Cara Screenshot Realme C21Y Mudah dan Simpel

Cara Screenshot Realme C21Y

Screenshot adalah proses pengambilan gambar dari semua yang ditampilkan di layar perangkat. Bagi mereka yang belum mengetahuinya, berikut adalah cara mengambil tangkapan layar di Realme C21Y.

Realme C21Y dapat dianggap sebagai salah satu ponsel menarik yang tersedia di pasaran saat ini. Ponsel ini dilengkapi dengan chipset Snapdragon 855+ yang hemat daya, memiliki penyimpanan sebesar 256 GB, dan dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar 4200 mAh. Selain itu, ponsel ini memiliki desain yang menarik, sehingga tidak membosankan untuk dilihat dan sangat cocok untuk anak muda.

Selain spesifikasi tersebut, fitur tangkapan layar juga sangat penting karena memungkinkan pengguna untuk menyimpan aktivitas layar ponsel dalam bentuk gambar. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengambil tangkapan layar di Realme C21Y.

Cara Screenshot di HP Realme C21Y

Saat ini, nama Realme semakin populer di Indonesia berkat ponsel-ponsel buatannya yang memiliki harga terjangkau namun dengan spesifikasi hardware yang cukup baik di kelas entry-level.

Mengambil tangkapan layar di ponsel Realme juga dapat dilakukan dengan berbagai cara yang mudah. Bagi yang penasaran tentang cara mengambil tangkapan layar di Realme C21Y, berikut tutorialnya.

Dengan Kombinasi Tombol Fisik

Menggunakan tombol memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar di Realme C21Y atau perangkat Android lainnya. Berikut cara mengambil tangkapan layar menggunakan tombol fisik.

  • Pilih area yang ingin Anda tangkap.
  • Selanjutnya, tekan tombol Daya dan Volume Bawah secara bersamaan.
  • Jika layar berkedip dan Anda mendengar suara kamera, itu berarti Anda telah berhasil mengambil tangkapan layar.
  • Hasil tangkapan layar dapat Anda temukan di galeri foto.

Sebenarnya, hampir semua smartphone Android memungkinkan pengguna untuk menggunakan tombol fisik untuk mengambil tangkapan layar. Cara ini dianggap mudah karena Anda tidak perlu mengaktifkan apa pun di menu Pengaturan terlebih dahulu.

Menggunakan Tiga Jari

Screenshot tiga jari adalah salah satu fitur yang disediakan oleh Realme UI yang memungkinkan pengguna untuk membuat tangkapan layar dengan cepat tanpa perlu menggunakan tombol fisik.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Masuk ke menu Pengaturan >> Alat Serba Guna.
  • Pilih opsi Screenshot dan aktifkan fitur Gesek Turun 3 Jari.
  • Buka area layar yang ingin Anda tangkap.
  • Usap layar Realme C21Y menggunakan 3 jari dari atas ke bawah.
  • Layar ponsel akan berkedip dan mengeluarkan suara seperti saat mengambil foto.
  • Gambar tangkapan layar dapat ditemukan di aplikasi Foto.

Melalui Fitur Smart Sidebar

Realme C21Y dilengkapi dengan Smart Sidebar atau Bilah Samping Cerdas dalam bentuk tombol bulat yang muncul di sudut kanan bawah layar. Ketika tombol ini ditekan, itu akan menampilkan pintasan untuk merekam layar dan mengambil tangkapan layar.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka menu Pengaturan.
  • Ketuk menu Alat Serba Guna.
  • Pilih opsi Bilah Samping Cerdas.
  • Aktifkan fitur Bilah Samping Cerdas dengan menekan tombol yang sesuai.
  • Fitur Smart Sidebar akan muncul di layar, dan Anda dapat memindahkannya sesuai keinginan.
  • Selanjutnya, pilih area atau halaman yang ingin Anda tangkap.
  • Untuk membuat tangkapan layar, buka Smart Sidebar dan pilih opsi Screenshot.

Smart Sidebar yang mengapung di layar Realme C21Y memudahkan Anda dalam menentukan area yang ingin Anda tangkap, bahkan saat berpindah antara aplikasi atau halaman yang berbeda. Namun, perlu diingat bahwa Anda perlu melakukan pengaturan terlebih dahulu di menu Pengaturan atau aplikasi sebelum fitur ini dapat digunakan.

Screenshot Panjang Realme C21Y

Fitur tangkapan layar seperti yang dijelaskan di atas hanya dapat mengambil konten yang terlihat di layar pada saat itu. Untuk mengambil tangkapan layar panjang di Realme C21Y, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Mulailah dengan mengambil tangkapan layar menggunakan fitur 3 jari atau kombinasi tombol.
  • Pilih opsi Screenshot Panjang (Long Screenshot).
  • Kemudian gulirkan layar ke atas atau ke bawah untuk mengambil gambar sesuai keinginan Anda.
  • Ketuk tombol Selesai atau Done untuk menyimpan tangkapan layar panjang.

Dengan fitur ini, pengguna akan lebih mudah mengambil tangkapan layar pada halaman situs web, aplikasi WhatsApp, atau Telegram, karena dapat menangkap seluruh konten layar hingga ke bagian paling bawah.

Akhir Kata

Mengambil tangkapan layar dengan tombol merupakan cara yang paling praktis karena Anda tidak perlu melakukan pengaturan tambahan terlebih dahulu. Namun, penting untuk diingat bahwa penggunaan berlebihan cara ini dapat membuat tombol Volume atau Power cepat rusak.

Bagi Anda yang mengetahui cara lain untuk mengambil tangkapan layar di Realme C21Y, silakan berikan informasi tersebut dalam kolom komentar di bawah artikel.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.