Harga Oppo Reno6 Terbaru 2024 dan Spesifikasi

Oppo Reno6

Fitur Unggulan


  • Teknologi desain Oppo Reno Glow yang enak dilihat
  • Pengisian daya 50W yang cepat
  • Fitur kamera yang unik
  • Chipset Snapdragon 720G yang dapat diandalkan untuk gaming
  • Resolusi kamera depan tinggi 44 MP

Selengkapnya : Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno6

Spesifikasi Oppo Reno6

Umum
RilisJuli 2021
JaringanGSM, HSPA, LTE
SIM CardDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body
Berat173 gram
Dimensi159.1 x 73.3 x 7.8 mm
Material
WarnaAurora, Stellar Black

Layar
TipeAMOLED, 90Hz
Ukuran6.4 inci, ~84.8% rasio layar ke body
Resolusi1080 x 2400 pixel, rasio 20:9, ~411 ppi

Platform
OSAndroid 11, ColorOS 11.1
ChipsetQualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
CPUOcta-core (2x2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6x1.8 GHz Kryo 465 Silver)
GPUAdreno 618

Memori
Internal8/128 GB
Jenis
EksternalmicroSDXC

Kamera Belakang
Resolusi 64 MP, f/1.7, 26mm (wide), 1/2.0", 0.7µm, PDAF 8 MP, f/2.2, 119˚ (ultrawide), 1/4.0", 1.12µm 2 MP, f/2.4, (macro) 2 MP, f/2.4, (depth)
FiturDual-LED dual-tone flash, HDR, panorama
Video4K @30fps, 1080p @30/60/120fps

Kamera Depan
Resolusi44 MP, f/2.4, 24mm (wide)
Fitur
Video1080p @30/120fps, gyro-EIS

Audio
SpeakerAda
Jack 3.5mmAda

Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.1, A2DP, LE, aptX HD
GPSA-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS
RadioTidak spesifik
NFCAda
USBUSB Type-C 2.0, USB On-The-Go

Fitur
SensorFingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass
LainnyaTidak ada

Baterai
TipeLi-Po, non-removable
Kapasitas4310 mAh
FiturFast charging 50W, USB Power Delivery 2.0, VOOC 4.0

Benchmark
AntutuInformasi tidak tersedia

Harga Oppo Reno6

Harga
8/128 GB - Rp 5.200.000

Catatan: Informasi yang tercantum di atas mungkin tidak sepenuhnya akurat. Silakan hubungi kami jika anda menemukan kesalahan pada informasi di atas.

Selengkapnya Tentang OPPO Reno 6

HP OPPO Reno 6 keluaran tahun berapa?

Ponsel OPPO Reno 6 diperkenalkan di Indonesia pada tanggal 15 Juli 2021. Sebelumnya, OPPO telah meluncurkan perangkat ini di China pada bulan Mei 2021. Di pasar Indonesia, harga OPPO Reno 6 pada awal peluncurannya berada di kategori ponsel menengah.

Bagaimana desain HP OPPO Reno 6?

OPPO Reno 6 tampil dengan desain ultra slim yang sangat elegan. Dengan berat hanya 173 gram, ponsel ini termasuk ringan untuk kelasnya. Dari segi ukuran, dimensinya mencapai 159,1 x 73,3 x 7,8 mm, memberikan tampilan yang cukup ramping.

Kenyamanan saat menggenggam smartphone ini semakin ditingkatkan dengan desain bagian belakang yang memiliki sedikit tekstur, memberikan sensasi genggaman yang solid. Selain itu, tekstur tersebut juga membantu mengurangi kemungkinan bekas noda pada bodi belakang, menjadikan ponsel lebih tahan terhadap kotoran.

Desain yang menarik juga ditonjolkan melalui penggunaan 5 lapisan spectrum pada bodi ponsel. Lapisan tersebut menciptakan efek perubahan warna ketika dilihat dari berbagai sudut.

Bagian depan ponsel mengusung konsep punch hole untuk kamera selfie. Kamera depan ditempatkan pada sudut kiri atas layar, memberikan tampilan display yang lebih luas.

Dalam hal fitur, OPPO Reno 6 dilengkapi dengan tombol power di sisi kanan, sementara tombol volume dan slot kartu SIM terletak di sisi kiri.

Pada bagian atasnya, terdapat mikrofon, sementara bagian bawahnya dilengkapi dengan mikrofon, port USB type-C, speaker, dan jack audio 3.5mm.

OPPO Reno 6 tersedia dalam warna apa saja?

