frame aluminium yang memberikan kesan eksklusif pada seri ini. Meski begitu, ponsel ini tetap ringan dengan berat sekitar 177 gram.

Untuk warna, Samsung berhasil mengikuti tren terkini dengan menawarkan pilihan warna pastel yang menarik. Kamu dapat memilih antara varian White, Lavender, Graphite, dan Olive.

2. Layar Dynamic AMOLED dengan Refresh Rate Tinggi

Layar Dynamic AMOLED pada Galaxy S21 FE 5G lebih besar dari Galaxy S21 Standar. Dengan ukuran 6,4 inci, kamu dapat menikmati visualisasi yang lebih nyaman di atas layar. Samsung tidak lupa menyematkan refresh rate tinggi 120Hz, memberikan pengalaman yang lebih mulus dalam aktivitas digital.

Dengan resolusi 2400 x 1800 piksel dan ukuran 6,4 inci, layarnya sedikit lebih kecil dari generasi sebelumnya, tetapi tetap mempertahankan rasio aspek 20:9. Layar Galaxy S21 FE 5G mendukung HDR10+ dan dilindungi oleh Corning Gorilla Glass Victus, memberikan daya tahan yang handal sebagai daily driver.

Layar Dynamic AMOLED pada Galaxy S21 FE 5G juga memungkinkan integrasi sensor sidik jari di dalam layar. Meskipun bukan sensor ultrasonik seperti flagship Samsung yang lebih mahal, sensor optiknya responsif dan dapat diandalkan untuk melindungi smartphonemu.

3. Kualitas Kamera yang Tajam

Galaxy S21 FE 5G dilengkapi dengan tiga lensa kamera di bagian belakangnya, memungkinkanmu mengabadikan setiap momen dengan hasil yang tajam. Meskipun resolusinya tidak banyak berubah dari generasi sebelumnya, setidaknya dari segi hardware.

Perangkat baru ini dilengkapi dengan kamera utama 12MP, lensa ultrawide 12MP, dan lensa telefoto 8MP. Sementara itu, kamera depan di notch layar memiliki resolusi 32MP dengan sudut pandang 81 derajat.

Galaxy S21 FE 5G menonjolkan dukungan optical image stabilization, serta zoom optik 3x dan zoom hibrida 30x yang menjadi andalan di setiap seri Galaxy S. Jangan lupakan juga kemampuan merekam video hingga resolusi 4K dengan 30 atau 60 frame per detik.

4. Dukungan Perangkat Lunak Terdepan

Samsung Galaxy S21 FE 5G dilengkapi dengan Samsung One UI 4.0 berbasis Android 12 dari Google. Samsung menawarkan 4 pembaruan sistem operasi Android dan 5 tahun pembaruan keamanan untuk ponsel flagship mereka, termasuk Galaxy S21 FE 5G.

Ini adalah keunggulan yang patut dipertimbangkan mengingat saudaranya yang lebih dulu diluncurkan masih menggunakan Android 11. Meskipun terlambat dalam kehadirannya, setidaknya Galaxy S21 FE 5G menawarkan dukungan perangkat lunak terdepan di kelasnya.

5. Performa yang Kompetitif

Samsung Galaxy S21 FE 5G didukung oleh prosesor Exynos khusus untuk pasar Indonesia. Seperti seri Galaxy S21 lainnya, perangkat ini ditenagai oleh Exynos 2100 64-bit dengan prosesor octa-core. Untuk pasar Eropa, Galaxy S21 FE 5G menggunakan bantuan Snapdragon 888.

Jika kamu merupakan penggemar Qualcomm, tak perlu khawatir tentang performa Exynos 2100. Chipset ini memiliki inti Arm Cortex-X1 dengan kecepatan 2,9GHz, tiga inti CPU Cortex-A78 berkecepatan 2,8GHz, dan empat inti Cortex-A55 berkecepatan 2,2GHz. Secara keseluruhan, ini adalah pengaturan yang sama dengan Snapdragon 888, pesaingnya, sehingga kamu dapat mempercayakan perangkat ini untuk penggunaan sehari-hari.

Chipset pada perangkat ini juga telah terintegrasi dengan modem 5G yang cepat dan mendukung sub-6GHz, memberikan efisiensi yang kompetitif untuk segmen ini. Kamu dapat memilih kombinasi kapasitas penyimpanan yang sesuai dengan anggaranmu, dengan varian 8/128 GB atau 8/256 GB. Masih ragu dengan performa Galaxy S21 FE 5G?

6. Baterai Tahan Lama

Kelebihan Samsung Galaxy S21 FE 5G yang sulit diabaikan adalah daya tahan baterainya yang luar biasa. Dengan kapasitas 4.500mAh, tidak perlu lagi khawatir tentang kehabisan daya dan sering harus mengisi ulang ponselmu dalam sehari.

Baca juga : Yuk, Simak 9 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M52 5G

Kekurangan Samsung S21 FE 5G

Jangan terlalu terpaku pada kelebihan yang ditawarkan oleh Galaxy S21 FE 5G. Mari pertimbangkan beberapa kekurangan yang dimiliki oleh ponsel ini:

1. Dukungan Fast Charge yang Terbatas

Dalam kisaran harga di atas 5 juta, dukungan fast charge 25W pada Galaxy S21 FE 5G terlihat kurang kompetitif. Pasalnya, banyak pesaing di segmen menengah yang menawarkan kecepatan pengisian hingga 65W.

Meskipun Galaxy S21 FE 5G dilengkapi dengan teknologi fast wireless charging 15W, tidak semua pengguna mengenal atau memanfaatkan teknologi nirkabel tersebut. Pertanyaannya adalah, apakah kekurangan ini masih dapat diabaikan jika ingin membeli Galaxy S21 FE 5G?

2. Tidak Ada Jack Audio

Bagi penggemar port jack audio 3.5mm pada smartphone, ini mungkin menjadi kekurangan yang penting. Samsung Galaxy S21 FE 5G tidak dilengkapi dengan jack audio, sehingga pengguna harus menggunakan earbud.

Meskipun beberapa perangkat Android di segmen menengah masih menyertakan jack audio, Samsung tampaknya menghilangkannya dari beberapa produk menengah dan flagship terbarunya. Jika Anda masih ingin menggunakan headphone dengan kabel, jangan lupa untuk membeli adaptor terpisah.

Demikianlah beberapa kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S21 FE 5G yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membelinya sebagai smartphone terbaru. Meskipun ponsel ini memiliki desain modern dan spesifikasi yang mumpuni, terdapat beberapa kekurangan yang perlu ditoleransi.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.