Wajib Tahu, Ini 7 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 12i

Infinix Hot 12i menjadi salah satu anggota paling terjangkau dalam seri Hot 12 tahun ini. Target pasar ponsel ini adalah pengguna Android yang membutuhkan komponen standar untuk tugas harian ringan. Meskipun spesifikasinya tidak "wow," Infinix Hot 12i tetap bisa menjadi pilihan yang layak dengan harga sekitar satu jutaan rupiah di Indonesia.

Infinix Hot 12i
Spesifikasi Infinix Hot 12i
  • Rilis : April 2022
  • Layar : 6.82 inci IPS LCD
  • Chipset : MediaTek MT6761 Helio A22 (12nm)
  • GPU : PowerVR GE8320
  • RAM : 4GB
  • Memori Internal : 64 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 13 MP (wide), QVGA, QVGA
  • Kamera Depan : 8 MP
  • Baterai : Li-Ion 5000 mAh

Selengkapnya : Spesifikasi Infinix Hot 12i dan Harganya

Mari kita bahas mengenai kelebihan dan kekurangan Infinix Hot 12i terlebih dahulu, sehingga Anda dapat memutuskan apakah ponsel ini cocok sebagai daily driver.

Baca juga : Wajib Tahu, Ini Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 12 Play

Kelebihan Infinix Hot 12i

Meskipun dengan harga yang terjangkau, Infinix Hot 12i tetap menawarkan empat kelebihan menggiurkan berikut ini.

1. Layar yang Luas

Tidak diragukan lagi, smartphone saat ini bersaing untuk menghadirkan layar yang lebih besar. Dan salah satu brand yang berani merilis ponsel dengan layar lebar dan harga terjangkau adalah Infinix. Seri Hot dan Note dari Infinix seringkali menampilkan smartphone dengan layar hampir 7 inci.

Infinix Hot 12i sendiri memiliki layar berukuran 6,6 inci yang disebut sebagai Super Bright Display. Meskipun hanya memiliki resolusi HD+, kualitas visualisasi tidak perlu dikhawatirkan karena Infinix Hot 12i memiliki tingkat kecerahan yang baik dengan 480 nit. Ketika digunakan di dalam ruangan, visibilitas Infinix Hot 12i akan tetap terjamin.

2. Penyimpanan yang Luas

Kelebihan berikutnya yang ditawarkan oleh Infinix Hot 12i adalah kapasitas penyimpanan yang besar. Infinix menyediakan ruang penyimpanan yang lega dengan RAM 4 GB dan didukung oleh fitur Extended RAM hingga 3 GB. Dengan demikian, total kapasitas RAM yang dimiliki adalah 7 GB untuk performa yang lebih mulus.

Dukungan RAM virtual ini memanfaatkan sebagian kapasitas dari memori internal yang berukuran 64 GB. Jika membutuhkan ruang penyimpanan tambahan, Infinix Hot 12i juga dilengkapi dengan slot microSD yang dapat menampung hingga 512 GB. Sungguh menggiurkan, bukan?

3. Baterai yang Besar, 5.000 mAh

Semua kinerja ponsel ini didukung oleh baterai berkapasitas besar, yaitu 5.000 mAh. Baterai ini mampu mendukung aktivitas sepanjang hari dengan klaim masa pakai hingga 13 jam untuk bermain game, 34 jam untuk menelepon, dan bahkan dapat bertahan hingga 50 jam untuk mendengarkan musik. Cocok untuk diandalkan dalam perjalanan jauh!

4. Sensor Sidik Jari

Jangan meremehkan ponsel entry-level ini karena Infinix Hot 12i sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari di bagian belakang. Posisinya yang mudah dijangkau oleh jari akan memudahkan Anda dalam membuka ponsel. Sistem pembukaan biometriknya memiliki respons yang cepat, sehingga sangat cocok digunakan sebagai pengaman ponsel.

Dengan kelebihan-kelebihan ini, Infinix Hot 12i menjadi pilihan menarik dalam kategori ponsel yang terjangkau.

Baca juga : Yuk, Intip 8 Kelebihan dan Kekurangan Oppo A54

Kekurangan Infinix Hot 12i

Setiap smartphone memiliki kelebihan dan kekurangan. Setelah mengulas kelebihan menarik dari Infinix Hot 12i, penting bagi kita untuk mengetahui beberapa kekurangannya berikut ini.

1. Masih Menggunakan Port microUSB

Sangat disayangkan bahwa Infinix Hot 12i masih menggunakan port microUSB 2.0, sedangkan pesaing-pesaingnya telah beralih ke USB Type-C. Hal ini dapat memperlambat proses transfer data dan pengisian daya, mengingat daya output microUSB hanya mencapai 5V dan 1.5A, sedangkan USB Type-C mencapai 20V dan 5A. Selain itu, Infinix Hot 12i juga tidak mendukung fitur OTG, yang menjadi kekurangan dibandingkan dengan ponsel entry-level lainnya.

2. Chipset yang Tertinggal

Infinix Hot 12i menggunakan chipset Helio A22 dari MediaTek yang tergolong chipset lama, sehingga performanya kurang optimal. Chipset ini memiliki performa sebanding dengan Snapdragon 400 Series, yang cocok untuk tugas harian ringan saja.

Helio A22 dirilis pada tahun 2018 dengan proses fabrikasi 12nm dan CPU Quad-core, bukan Octa-core. Oleh karena itu, tidak bisa diharapkan performa yang tinggi, mengingat kecepatan clock-nya hanya 2 GHz.

3. Kualitas Sensor Kamera yang Kurang Memuaskan

Dengan harga sekitar 1 jutaan, Infinix Hot 12i tidak memenuhi ekspektasi pengguna dalam hal sensor kamera. Pada bagian depan, ponsel ini dilengkapi kamera selfie 8MP, sedangkan di bagian belakang terdapat setup triple kamera yang kurang diminati, dengan sensor utama 13MP dan dua lensa pelengkap QVGA.

Pada harga yang sama, diharapkan konfigurasi tiga kamera belakang yang lebih baik. Jika Anda mencari smartphone untuk kegiatan fotografi, maka Infinix Hot 12i bukanlah pilihan yang tepat.

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, Infinix Hot 12i menawarkan kelebihan yang patut dipertimbangkan, terutama bagi mereka yang membutuhkan smartphone untuk tugas harian. Kombinasi kapasitas baterai yang besar dan RAM yang lega pada Infinix Hot 12i merupakan pilihan yang tepat.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.