OPPO Reno 6 hadir dalam dua pilihan warna yang menarik. Terdapat varian warna Aurora yang terinspirasi dari cahaya di kutub utara, serta varian warna Stellar Black yang mempesona.

Spesifikasi OPPO Reno 6 pakai layar apa?

Spesifikasi OPPO Reno 6 mengadopsi layar panel AMOLED berukuran 6.4 inci dengan resolusi 1080 x 2400 piksel (Full HD+). Layar HP OPPO ini memiliki kerapatan piksel hingga 410 ppi dan kecerahan mencapai 430 nits. Dengan spesifikasi tersebut, layar AMOLED yang digunakan menampilkan gambar yang tajam dan warna yang hidup.

Selain itu, layar ini juga mendukung refresh rate 90 Hz, yang merupakan peningkatan dari ponsel dengan refresh rate standar 60 Hz. Tingkat penyegaran yang lebih tinggi memberikan pengalaman yang lebih mulus saat melakukan scrolling atau bermain game.

Keunggulan lainnya adalah touch sampling rate 180 Hz pada smartphone ini, meningkatkan responsivitas layar saat disentuh.

Untuk meningkatkan kenyamanan pengguna, panel AMOLED dengan resolusi 1080 x 2400 piksel ini juga telah dilengkapi dengan sertifikasi SGS Eye Display, membantu melindungi mata dari paparan cahaya biru.

Apakah layar OPPO Reno6 ada anti gores?

Sayangnya, OPPO tidak dengan jelas menyebutkan apakah Reno 6 sudah dilengkapi dengan perlindungan Corning Gorilla Glass atau tidak. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan pelindung layar tambahan guna menjaga keamanan layarnya.

Berapa RAM HP OPPO Reno6?

OPPO Reno 6 4G ini dilengkapi dengan RAM sebesar 8 GB. Kapasitas RAM yang besar ini sebenarnya sudah cukup signifikan. Namun, OPPO tetap menyediakan fitur ekspansi RAM hingga 5 GB.

Dengan menggunakan fitur ekspansi tersebut, pengguna dapat memperoleh total RAM hingga 13 GB. Semakin tinggi kapasitas RAM pada ponsel, semakin lancar pula kinerja perangkat saat memproses data dan menjalankan aplikasi.

Sementara untuk penyimpanan, smartphone ini memiliki memori internal sebesar 128 GB. Kapasitas tersebut sudah cukup memadai untuk penggunaan sehari-hari. Meskipun demikian, ada opsi untuk menggunakan kartu microSD sehingga pengguna dapat memperluas kapasitas penyimpanan hingga 128 GB jika dirasa masih kurang.

Keberadaan slot microSD dalam seri ini menjadi salah satu keunggulan yang layak dipertimbangkan. Hal ini karena fitur tersebut tidak tersedia pada versi yang lebih tinggi, yaitu OPPO Reno 6 5G.

Apa sistem operasi OPPO Reno 6?

Saat diluncurkan, Reno6 menjalankan sistem operasi Android 11 dengan antarmuka ColorOS 11.1. Dengan OS Android 11, pengguna dapat menikmati sejumlah fitur fungsional. Beberapa di antaranya mencakup Air Gesture, Adaptive Sleep, hingga Anti-Peeping for Notification.

Fitur Air Gesture memungkinkan pengguna memanfaatkan sensor pada ponsel untuk mengangkat telepon atau mengganti konten tanpa harus langsung menyentuh layar. Cukup dengan gerakan tangan dari atas ke bawah atau sebaliknya untuk menggunakan fitur ini.

Adaptive Sleep, di sisi lain, mencegah layar smartphone meredup atau beralih ke mode Sleep ketika perangkat masih mendeteksi keberadaan pengguna atau ketika pengguna melihat ponsel tanpa menyentuhnya.

Anti-Peeping for Notification merupakan fitur privasi yang mencegah orang lain mengintip notifikasi di ponsel. Dengan mengaktifkan fitur Face Unlock, notifikasi ponsel tidak dapat dilihat oleh orang lain selain pemilik wajah yang telah didaftarkan.

Meskipun dirilis pada tahun 2021, OPPO berkomitmen untuk memberikan pembaruan sistem operasi hingga empat tahun sejak peluncuran ponsel ini.

Chipset apa yang digunakan OPPO Reno 6?

HP OPPO Reno 6 4G ditenagai oleh chipset Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm), dipasangkan dengan CPU octa-core dan GPU Adreno 618. Penggunaan chipset Snapdragon 720G ini sebenarnya serupa dengan pendahulunya, yakni OPPO Reno 4 dan Reno 5.

