Yuk, Cari Tahu 7 Kelebihan dan Kekurangan Nokia 5.4

Wah, Nokia 5.4 hadir di pasar Indonesia dengan peningkatan spesifikasi yang bikin para penggemar Android ketar-ketir! Meskipun diluncurkan dengan harga sekitar 3 jutaan, sekarang ponsel keren ini bisa kalian bawa pulang dengan budget 2 jutaan aja, lho!

Nokia 5.4
Spesifikasi Nokia 5.4
  • Rilis : Desember 2020
  • Layar : 6.39 inci IPS LCD ~269ppi
  • Chipset : Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 (11nm)
  • GPU : Adreno 610
  • RAM : 6 GB
  • Memori Internal : 64 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 48 MP (wide), 5 MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan : 16 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 4000 mAh

Selengkapnya : Spesifikasi Nokia 5.4 dan Harganya

Jadi, kira-kira apakah Nokia 5.4 bakal jadi daily driver baru kalian di tahun baru ini? Nah, yuk, kita simak dulu kelebihan dan kekurangan dari Nokia 5.4 ini sebelum memutuskan!

Baca juga : Wajib Tahu, Ini 7 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 12i

Kelebihan Nokia 5.4

Kendati secara sekilas tampak mirip dengan Nokia 5.3, namun perangkat ini mengusung komponen spesifikasi yang agak berbeda. Kalian akan menikmati beberapa kelebihannya berikut jika memilih Nokia 5.4 sebagai ponsel harian.

1. Desain Kompak dan Ringan

Bagi kalian yang suka ponsel kompak dan ringan, Nokia 5.4 ini pilihan tepat! Dengan ketebalan 8.7 mm dan berat hanya 180 gram, nyaman banget digenggam dengan satu tangan aja.

Uniknya lagi, Nokia memberikan sentuhan desain yang beda dari biasanya pada Nokia 5.4. Ponsel ini punya tekstur material yang unik dengan pola line dan tersedia dalam varian warna Polar Night dan Dusk. Pilih yang mana, nih?

2. Kamera Sinema 48 MP

Keunggulan Nokia 5.4 berikutnya ada pada kameranya! Ponsel ini punya kamera utama 48 MP (aperture f/1.8) dengan dukungan PDAF. Dibantu tiga kamera lainnya, yaitu ultrawide 5 MP, kamera makro 2 MP, dan depth sensor 2 MP. Buat swafoto, jangan khawatir, ada kamera depan 16 MP yang siap mempercantik hasil foto kalian!

Fitur menarik lainnya adalah Mode Cinema yang baru! Dengan fitur ini, kalian bisa merekam video dalam format lebar sinematik 21:9 dengan opsi editing yang lengkap, seperti ISO, H-log, dan lainnya. Asyiknya lagi, kualitas rekamannya bisa mencapai resolusi 4K pada kecepatan 30 fps. Mantap, kan?

3. Performa Tangguh

Nokia 5.4 menawarkan performa yang nggak bisa diremehkan! Didukung oleh chipset Qualcomm Snapdragon 662 dengan CPU 8 inti berkecepatan hingga 2.0 GHz dan GPU Adreno 610, ponsel ini mampu menghadapi tugas harian dan multitasking dengan lancar.

Performa mumpuni ini dipadukan dengan ruang penyimpanan lega, yaitu RAM hingga 6 GB dan memori internal 64 GB. Lebih dari itu, Nokia 5.4 juga punya slot microSD yang bisa menampung eksternal hingga 512 GB! Cukup lengkap, kan?

4. Dukungan NFC

Gak nyangka, ya? Nokia 5.4 sudah dibekali fitur NFC yang sedang dicari-cari oleh para pengguna smartphone! Dengan NFC, transfer data dan transaksi digital jadi lebih efisien dan mudah!

5. Tampilan Ringan dengan Android One

Nokia 5.4 menjalankan Android 10 dengan user interface Android One. Hasilnya? Antarmuka ringan dan minim bloatware, jadi pengalaman menggunakan ponsel ini tetap nyaman sepanjang hari.

Selain itu, Nokia menjanjikan pembaruan sistem operasi hingga 2 tahun ke depan dan pembaruan keamanan hingga 3 tahun! Nggak perlu khawatir soal itu, deh!

Baca juga : Mantul, Inilah 7 Kelebihan dan Kekurangan Nokia G10

Kekurangan Nokia 5.4

Namun, nggak ada ponsel yang sempurna. Berikut beberapa kekurangan Nokia 5.4 yang patut dipertimbangkan.

1. Baterai di Bawah Standar

Meskipun resolusi layarnya nggak tinggi, baterai 4.000 mAh di Nokia 5.4 tergolong di bawah rata-rata para pesaingnya yang sudah menawarkan kapasitas baterai di atas 4.500 mAh. Jika kalian sering menggunakan ponsel sepanjang hari dengan mobilitas tinggi, mungkin daya tahan baterainya kurang memadai.

Selain itu, Nokia 5.4 hanya disertai charger 10 Watt saja, jadi nggak bisa merasakan keasyikan teknologi fast charging masa kini.

2. Kecepatan Refresh Hanya 60 Hz

Bodi ringkasnya belum diiringi oleh kecepatan refresh layar yang tinggi, sehingga Nokia 5.4 nggak punya keunggulan di antara ponsel lain yang menawarkan refresh rate lebih dari 60 Hz. Mungkin bagi kalian yang suka main game berat, kinerja display-nya akan terasa kurang memuaskan.

Jadi, itulah kelebihan dan kekurangan Nokia 5.4 yang perlu diingat dan dipertimbangkan sebelum memilih smartphone baru. Semoga bantuan ini membantu kalian menemukan pilihan yang pas! Selamat hunting ponsel baru dan semoga tahun baru ini makin seru dengan gadget keren dari Nokia 5.4!

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.