Yuk, Simak 3 Cara Screenshot Realme 8i Panjang & Tiga Jari

Cara Screenshot Realme 8i

Sama seperti 'saudaranya', mengambil tangkapan layar di Realme 8i juga sangat mudah. Kombinasi tombol Daya dan Volume Bawah memang salah satu cara paling efektif untuk membuat tangkapan layar di ponsel Android.

Namun, terkadang tampaknya kurang efisien jika produsen smartphone sekelas Realme menyediakan beragam fitur tangkapan layar di setiap perangkat terbarunya, tetapi tidak semua pengguna memanfaatkannya.

Jika Anda adalah pengguna baru dari HP Realme 8i, berikut adalah beberapa cara untuk membuat tangkapan layar tanpa perlu menggunakan tombol fisik di Realme 8i.

Baca juga : Cara Screenshot Realme C21Y Mudah dan Simpel

Cara Screenshot di HP Realme 8i

Bilah Notifikasi

Anda bisa mencoba cara pertama dengan memanfaatkan fitur Screenshot yang terdapat dalam bar notifikasi ponsel.

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Arahkan layar ke aplikasi atau halaman yang ingin Anda tangkap, lalu geser layar dari atas ke bawah seperti saat Anda memeriksa notifikasi di WhatsApp.
  2. Temukan dan tap opsi Screenshot atau Cuplikan Layar.
  3. Setelah itu, Anda dapat mengecek hasil tangkapan layar tersebut di Galeri ponsel.

Smart Sidebar

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan fitur Smart Sidebar. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut di ponsel Realme 8i Anda.

Pertama-tama, buka menu Pengaturan di perangkat Realme 8i Anda, lalu cari opsi Alat Praktis dan Bilah Samping Cerdas.

Jika Anda kesulitan menemukannya, Anda dapat dengan mudah mengetik kata kunci "Bilah Samping Cerdas" di kolom pencarian yang ada di menu Pengaturan. Kemudian aktifkan fitur tersebut.

Setelah fitur Bilah Samping Cerdas diaktifkan, Anda akan melihat garis vertikal kecil muncul di sebelah kanan layar ponsel Realme 8i Anda. Tarik garis tersebut ke sebelah kiri, dan pilih opsi Screenshot.

Selain opsi Screenshot, Anda juga akan menemukan berbagai menu lainnya di Smart Sidebar, seperti Perekaman Layar, Tema, dan masih banyak lagi. Bahkan, Anda dapat menyesuaikan sendiri menu-menu apa yang ingin ditampilkan di dalam Smart Sidebar sesuai kebutuhan Anda.

Baca juga : Cara Copy Teks Dari Gambar Tanpa Aplikasi

3 Jari

Cara terakhir adalah menggunakan fitur Screenshot 3 Jari. Namun, seperti pada cara kedua, Anda perlu mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka menu Pengaturan di ponsel Realme 8i Anda.
  2. Pilih opsi Alat Serba Guna.
  3. Lanjutkan ke opsi Gesture & Gerakan.
  4. Aktifkan opsi Screenshot 3 Jari.

Setelah mengaktifkannya, Anda dapat mencoba mengambil tangkapan layar dengan cara meletakkan tiga jari Anda di layar dan menariknya ke bawah dengan cepat dan bersamaan.

Demikianlah beberapa cara untuk membuat tangkapan layar di Realme 8i tanpa harus menggunakan tombol fisik. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.