Meskipun tidak ada peningkatan dari sisi chipset, hal tersebut dapat dimaklumi oleh sebagian orang. Terutama mengingat harga OPPO Reno 6 saat perilisan masih sejalan dengan generasi sebelumnya.

Meskipun Snapdragon 720G bukanlah chipset baru di kelasnya, performa yang dihasilkannya masih memuaskan, terutama untuk penggunaan kasual sehari-hari. Aktivitas seperti membuka media sosial, mengirim pesan, streaming video, atau mengambil foto sudah berjalan dengan baik.

Kombinasi dari chipset Snapdragon 720G, CPU Octa Core, GPU Adreno 618, dan RAM 8 GB yang besar membuat kinerja ponsel ini dapat diandalkan untuk multitasking. Bukaan aplikasi dan perpindahan antar aplikasi berjalan lancar tanpa adanya lag.

Menurut Kimovil, smartphone ini mencapai skor 301,000 poin dalam pengujian AnTuTu 9. Selain itu, menurut Kompas.com, OPPO Reno 6 berhasil meraih skor single core sebesar 559 dan multi core sebesar 1639 poin dalam pengujian Geekbench 5.

Apakah OPPO Reno 6 cocok buat ngegame?

Smartphone ini dapat diandalkan untuk bermain game kasual. Performa yang dihasilkan oleh dapur pacu yang menggunakan chipset Snapdragon 720G, CPU Octa Core, GPU Adreno 618, dan RAM 8 GB mampu memberikan pengalaman bermain game yang mulus untuk berbagai jenis game.

Contohnya, dalam game Call of Duty Mobile, kamu dapat mengatur grafis ke level Very High dan game tetap berjalan dengan lancar. Hal serupa juga terjadi ketika bermain game FIFA Mobile dan PES 2021, di mana kamu dapat langsung menyetel pengaturan ke level tertinggi tanpa mengalami lag.

Tentunya, game Mobile Legends: Bang Bang yang populer juga dapat dimainkan dengan pengaturan grafis Ultra tanpa masalah. Meskipun demikian, perlu dicatat bahwa performa sedikit kurang optimal jika digunakan untuk bermain Genshin Impact dengan pengaturan tertinggi.

OPPO telah menambahkan fitur tambahan pada smartphone ini untuk mendukung kebutuhan bermain game. Sebagai contoh, terdapat fitur Game Focus Mode dan Game Space Reno6.

Dengan fitur ini, kamu dapat meminimalkan notifikasi yang muncul saat Game Space diaktifkan, sehingga selama bermain game, suhu ponsel tetap stabil.

Berapa resolusi kamera OPPO Reno6?

Smartphone OPPO Reno 6 ini dilengkapi dengan kamera utama 64 MP (f/1.7). Spesifikasinya juga diperkuat dengan konfigurasi kamera ultra-wide beresolusi 8 MP (f/2.2), serta kamera makro dan mono, masing-masing memiliki resolusi 2 MP. Untuk kamera selfie, HP OPPO Reno 6 ini menggunakan kamera depan beresolusi 44 MP.

Menariknya, konfigurasi kamera belakang pada OPPO Reno 6 4G ternyata lebih lengkap dibanding versi 5G. Pada versi 5G, hanya terdapat tiga lensa, yaitu kamera utama, kamera ultrawide, dan lensa makro.

Selain itu, perbedaan lainnya terletak pada resolusi kamera depannya. Jika OPPO Reno 6 4G memiliki resolusi 44 MP, versi OPPO Reno 6 5G malah menggunakan resolusi 32 MP. Hal ini menunjukkan bahwa versi 4G dari Reno 6 memiliki keunggulan dibanding versi Reno 6 5G.

Apakah hasil kamera OPPO Reno 6 bagus?

Dengan konfigurasi quad camera yang dimilikinya, smartphone OPPO Reno 6 mampu menghasilkan foto dan video dengan kualitas yang baik. Baik saat memotret di dalam ruangan maupun di luar ruangan, kamera ponsel ini mampu menghasilkan foto yang terang dengan tingkat noise yang minim.

Kamera utama pada ponsel ini juga dapat merekam video dengan resolusi 4K@30fps, memberikan hasil rekaman yang detail, halus, dan berkualitas tinggi.

OPPO membekali kamera utama ponsel ini dengan beberapa fitur menarik, seperti Bokeh Flare Portrait. Dengan menggunakan fitur bokeh ini, pengguna dapat menghasilkan efek lampu yang artistik pada bagian latar belakang subjek foto. Efek ini akan lebih terlihat jelas saat pengambilan foto dilakukan dalam kondisi pencahayaan yang minim atau saat mulai gelap.

Fitur Bokeh Flare Portrait juga dapat digunakan saat merekam video. Dengan mode Flare Portrait Video, kamera akan menampilkan efek bokeh dinamis yang kaya warna, tetapi tetap menjaga subjek pada video tetap terang dan jelas.

Selain itu, kamera depan pada HP ini juga memiliki kualitas yang baik. Kamera selfie 44 MP-nya mampu menghasilkan foto yang jelas dengan saturasi warna yang seimbang. Fitur Beautification juga disematkan pada kamera depan ini untuk mengoptimalkan hasil foto.

Kamera depan ini juga dapat merekam video dengan resolusi 1080p@30/120fps. Kualitas video pada kamera depan ponsel ini sudah cukup baik, terutama dengan adanya fitur Bokeh Flare Portrait-nya.

Penting untuk diketahui, fitur Bokeh Flare Portrait ini dapat bekerja pada mode foto maupun video, sehingga kamera dapat merekam subjek dengan efek bokeh yang halus, mirip dengan hasil dari kamera mirrorless.

Apakah kamera OPPO Reno 6 ada mode malam?

Iya, OPPO Reno 6 sudah dibekali dengan mode malam atau Night Mode pada fitur kameranya. Dengan fitur ini, kontras gambar dan hasil foto terlihat lebih tajam, serta noise yang minim, bahkan saat pengambilan gambar dilakukan di malam hari atau dalam kondisi minim cahaya.

Berapa mAh kapasitas baterai OPPO Reno 6?

OPPO Reno 6 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4310 mAh. Meskipun tidak tergolong sebagai baterai besar, kapasitas ini sudah cukup memadai untuk mendukung penggunaan sehari-hari secara kasual. Terlebih lagi, OPPO telah menyematkan fitur Super Power Saving Mode dan Super Nighttime Standby pada ponsel ini, yang dapat membantu dalam menghemat daya baterai.

Berkaitan dengan daya tahan, berdasarkan pengujian jagatreview, OPPO Reno 6 mampu bertahan sekitar 21 jam saat digunakan untuk pemutaran video. Daya tahan tersebut dapat dianggap baik untuk smartphone di kelas harganya pada masa tersebut.

Apakah OPPO Reno 6 sudah mendukung fast charging?

Iya, OPPO Reno 6 sudah dilengkapi dengan teknologi pengisian daya cepat 50W dan VOOC Flash Charge 4.0. Dengan kombinasi teknologi tersebut, proses pengisian daya HP OPPO Reno 6 menjadi lebih cepat.

Apakah OPPO Reno6 bisa wireless charging?

Belum ada dukungan wireless charging untuk OPPO Reno 6. Jadi, pengguna hanya dapat mengisi daya menggunakan kabel USB tipe C.

Berapa lama durasi cas HP OPPO Reno 6?

Dengan bantuan teknologi fast charging 50W, proses pengisian daya baterai OPPO Reno 6 dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari satu jam, dari nol hingga penuh. Cukup cepat, bukan?

Apakah OPPO Reno 6 punya sensor sidik jari?

OPPO Reno6 4G telah dilengkapi dengan sensor sidik jari yang terletak di dalam layar. Dengan fitur ini, pengguna dapat membuka kunci layar dengan lebih cepat hanya dengan menempelkan jari pada layar.

Apakah OPPO Reno 6 tahan air?

OPPO Reno 6 belum memiliki sertifikasi IP rating. Hal ini berarti ponsel ini belum dirancang untuk tahan air dan debu.

Apakah OPPO Reno 6 ada fitur NFC?

Iya, OPPO Reno 6 telah dibekali dengan teknologi NFC, memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi pembayaran secara cashless atau mentransfer data dengan mudah.

Apakah OPPO Reno 6 mendukung jaringan 5G?

Walaupun OPPO Reno 6 memiliki harga di kelas menengah, sayangnya ponsel ini masih terbatas pada konektivitas jaringan 4G. Jika Anda mencari smartphone dengan dukungan konektivitas 5G, Anda dapat mempertimbangkan OPPO Reno 6 versi 5G sebagai pilihan.

Apakah OPPO Reno6 ada stereo speaker?

Belum. Sayangnya, OPPO Reno 6 masih menggunakan speaker mono dan belum dilengkapi dengan stereo speaker. Hal ini membuat kualitas audio ponsel ini masih dianggap kurang.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.